BLANTERVIO103

Selain Kuliner dan Sembako, Ini 5 Ide Bisnis Paling Cocok di Kampung

Selain Kuliner dan Sembako, Ini 5 Ide Bisnis Paling Cocok di Kampung
2021-06-14

Ide Bisnis yang Paling Cocok di Kampung

Kamu tinggal di desa dan ingin punya usaha, tapi masih bingung memilih usaha apa yang cocok untuk pemula di desa? Jangan keburu risau dulu, karena Akubisnis.com ingin berbagi ide bisnis paling cocok di kampung. Jenis usahanya pun tidak terlalu sulit dan banyak diminati masyarakat pedesaan, mulai dari usaha rumahan, gerobak, warungan hingga bisnis online.

Merintis usaha di desa menjadi impian bagi sebagian besar orang. Selain biaya hidup yang relatif lebih terjangkau, alasan lainnya adalah semangat gotong royongnya yang masih tinggi.

Taraf hidup dan perekonomian di desa juga sudah semakin baik, sehingga mau buka usaha yang menguntungkan di desa pun punya prospek yang baik lho.

Nah kira-kira usaha apa sih yang cocok di kampung, selain usaha kuliner dan sembako? Simak yuk poin demi poin usaha yang menguntungkan di desa dengan modal yang relatif kecil, berikut ini :

1. Buka Jasa Pijat

Ide Bisnis yang Paling Cocok di Kampung
Ilustrasi jasa tukang pijat di desa. Image : pixabay.com/graceie

Jenis usaha yang pertama adalah membuka jasa pijat panggilan. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu hanya membutuhkan skill memijat yang enak dan jam terbang yang tinggi. Meski hanya sebagai tukang pijat di desa, kamu harus melakukannya secara profesional. Kamu juga perlu menguasai secara matang teknik pijat yang benar dan nyaman.

Jika kamu punya modal, kamu bisa membuka jasa pijat di ruko atau rumah dengan memasang spanduk. Alangkah lebih baik lagi jika kamu punya sertifikat pijat sebagai tambahan portfolio, sehingga bisa menambah kepercayaan dari para pelanggan.

2. Jasa Rias Pengantin

Ide Bisnis yang Paling Cocok di Kampung

Bisnis paling cocok di kampung berikutnya adalah membuka jasa rias pengantin. Jasa ini biasanya selalu banjir order, baik di kota maupun di desa. Jika kamu punya modal lebih, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuka jasa sewa tenda dan juga sound system. Paket pernikahan yang lengkap, biasanya banyak dicari oleh pelanggan, karena pelanggan tidak perlu repot mencari ke tempat lainnya.

3. Toko Pertanian

Ide Bisnis yang Paling Cocok di Kampung
Ilustrasi toko pertanian. Image : pixabay.com/WildOne

Mayoritas penduduk di desa berprofesi sebagai petani. Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menjual berbagai kebutuhan para petani di desa, mulai dari pupuk, obat untuk tanaman, bibit hingga berbagai alat pertanian, seperti cangkul, parit dan lain sebagainya.

Modal yang dibutuhkan tergantung dari seberapa besar toko pertanian yang ingin kamu rintis. Jika berskala besar, maka kamu juga membutuhkan modal yang lebih besar. Namun jika masih berskala kecil, kamu bisa mencoba menjual pupuk, bibit dan obat tanaman saja.

4. Jualan Pulsa 

Ide Bisnis yang Paling Cocok di Kampung

Jualan pulsa merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak pernah mati, karena selalu dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk di pedesaan. Tentu saja hal ini menciptakan peluang usaha di desa yang bisa kamu jalani. Selain menjadi agen pulsa, kamu juga bisa sekaligus membuka jasa transfer uang, pulsa listrik, pulsa paket data, pembayaran BPJS dan lain sebagainya. 

5. Jualan Alat Tulis dan Foto Copy

Ide Bisnis yang Paling Cocok di Kampung

Prospek jualan alat tulis di kampung juga sangat baik. Apalagi jika kamu membuka tokonya di dekat sekolah, pasti bisnisnya akan laris manis. Selain berjualan alat tulis, kamu juga bisa membuka usaha foto copy dan cetak foto. Keduanya cukup banyak diminati oleh masyarakat pedesaan. Apalagi sangat jarang masyarakat pedesaan yang memiliki printer.

Selain lima ide bisnis di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi bisnis yang cocok di kampung yang bisa kamu coba, misalnya rental mobil pickup, jasa pangkas rambut, bengkel motor dan lain sebagainya. 

Apa pun jenis usaha yang kamu rintis di desa, kamu harus menjalaninya dengan tekun, smart, inovatif, tidak mudah menyerah dan tetap menjunjung tinggi nilai kejujuran.

Biar lebih mudah mencatat transaksi harian bisnis yang kamu rintis, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pengelola keuangan yang telah Akubisnis.com ulas di sini. Kamu bisa membacanya di artikel berikut ya guys : Atur Keuanganmu dengan 5 Aplikasi Pengelola Keuangan Terbaik.

Demikian artikel tentang bisnis yang paling cocok di kampung yang bisa Akubisnis bagikan. semoga bisa bermanfaat sekaligus menjadi motivasi bagi kamu yang ingin memiliki usaha di desa.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 36 comments:

  1. Berbisnis di kampung bisa menjanjikan asalkan tekun dan tetap rajin mengembangkan usaha. Kalo jeli banyak peluang bisnis yg bisa dibuka di kampung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu. Jeli memanfaatkan peluang bisnis, bisa jadi cuan yang menjanjikan, meski di kampung sekalipun.

      Hapus
  2. Beneran bagus nih idenya. Moga semua lancar dalam berbisnis di masa pandemi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin, semoga yang lagi berbisnis, biar lancara dan sukses.

      Hapus
  3. Menarik juga yg toko pertanian ya Mas, pastinya laris manis karena di desa kan memang masih banyak lahan pertanian yang luas ya, jual bibit, pupuk dan lain2nya sangat relate dengan kebutuhan masyarakat desa sekitar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisnis yang relate di desa, ya bisa mencoba jualan pupuk, bibit dan alat pertanian.

      Hapus
  4. 5 ide bisninya prospeknya memang sangat menjanjikan di desa. Apalagi foto copy-nya dekat sekolah dan juga perkantoran juga. Dijamin laris manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun jenis bisnisnya bakalan bagus prospeknya, asalkan dijalankan dengan tekun.

      Hapus
  5. Selalu ada celah untuk berbisnis ya. Bagi yang mau, tentunya :)
    Omong-omong jasa pijat, kalau di kota pada masa pandemi begini agak sepi karena mesti jaga jarak. Nggak tau kalo kayak pendekar di film-film kungfu, yang bisa mengobati tanpa menyentuh. Eaaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tetap ada jasa pijat di kota, tentu dengan prokes yang ketat. Pendekar tendangan tanpa bayangan.

      Hapus
  6. Nah, iya bener. Temanku buka jasa rias pengantin alias MUA di kampung. Wah, udah terkenal seantero Mojokerto. Ditambah dengan paket dekorasinya juga yang ala-ala style millennial gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jasa rias pengantin adalah salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan di desa.

      Hapus
  7. sebenarnya banyak sekali bisnis yang bisa di buka, memang perlu usaha dan semangat sih ya kak. Menarik juga buat dicoba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba Kak, siapa tau hasilnya di luar ekspektasi.

      Hapus
  8. Wah iya nih ke 5 bisnis tadi rerata ada semua di desa. Dan biarpun keliatannya skala kampung tapi penghasilan bisa lumayan lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan salah, sekarang penghasilan di desa juga cukup menjanjikan lho.

      Hapus
  9. wah iya ya mas, klo buka bisnis di kampung memang beda ya dgn di kota
    karena kebutuhan masyarakat nya juga beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebutuhan masyarakat berbeda, maka jenis bisnis yang dipilih pun berbeda dan menyesuaikan dengan kebutuhan di desa.

      Hapus
  10. orantuaku sempat mau bisnis pertanian termasuk pupuk tp katanya susah dapat kuota dr pemerintah apa gmana gt akhirnya ngga jadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nggak tau deh, ini mungkin semacam program dari pemerintah. Kalo gitu, mending secara mandiri saja Mba Lita.

      Hapus
  11. Aku dukung kalau ada yang buka jasa pijat (massage).
    Soalnya di kampung ku malah agak sulit cari tukang pijat. Padahal ya butuh banget lho dan ini memang paling di cari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu salah satu prospek bagus buat dicoba di kampungnya Mba.

      Hapus
  12. Jualan pulsa cocok banget nih di masa pandemi covid 19. Di kampung gini buat beli pulsa dan kuota internet ke kota jauh. Jadi mantap deh usaha pulsa dan kuota internet ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah mulai banyak juga yang bisnis pulsa di desa.

      Hapus
  13. Jualan pulsa bener banget itu, karena jaringan internet yang sudah meluas maka perlu didukung oleh penjual pulsa juga.

    Selain itu rekomendasi yang lain juga oke, sehingga banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perekonomian dan pastinya produktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebutuhan internet semakin meluas, termasuk di desa, jadi jualan pulsa dibilang cukup menjanjikan.

      Hapus
  14. Saya pernah tanya beberapa tukang pijat di kampung. Syarat jadi tukang pijat selain tenaganya cukup bagus, paham teknik memijat, ternyata juga ada syarat spiritual seperti puasa 40 hari, dilanjut puasa-puasa tertentu lainnya. Wah... mending kalo ada modalnya buka toko pupuk aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sih beda lagi ya, tukang pijat aja pake ritual segala, mending natural aja Mas. Apa adanya. Skill pijat saja cukup, nggak perlu pake ritual segala, malah jadi musyrik jatuhnya.

      Hapus
  15. Setuju banget. Jasa rias pengantin di kampung laris karena jarang ada saingan. Dulu almarhumah nenekku buka usaha perias manten di kampung. Dan menjadi perias terkenal pada masanya di kampung kampung sebelah. Tahun 80 an sampai awal 90. Sekarang usahanya diteruskan oleh tanteku sekalian buka salon. Dari tanteku juga diturunkan ke anaknya alias sepupuku yang kuliah di bidang kecantikan juga. Jadi kayak penerus nenek gitu. Kebetulan meski maaih kuliah sepupuku ini ada bakat. Nurun dari nenekku sepertinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisnis keluarga yang seperti ini perlu dipertahankan lho, apalagi hasilnya menjanjikan. Sayang banget kalo nggak diteruskan. Good job.

      Hapus
  16. sangat banyak banget yaa bisnis yang bisa kita jalani di saat kampung apalagi pandemi begini pasti banyak cari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas. Beberapa di antaranya bisnis yang relate di desa.

      Hapus
  17. Kalau di kampung saya kebetulan daerah pesisir itu lebih cocok sih buka usaha tentang alat-alat pancing dan bensin eceran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pedesaan Mas. Kalo wilayah pegunungan, relate bisnis pupuk dan pertanian. Kalo wilayah pesisir pantai, relate bisnis alat pancing dan umpan.

      Hapus
  18. semuanya berpeluang besar, tapi kalau jualan pulsa sekarang agak susah. apalagi di kampungku, kebanyakan pada suka hutang, jadinya susah buat balik modal dan modalnya jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini salah satu risiko jualan pulsa Mas, makanya harus siap dengan kondisi seperti ini. Budaya menghutang memang susah dihilangkan, apalagi kalau orang dekat, bagai buah simalakama.

      Hapus
9175547286367599956