Penyebab dan Cara Mengatasi ATM Terblokir - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Penyebab dan Cara Mengatasi ATM Terblokir

Penyebab Kartu ATM Terblokir

Keberadaan ATM (Automatic Teller Machine) atau biasa disebut juga Anjungan Tunai Mandiri sangat mempermudah kita untuk melakukan ragam transaksi, terutama penarikan uang tunai, kapan pun dan di manapun.

Dengan menggunakan kartu ATM, kita bisa berbelanja di merchant-merchant tertentu tanpa harus membawa uang tunai yang memenuhi dompet.

Namun, ada masalah umum yang biasa ditemui bagi para pengguna kartu debit atau kartu ATM, yaitu kartu ATM yang terblokir. Sehingga kita tidak bisa melakukan transaksi di mesin ATM.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi kartu ATM yang terblokir, sebaiknya kita cari tahu terlebih dulu apa penyebabnya. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab Kartu ATM Terblokir

Masalah kartu ATM yang terblokir tentu akan sedikit menyulitkan nasabahnya. Pasalnya, nasabah tidak bisa melakukan transaksi apapun, termasuk untuk mengecek saldo tabungan.

Nah, kira-kira apa saja penyebabnya? Berikut beberapa poin penting yang perlu menjadi perhatian :

1. Salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut

Penyebab pertama, mengapa kartu ATM kita bisa terblokir adalah salah memasukkan PIN hingga sebanyak tiga kali berturut-turut. Hal ini berlaku untuk seluruh bank, mulai dari BRI, BNI, Mandiri, BCA dan bank lainnya, baik bank swasta maupun negeri.

Jika hal ini terjadi, secara otomatis ATM kita akan terblokir. Untuk mencegah agar tidak terjadi, sebaiknya catat juga PIN di buku catatan atau ponsel. Kita bisa mengeceknya jika sewaktu-waktu lupa nomor PIN.

2. Masa berlaku kartu ATM telah habis (expired)

Kartu ATM juga memiliki masa kadaluarsa yang biasanya 5 tahun. Selama masa aktif, kita bisa melakukan berbagai transaksi di mesin ATM. Untuk mengecek tanggal kadaluarsanya, bisa melihat di bagian depan kartu ATM.

Namun jika kartu ATM telah lewat masa kadaluarsa, maka kita tidak bisa melakukan transaksi. Sebelum masa berlakunya habis, harap perpanjang kartu ATM di customer service bank penerbit kartu.

3. Pengajuan pemblokiran kartu ATM

Penyebab kartu ATM terblokir lainnya adalah disebabkan karena si pemilik menginginkan untuk memblokir kartu ATM tersebut. Biasanya dengan alasan kartu ATM hilang, dicuri atau disalahgunakan.

Lantas pemilik kartu ATM meminta pihak bank untuk melakukan pemblokiran kartunya agar tidak bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

4. Menggunakan kartu ATM di lokasi yang berbeda

Cara Mengatasi Kartu ATM Terblokir

Hal ini bisa saja terjadi ketika kita menggunakan kartu ATM di negara tertentu dan di saat ingin melakukan transaksi di luar negeri, terkadang bank akan memblokir kartunya, karena dianggap sebagai aktivitas pencurian yang dicurigai oleh bank.

5. Faktor kesalahan teknis

Kartu ATM terblokir bisa saja terjadi ketika terdapat kesalahan teknis dari pihak bank. Kesalahan tersebut bisa menyebabkan kartu terblokir. Salah satunya ketika terjadi peningkatan sistem pembayaran yang lebih canggih (update). 

Bagaimana Cara Mengatasi Kartu ATM yang Terblokir?

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengurus kartu ATM yang terblokir adalah dengan mendatangi kantor cabang bank penerbit kartu tersebut. Atau kamu juga bisa menelepon ke call center terlebih dulu jika kondisi bank sudah tutup (malam hari atau saat weekend).

Sebelum datang ke bank, kamu siapkan terlebih dulu data-data yang biasanya dibutuhkan, seperti buku tabungan, kartu ATM, KTP dan informasi data diri lainnya untuk proses verifikasi. 

Pada kasus lupa nomor PIN, biasanya akan disarankan untuk mengganti PIN yang baru. Sementara kartu ATM yang telah expired, akan diberikan kartu ATM pengganti yang baru dan gratis.

Oh iya, kamu juga bisa baca artikel mengenai pengalaman mengganti kartu ATM baru untuk informasi lebih lengkap.

Mengenai nomor call center bank penerbit kartu berbeda-beda. Agar lebih jelasnya, kamu bisa mengeceknya beberapa di antaranya di bawah ini :

  • BCA dan BCA Syariah : 1500888
  • Mandiri : 14000
  • Mandiri Syariah : 14040
  • BNI dan BNI Syariah : 1500046
  • BRI : 14017 atau 1500917
  • BRI Syariah : 1500789
  • CIMB Niaga dan Niaga Syariah : 14041
  • Bank Muamalat : 1500016
  • BTPN : 1500300
  • Jenius : 1500365
  • BTN : 1500286
  • Bank Permata : 1500111
  • Bank Danamon : 1500090
  • Maybank : 69811
  • Bank Mega : 60010 dan 1500010
  • Bank Sinarmas : 1500153
  • Commonwealth : 1500030
  • Bank Bukopin : 14005
  • OCBC NISP : 1500999
  • Citi Bank : 69999
  • Panin Bank : 1500678 dan 60678
  • UOB Indonesia : 14008
  • Standar Chartered Bank : 68000

Demikian artikel tentang penyebab kartu ATM terblokir dan cara mengatasinya. Jadi, kamu jangan keburu panik ya saat kamu mengalami hal ini. Cari tahu dulu penyebabnya, lalu segera mengurusnya ke bank terkait.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

21 komentar

  1. Saya pernah mengalami kartu terblokir karena salah masukin pin 3 kali, Mas. Jadi bukannya saya lupa pinnya, tapi salah masukin kartu ATM. kartu ATM bank A, saya masukin ke ATM bank B, terus tetap masukin pin kartu ATM A hahaha.
    Hanya waktu itu, saya langsung menghubungi call center. Ditanya-tanya seputar data, termasuk nama ibu kandung. Akhirnya bisa digunakan keesokan harinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mas Bambang kebanyakan kartu ATM sih ya, hehehe

      Hapus
  2. Aku juga pernah keblokir gara2 lupa eh, jadinya salah memasukkan PIN heheh. Ya emang bener harus datang ke kantor bank jadinya. Tipsnya bermanfaat banget nih kaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dijadikan pelajaran untuk kedepannya nanti Kak. Mungkin bisa mencatat PIN di tempat yang aman

      Hapus
  3. Kalau terblokir memang gak asik ya, pas lagi butuh dan ternyata gak bisa.

    Namun daku pernah itu kartu ATM gak bisa digunakan cuma anehnya daku itu sering di ATM itu. Masa tetiba jadi kayak gitu. Apa karena ATMnya di mini market? Padahal kalau di banknya langsung nggak ada masalah.

    BalasHapus
  4. alhamdulillah kalau ATM belum pernah terblokir dan jangan sampe deh. Cuma dulu pernah ngambil uang tapi uangnya gak keluar eh pas ngecek di internet banking sudah kepotong. langsung deh nelpon call center resmi banknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada-ada aja ya masalah pada rekening. Semoga kejadian ini nggak terulang lagi ya

      Hapus
  5. Deg-degan banget sih pasti kalau ATM keblokir. Alhamdulillah nggak pernah ngalamin. Paling kalau pas disuruh ganti nomor PIN, pas ke ATM, suka lupa pakai PIN yang lama. Tapi cukup sekali aja sih salahnya, nggak sampai keblokir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih deg-degan mana pas kartu ATM keblokir atau pas ketemu polantas razia di jalan, 😅😅

      Hapus
  6. Aku pernah ngalamin ATM terblokir, karena salah memasukkan PIN, ehehe

    BalasHapus
  7. Wah lengkap banget panduan ini
    Jadi tahu bagaimana harus bersikap saat kartu ATM ke blokir

    BalasHapus
  8. Mengurus yg berbau hilang, ketelen kartunya saya tidak kaget sih, saya berulang kali spt itu dannn kudu siap.stok.sabar karena amtri bangey

    BalasHapus
  9. Beberapa kali kehilangan kartu ATM dan langsug lapor untuk diblokir juga mas. Coba aku bagikan ke grup keluarga deh, karena suka ada yg panik soal beginian

    BalasHapus
  10. Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, semoga ada solusi yang gercep dari pihak bank untuk segera membuka blokir kartu dengan aman. Bantuan yang paling mudah diingat adalah menghubungi call center bank terkait.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita pun harus gercep saat ada masalah dengan kartu ATM kita dong

      Hapus
  11. eh, atm ada masa berlakunya juga ya baru tau 😅

    tapi pernah kebetulan ke dua atm berbeda di waktu yang sama, terus dua-duanya gak bisa. udah deg-degan takut keblokir, dicek besoknya bisa. emang kadang gangguan bisa bikin resah nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, gangguan pada mesin ATM selalu bikin resah. Tapi yang paling resah itu pas mau tarik tunai, eh uangnya belum ada haha

      Hapus


EmoticonEmoticon