5 Manfaat Punya Bisnis Sampingan Saat Jadi Karyawan - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

5 Manfaat Punya Bisnis Sampingan Saat Jadi Karyawan

Keuntungan Punya Bisnis Sampingan

Di tengah kondisi ekonomi yang sulit, harga kebutuhan selalu merangkak naik, tidak sedikit karyawan yang memutuskan untuk membuka bisnis sampingan agar bisa menambah penghasilan. Meskipun telah bekerja sebagai karyawan, mereka rela meluangkan waktu santainya untuk berbisnis, karena mereka menyadari bahwa kesuksesan tidak bisa diraih hanya dengan bersantai saja.

Menjalani usaha sampingan memang tidaklah mudah. Kamu membutuhkan komitmen yang kuat, kerja keras dan ketekunan. Selain itu, kamu juga harus pandai membaca peluang yang ada dan memanfaatkannya dengan baik, agar bisnis yang kamu jalani mendapatkan keuntungan yang tinggi, sehingga mampu mengumpulkan pundi-pundi rupiah yang banyak.

Kamu juga akan mendapatkan keuntungan dari bisnis sampingan yang kamu rintis. Nah kira-kira apa saja sih manfaat punya usaha sampingan? Kali ini Akubisnis.com ingin membagikan 5 manfaat tersebut, agar bisa memotivasi kamu untuk lebih semangat lagi dalam berbisnis guys. Simak ya ulasannya di bawah ini :

1. Menambah Penghasilan

Keuntungan Punya Bisnis Sampingan
Image : pixabay.com

Manfaat yang pertama adalah tentu saja bisa menambah penghasilan. Dengan adanya penghasilan di luar gaji kamu, maka kamu bisa menabung dari hasil usaha tersebut, sehingga uang kamu semakin terkumpul lebih banyak. Kamu bisa memanfaatkan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup kamu dan juga keluargamu. 

Penghasilan yang kamu dapatkan, bisa kamu gunakan lagi untuk mengembangkan jaringan bisnis yang lebih besar lagi bukan?

2. Menjaga Kondisi Finansial Tetap Stabil

Manfaat Punya Bisnis Sampingan
Image : pixabay.com

Selain mendapatkan penghasilan, keuntungan berikutnya adalah mampu menjaga kondisi ekonomi keluarga tetap stabil, karena kamu tidak akan pernah bisa memprediksi perkembangan ekonomi dalam jangka panjang. Maka dari itu, kamu perlu banget menjaga kondisi finansial agar tetap stabil. 

Seperti yang saat ini tengah kita hadapi bersama-sama, yakni pandemi corona telah menyebabkan perekomian menjadi kacau. Hanya masyarakat dengan kondisi finansial yang kuat saja yang mampu bertahan. Selebihnya, harus jatuh bangun sekuat tenaga agar bisa bertahan hidup saat pandemi.

3. Memiliki Prospek Masa Depan yang Lebih Baik

Keuntungan Punya Usaha Sampingan
Image : pixabay.com/free-photos

Ketika kamu punya bisnis sampingan, secara tidak langsung kamu menciptakan peluang prospek masa depan yang lebih baik. Dengan usaha sampingan yang kamu rintis, akan berdampak pada masa depan keberlangsungan hidup. Pada saat bisnis kamu telah sukses dan menghasilkan, kamu tidak perlu terlalu risau ketika suatu saat kamu ingin keluar dari pekerjaanmu atau lebih parahnya lagi kamu menjadi korban PHK.

Setelah kamu tidak bekerja lagi, setidaknya kamu telah memiliki sebuah bisnis dan bisa lebih fokus lagi untuk mengembangkan bisnis yang kamu jalani. Jika bisnis kamu telah berkembang dan stabil, bisa saja suatu saat kamu akan merekrut karyawan untuk usahamu bukan? Sekarang kamu malah yang menjadi bossnya. 😊

4. Melatih Keterampilan Berbisnis

Manfaat Punya Bisnis Sampingan
Image : pixabay.com/tumisu

Kamu tidak mungkin selamanya akan menjadi seorang karyawan bukan? Jika usiamu sudah memasuki pensiun, maka kamu tidak dapat melanjutkan bekerja lagi. Sebelum kamu berada di situasi ini, sebaiknya kamu mulai membuat rencana dan memikirkan untuk masa tua nanti, agar kamu punya penghasilan ketika kamu sudah tidak bekerja lagi.

Salah satu rencana jangka panjang yang bisa kamu susun sejak dini adalah membangun usaha sampingan saat kamu masih bekerja sebagai karyawan. Meski kamu belum punya pengalaman berbisnis, akan tetapi seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa dan semakin terampil menjalani bisnis. Ide bisnis ini sebaiknya dilakukan sejak awal, bukan setelah kamu pensiun.

5. Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia

Punya Usaha Sampingan Bisa Bikin Bahagia
Image : pixabay.com/fancycravel1

Punya usaha sampingan juga bisa bikin hidup kamu bahagia lho. Penghasilan tambahan yang kamu dapatkan bisa kamu gunakan untuk memenuhi banyak kebutuhan dalam hidupmu, mulai dari
berinvestasi, liburan bersama keluarga, beramal, membeli pakaian baru dan lain sebagainya.

Namun saat kamu punya bisnis sampingan, penghasilan yang didapatkan bisa membantu menutupi beban kebutuhan hidup kamu dan juga keluargamu. Keadaan ini tentu akan berpengaruh terhadap mood kamu sehari-hari bukan?

Nah gimana guys, ternyata manfaat punya bisnis sampingan saat menjadi karyawan itu sangat membantu menopang finansial keluarga ya? Kamu juga tidak terlalu pusing dengan besarnya pengeluaranmu setiap bulannya. Kira-kira, selain ke-5 manfaat di atas, apakah kamu punya manfaat yang lainnya lagi?

Previous
Next Post »

10 komentar

  1. Meski berstatus karyawan, punya bisnis sampingan itu sah-sah saja asal jangan sampai mengganggu tugas dan kewajiban yang utama

    Bisnis sampingan itu bikin semangat lho, apalagi kalau ternyata sesuai minat dan hobi kita. Malah jadi booster energi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sah banget kok Mba Arni, dan pastinya bisa bikin semangat untuk bekerja. Apalagi kalo sesuai dengan minat dan hobi, pasti jadi booster.

      Hapus
  2. Usaha sampingan ini memang sangat bermanfaat bagi karyawan, cuma memang harus pandai-pandai memilih mana usaha yang cocok dengan kesibukan dan parameter lainnya. Lalu ketika usaha sudah mulai membesar dan butuh perhatian lebih, baiknya mencari pekerja yang bisa mendelegasikan waktu lebih banyak mengurus usaha itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, harus smart juga membaca situasinya, jangan sampe pekerjaan utamanya malah terbengkalai mengurusi bisnis sampingan. Jadi bisa mempertimbangkan untuk memperkerjakan karyawan untuk bisnisnya.

      Hapus
  3. Saya sih yes kalo jadi karyawan kemudian punya bisnis sampingan juga. Ya siapa tahu kita udah gak jodoh lagi sama pekerjaan utama itu. Yang penting sih, jangan sampai sampingan itu mengganggu pekerjaan yang utama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik lagi kalau keduanya bisa berjalan berdampingan, jadi karyawan yang punya bisnis sampingan yang sukses juga. Hmmmm mantap nggak, mantap nggak, mantaplah, masa enggak.

      Hapus
  4. Manfaat yang ke-5 iya banget Mas Hendra... karena bisnis sampingan yang dilakukan berdasarkan hobi, biasanya gak ada batas usia pensiunnya seperti yang terjadi pada karyawan. Jadi bisa dikerjakan terus selama masih sehat. Tentunya bikin hidup lebih bahagia kann

    BalasHapus
  5. Setuju banget. Apalagi sekarang ini banyak hobby yang bisa dijadikan bisnis. Adikku bidan dan hobby merajut. Dia bisa buat berbagi jenis rajutan sprti tas, tempat hp, dan yang lagi laris manis saat pandemi ini adalah connector masker. Yang tadinya sekedar hobby malah bisa dijadikan bisnis. Aku sendiri punya usaha sampingan jual pulsa. Alhamdulillah laris manis selama bnyak kegiatan online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya, kalo ditekuni dan respon pasar cukup tinggi, bisnis bakalan lancar.

      Hapus


EmoticonEmoticon