Gampang Banget! Begini Cara Ganti Kartu ATM BNI Chip - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Gampang Banget! Begini Cara Ganti Kartu ATM BNI Chip

Cara Mengganti Kartu ATM BNI Magnetic Stripe ke Kartu Chip

Agar saya bisa bertransaksi dengan menggunakan kartu ATM BNI milik saya, tanpa pikir panjang, saya segera mengganti kartu ATM BNI magnetic ke model kartu chip terbaru. Jika tidak segera diganti sebelum 30 November 2021, maka kartu ATM magnetic akan diblokir oleh pihak bank penerbit.

Hal ini sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia, bahwa National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) telah ditetapkan sebagai Standar Nasional Teknologi Chip kartu ATM dan/atau kartu debit yang akan digunakan oleh seluruh penyelenggara kartu ATM dan/atau kartu debit di Indonesia.

Teknologi NSICCS tidak hanya ditetapkan pada kartu saja, tetapi juga pada seluruh perangkat ATM, mesin EDC dan seluruh sistem yang digunakan untuk memproses transaksi kartu ATM dan/atau kartu debit.

Cara Mudah Mengganti Kartu ATM BNI Magnetic ke Kartu Chip

Nah, maka dari itu, bagi kamu yang belum mengganti atau ingin segera menggantinya, tapi belum tahu prosedurnya, berikut saya bagikan pengalaman mengganti kartu ATM BNI.

Untuk proses penggantian kartu magnetic stripe ke kartu chip, tidak dikenakan biaya sama sekali. Mungkin kamu hanya perlu membayar uang parkir saja. Itu pun kalau kamu naik motor atau mobil. 

Penggantian kartu ATM BNI chip bisa dilakukan di cabang BNI terdekat di manapun. Kamu hanya cukup membawa :

  • Identitas diri (e-KTP/SIM/Passport)
  • Kartu ATM lama (magnetic stripe)
  • Buku tabungan BNI

Datang ke bagian customer service. Selanjutnya pihak bank akan melakukan verifikasi data, mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor ponsel dan alamat email.

Persyaratan Penggantian Kartu ATM Chip

Proses penggantian kartu ATM BNI tidak terlalu lama. Kamu hanya perlu mengisi form yang telah disediakan oleh pihak bank. Setelah data yang diminta diisi dengan lengkap dan benar, selanjutnya kamu akan diberikan tanda terima (receipt) kartu ATM BNI chip yang baru.

Pihak bank akan langsung mengaktifkan kartu ATM di mesin EDC yang telah disediakan. Kartu ATM lama akan segera digunting oleh pihak bank. 

Setelah semua proses selesai, kamu bisa langsung mengecek kartu ATM chip yang baru di ATM BNI. Demi keamanan, kamu bisa langsung mengganti nomor PIN dengan yang baru.

Satu hal yang perlu diingat, pihak bank tidak akan pernah meminta nomor PIN dalam proses tersebut. 

Termasuk nomor CVV (Card Verification Value), yakni kode pengaman tambahan yang terdiri dari angka tiga digit yang terletak di bagian belakang kartu debit maupun kartu kredit.

Keunggulan Kartu Debit BNI Chip

Teknologi micro chip yang diaplikasikan ke dalam kartu debit maupun kartu kredit untuk meningkatkan keamanan nasabah dalam melakukan transaksi. Teknologi chip dinilai akan membantu meningkatkan keamanan transaksi lebih baik. 

Pastikan kamu telah melakukan aktivasi mobile banking lewat aplikasi BNI mobile banking untuk menikmati manfaat kartu ATM/debit BNI chip. Berikut keunggulan yang bisa kamu dapatkan :

1. Aman

Teknologi chip dan 6 digit PIN pada kartu debit maupun kartu kredit bermanfaat untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

2. Tanpa uang tunai

Kamu jadi lebih mudah belanja dengan menggunakan kartu ATM/debit BNI chip di berbagai lokasi yang menyediakan mesin EDC berlogo GPN untuk transaksi dalam negeri dan juga mesin EDC berlogo Mastercard untuk bertransaksi di luar negeri.

3. Praktis

Kamu bisa dengan mudah untuk mengganti PIN kartu ATM melalui ATM BNI maupun BNI mobile banking. Selain itu, kamu juga bisa bertransaksi menggunakan BNI mobile banking di manapun dengan fitur transaksi yang beragam dan lengkap.

4. Promo

Kamu juga bisa menikmati penawaran dan promo menarik saat bertransaksi di merchant yang bekerja sama dengan BNI sepanjang tahun.

5. Online

Nikmati kenyamanan transaksi pembayaran belanja online di banyak merchant online/e-commerce kapan pun dan di mana pun dengan lebih mudah dan aman berkat kartu debit BNI chip Mastercard® dengan teknologi 3D Secure. 

Demikian artikel tentang cara mengganti kartu ATM BNI chip yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa bermanfaat sekaligus memberikan solusi bagi yang ingin segera menggantinya.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon