Manfaat Menggunakan Software Akuntansi untuk Bisnis - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Manfaat Menggunakan Software Akuntansi untuk Bisnis

Manfaat Software Akuntansi untuk Bisnis

Mengelola keuangan perusahaan tentu harus dilakukan secara rapi dan teratur. Hal ini penting dilakukan agar dapat meminimalisir kesalahan dalam pencatatan keuangan, sehingga tidak merugikan perusahaan. Namun sayangnya, tidak sedikit pebisnis yang belum mengetahui manfaat menggunakan software akuntansi, sehingga masih mengandalkan pencatatan keuangan secara manual.

Padahal, mencatat laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi merupakan kebutuhan vital bagi setiap bisnis saat ini. Apalagi software akuntansi online pada umumnya telah terintegrasi dengan penyimpanan cloud, sehingga bisa membantu memudahkan perusahaan untuk mengelola keuangan.

Manajemen pengelolaan keuangan yang baik, terbukti mampu membantu perusahaan dalam mengelola anggaran dengan lebih efektif dan efisien. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan software akuntansi untuk mencatat keuangan perusahaan.

Ada beberapa tujuan dari manajemen keuangan, di antaranya sebagai berikut :

  • Mengoptimalkan keuntungan perusahaan
  • Memastikan kelangsungan hidup bisnis
  • Mempertahankan arus kas yang tepat
  • Meminimalkan biaya modal, dan
  • Mengoptimalkan pangsa pasar

Manfaat Menggunakan Software Akuntansi untuk Bisnis

Manajemen keuangan memiliki peranan yang cukup penting bagi sebuah bisnis, yaitu untuk memastikan arus kas perusahaan berjalan tetap stabil. Agar manajemen keuangan dapat berjalan dengan lebih optimal, penggunaan software akuntansi menjadi salah satu solusi yang patut dipertimbangkan bagi setiap pebisnis.

Apalagi software akuntansi memiliki banyak manfaat positif bagi suatu bisnis. Berikut beberapa manfaat yang akan didapatkan pebisnis jika menggunakan software akuntansi untuk pengelolaan keuangan perusahaan :

1. Menghemat biaya perusahaan

Jika Anda masih mengandalkan pencatatan laporan keuangan secara manual, kemungkinan besar Anda akan menyewa seorang akuntan atau auditor untuk melakukannya. Biaya yang dikeluarkan tentu tidak sedikit. Mau tidak mau, Anda harus menyiapkan anggaran khusus untuk menggunakan jasa akuntan tersebut.

Namun penggunaan software akuntansi mampu menekan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, termasuk biaya jasa akuntan. Selain itu juga mampu menghemat biaya yang berhubungan dengan pencetakan dan pembuatan laporan keuangan, sebab penggunaan software akuntansi memungkinkan seluruh data disimpan secara online di tempat yang aman dan terpantau.

2. Meningkatkan keamanan data keuangan perusahaan

Manfaat software akuntansi yang selanjutnya adalah mampu menjaga rahasia data keuangan perusahaan dengan aman, sehingga data tidak hilang atau jatuh ke tangan yang salah. Software akuntansi online memastikan data keuangan Anda akan tetap aman dengan cara menyimpan data secara online yang telah terlindungi oleh firewall. Hanya orang tertenu saja yang memiliki hak akses yang dapat melihatnya.

Berbeda dengan sistem pencatatan keuangan manual, di mana data keuangan perusahaan dapat dengan mudah dilihat oleh orang yang tidak berkepentingan. Hal ini tentu memiliki risiko yang tinggi terhadap data-data keuangan yang seharusnya tidak semua orang dapat melihatnya. Bisa saja data keuangan tersebut berceceran hingga hilang dicuri.

3. Meningkatkan produktivitas karyawan 

Menyusun laporan keuangan perusahaan secara manual biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Belum lagi jika terjadi human error ketika mengerjakan tugas-tugas akuntansi secara manual. Hal ini tentu akan menyita waktu produktivitas seorang karyawan. 

Namun penggunaan software akuntansi justru mampu membuatnya jadi lebih efektif dan efisien. Semua tugas keuangan dapat diselesaikan secara otomatis, sehingga karyawan Anda dapat menyelesaikan pekerjaan lainnya untuk bisnis Anda. 

4. Mudah mengakses data keuangan

Perusahaan yang memiliki banyak cabang, proses pengelolaan keuangannya tentu jauh lebih rumit. Namun dengan menggunakan software akuntansi online, perusahaan akan lebih mudah untuk mengelola banyaknya cabang perusahaannya, karena data keuangan perusahaan dapat diakses hanya dari satu komputer saja.

Data-data keuangan perusahaan juga dapat diakses secara online dan real-time, sehingga data yang ditampilkan selalu update. Mulai dari proses input data, melihat data supplier, data inventori barang, data customer, laporan keuangan di berbagai cabang perusahaan dan berbagai data penting lainnya.

5. Laporan keuangan dibuat lebih cepat

Salah satu manfaat menggunakan software akuntansi adalah dapat mempersingkat waktu dalam proses penyusunan laporan keuangan perusahaan. Proses pembuatan data laporan keuangan dapat disajikan dalam waktu singkat dan akurat.

Yang perlu Anda lakukan adalah hanya menginput data keuangan perusahaan saja, selanjutnya software akuntansi yang akan mengolah data tersebut dan menyajikannya dengan cepat dan akurat. Makanya tidak heran jika di era digital seperti sekarang ini, software akuntansi telah banyak digunakan oleh para akuntan profesional hingga para pemilik bisnis.

Kledo, Software Akuntansi Termudah yang Cocok untuk Bisnis

Tidak sedikit pebisnis yang belum terbiasa dengan penggunaan software akuntansi ini, sehingga masih belum bersedia untuk mengaplikasinnya dalam bisnis yang dikelolanya. Namun tidak semua software akuntansi sulit untuk digunakan. Faktanya, Kledo merupakan salah satu software akuntansi termudah yang sangat cocok bagi semua pebisnis, baik skala kecil maupun menengah.

Software Akuntansi Termudah

Kledo adalah software akuntansi termudah yang dilengkapi dengan fitur lengkap serta kemampuan dalam menyajikan laporan keuangan secara real-time. Anda dapat mengakses software Kledo dari mana saja dan dari berbagai perangkat , mulai dari PC, tablet maupun ponsel.

Anda dapat mencatat pengeluaran dan pemasukan, membuat invoice, purchase order, rekonsiliasi bank dan berbagai aktivitas bisnis dengan lebih mudah serta menganalisis performa bisnis dengan tampilan grafik yang cantik. Dengan demikian, Anda dapat mengambil keputusan bisnis secara tepat berdasarkan data statistik yang mendalam.

Anda tidak perlu mengunduh atau meng-install aplikasi Kledo pada perangkat yang Anda gunakan. Kledo menyajikan lebih dari 30 laporan akuntansi secara lengkap, mulai dari Buku Besar, Laporan Laba Rugi, Jurnal Umum, Neraca Keuangan dan berbagai macam grafik serta statistik untuk membantu memantau performa bisnis.

User interface Kledo cukup simpel dan mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun. Dengan Kledo, membuat laporan keuanga tidak lagi membosankan, sehingga akan membuat Anda betah bekerja.

Fitur-fitur Software Akuntansi Kledo 

Kledo memahami betul kebutuhan pebisnis dalam mencatat laporan keuangan perusahaan, sehingga menghadirkan fitur-fitur yang dapat dimaksimalkan. Mari kita lihat fitur apa saja yang tersedia :

1. Invoice

Fitur Invoice Software Kledo

Invoice merupakan salah satu dokumen penting dalam suatu bisnis. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat invoice jadi lebih cepat, praktis dan dapat mengakses laporan secara otomatis. Cukup masukkan data dan Anda dapat mengirimkan langsung dari software Kledo.

2. Purchasing

Fitur Purchase Order Software Kledo

Anda dapat membuat purchase order maupun pembelian dengan lebih cepat melalui software Kledo. Semua dokumen pendukung untuk membuat purchase order telah tersedia. 

3. Biaya

Fitur Biaya Software Kledo

Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat dengan mudah melacak pos pengeluaran dan mendapatkan laporan dengan lebih detail. 

4. Inventori

Fitur Inventori Software Kledo

Fitur inventori bermanfaat untuk melacak serta menghitung stok dan inventaris produk perusahaan. Apalagi perusahaan yang memiliki banyak cabang maupun gudang, akan terbantu berkat fitur inventori ini.

5. Laporan keuangan dan bisnis

Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis Software Akuntansi

Proses pembuatan akan lebih mudah berkat hadirnya fitur ini. Anda juga dapat melihat pengeluaran usaha, produk paling diminati, laporan laba rugi yang tersedia dalam bentuk grafik di dashboard. Dengan demikian, laporan keuangan ini dapat membantu Anda dalam membuat keputusan bisnis secara tepat.

Konklusi

Software akuntansi Kledo dirancang untuk memenuhi kebutuhan pebisnis. Selain itu juga sangat cocok bagi UMKM dalam proses pembuatan laporan keuangan dan dapat digunakan secara gratis selamanya. 

Kledo juga hadir dalam versi berbayar dengan fitur yang jauh lebih lengkap. Anda cukup membayar biaya langganan per bulan sebesar 139 ribuan saja untuk versi Pro. Sudah termasuk 3 user, 2 gudang, alur bisnis lengkap dan manajemen stok.

Selain versi Pro, Kledo juga hadir dengan versi Elite dengan biaya langganan sebesar 219 ribuan saja per bulannya. Sudah termasuk 5 user, 5 gudang, konsolidasi anak perusahaan dan produk manufaktur.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan mengenai manfaat menggunakan software akuntansi untuk bisnis Anda. Yuk segera tinggalkan cara lama, segera beralih menggunakan software akuntansi termudah dari Kledo untuk efisiensi operasional perusahaan yang lebih baik.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

32 komentar

  1. Masalah akuntansi ini memang tidak boleh sembarangan ya, Mas. Apalagi berhubungan dengan keuangan juga. Salah angka saja, bisa fatal. Apalagi kalau untuk sebuah perusahaan. Jadi bagus sekali sekarang ada software akuntansi yang sangat membantu dan juga aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya salah angka sedikit aja bisa fatal akibatnya. Bisa bikin laporan keuangan nggak balance. Nah hal simpel seperti inilah yang sebaiknya dihindari, biar proses pembuatan laporan keuangan tidak terjadi human error.

      Hapus
  2. Semakin kesini, software-software akuntansi penting banget sih. Terutama kalau bisnis yang kita miliki udah masuk taraf menghasilkan ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada yang lebih mudah, kenapa tidak kita manfaatkan saja software-software akuntansi tersebut. Jauh lebih efektif dan efisien untuk operasional perusahaan.

      Hapus
  3. Kunci sukses usaha memang ada di cashflow, Kak.
    Manajemen pengelolaan keuangan yang baik, memang diperlukan untuk membantu perusahaan dalam mengelola anggaran dengan lebih efektif dan efisien.
    Terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Salah satu kunci kesuksesan operasional suatu perusahaan terletak pada manajemen keuangan yang baik. Terima kasih juga sudah berkunjung ke sini

      Hapus
  4. Bersyukur dunia usaha saat ini banyak ditunjang dengan kemajuan teknologi dalam segala bidang, termasuk dengan adanya software akuntansi seperti kledo ini. Data keuangan perusahaan pastinya akan lebih terorganisir dengan rapi dan pelaporan nya pun jadi lebih efisien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manfaatkan teknologi sebaik mungkin untuk memudahkan operasional perusahaan, termasuk menyusun laporan keuangan yang terintegrasi dengan layanan cloud. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini

      Hapus
  5. Biaya operasional perusahaan jadi lebih hemat, sehingga bisa mengalokasikan dananya untuk ke hal lainnya. Ini nih asiknya punya software akuntansi yang bisa diandalkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggunaan software akuntansi bisa menekan biaya dalam operasional perusahaan. Sehingga tidak terlalu membebani. Itulah salah satu keuntungannya.

      Hapus
  6. waw, para pebisnis wajib nih pake aplikasi ini. selain lengkap juga keamanannya terjamin ya. menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau praktis, ya pakai software akuntansi bisnis saja. Banyak benefitnya bagi pebisnis. Salah satunya data keuangan jadi lebih terjamin keamanannya.

      Hapus
  7. Software akuntansi Kledo beneran sangat membantu banget sih untuk operasional perusahaan. Ini bisa jadi solusi mudah untuk pehitungan pembukuan lebih mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu manfaat software akuntansi Kledo memang untuk membantu memudahkan proses pembukuan perusahaan. Waktu lebih ringkas, hemat tenaga dan juga biaya.

      Hapus
  8. Lengkap juga ya fitur Kledo mulai invoice sampai laporan keuangan. Jadi mempermudah pekerjaan dalam manajemen bisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fitur-fitur yang disajikan memang cukup lengkap membantu banget untuk proses pembukuan perusahaan. Kalau fiturnya tidak lengkap, ya pasti pembuatan laporan keuangan kurang optimal.

      Hapus
  9. User interface yang simpel dan mudah digunakan adalah hal yang penting, apalabi buat pemula yang baru belajar software akuntan. Dengan Kledo, proses pembuatan laporan keuangan menjadi lebih menyenangkan dan efisien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. User interfacenya memang simpel, sehingga lebih mudah digunakan, bahkan bagi pemula sekalipun. Coba kalo user interface rumit dan membingungkan, pengguna pasti bakalan pusing memakai aplikasinya. Berbeda dengan software Kledo ya. Membuat laporan keuangan jadi lebih mudah dan menyenangkan.

      Hapus
  10. Kalo ada software spt ini sih ga ada kebocoran keuangan krn semua terdata rapi. Ga ada salah2 catat kecuali emg kita salah pencet angka sih. Tp kl smua cashless ya smua akan msk mudah. Mudah bgt dlm membaca laporan keuangan tuh. Pkus biasanya bs diakses dr gawai. Ga prlu nanya2 org keuangan dl.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja seperti itu , tidak terjadi kebocoran data. Minim human error selama proses pembukuan. Iya enaknya bisa diakses dari perangkat mana saja dan dari mana saja.

      Hapus
  11. Pebisnis akan jadii lebih ringkes dan kerjanya efisien kalo pake Kledo sih yaa. hihi aku udah lama follow Kledo ini,. siapa tahu ntar bisnisku berkembang dan bisa pake Kledo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin, saya aamiinkan Mba Jihan. Siapat tau seiring perkembangan waktu, bisnisnya semakin berkembang dan sukses. Apalagi pakai Kledo, ngebantu banget proses pembukuan bisnisnya.

      Hapus
  12. Penting banget memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga juga bisa maksimal fokus menghasilkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teknologi memang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Untuk membantu memudahkan aktivitas kita sehari-hari. Waktu dan tenaga juga jadi lebih efisien. Maka dari itu, penggunaan software akuntansi termudah jadi poin yang cukup penting diperhatikan bagi pebisnis.

      Hapus
  13. Penggunaan software akuntansi pastinya akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya memjadikan proses pelaporan lebih cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manfaatnya pasti banyak banget bagi para pebisnis, ya itu dia salah satunya proses pembukuan tidak membutuhkan waktu yang lama.

      Hapus
  14. buat para pelaku usaha, software akuntansi gini tuh ya menurutku investasi tersendiri agar bisnis kita punya sistem pencatatan keuangan yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang begitu, investasi internal perusahaan untuk pencatatan keuangan yang lebih efektif dan efisien. Mungkin kalau masih mengandalkan akuntan untuk mencatat manual, selain biayanya mahal, waktu yang dibutuhkan juga lebih lama.

      Hapus
  15. Dengan teknologi saat ini, hadir juga software untuk akuntansi. jadi, bener banget nih bisa cek data keuangan dengan mudah. Kalau secara manual data berantakan dan makan lebih banyak waktu sehingga tida efisien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah begitulah kira-kira manfaat software akuntansi, bisa menghemat waktu dalam pembuatan laporan keuangan. Coba kalau masih pakai cara manual, pasti butuh waktu yang lebih lama lagi.

      Hapus
  16. Soal keuangan, memang lebih baik pakai software sih. Kalau salah hitung, bisa fatal akibatnya.
    Selain itu, kalau pakai software, pencatatan keuangan juga bisa lebih rapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Much better pakai software akuntansi dong ya, biar lebih efisien pokoknya.

      Hapus


EmoticonEmoticon