Mengintip Konsep Pembangunan Livable City di Indonesia. Sinar Mas Land Menjadi Pionir! - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Mengintip Konsep Pembangunan Livable City di Indonesia. Sinar Mas Land Menjadi Pionir!

Konsep Pembangunan Livable City

Seperti kita ketahui bersama, mobilitas masyarakat di perkotaan dan sekitarnya cenderung tinggi. Biasanya mereka selalu dituntut untuk bergerak cepat dan dinamis. Maka dari itu, banyak masyarakat yang mendambakan hadirnya sebuah kota dengan konsep livable city atau kota layak huni untuk menunjang produktivitas sehari-harinya.

Selain  tempat tinggal yang nyaman, kota layak huni juga turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya agar tetap hijau dan asri. Dengan demikian mampu menciptakan keharmonisan satu sama lain, baik antar sesama masyarakat, maupun masyarakat dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Apa Itu Livable City?

Livable city atau kota layak huni merupakan sebuah gambaran dari lingkungan dan suasana kota yang nyaman sebagai tempat tinggal sekaligus untuk beraktivitas. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai aspek fisik, mulai dari fasilitas perkotaan, prasarana, tata ruang kota dan lain sebagainya. Selain itu dari aspek non fisik, misalnya saja hubungan sosial, aktivitas ekonomi, kesejahteraan dan lain-lainnya.

Di Indonesia sendiri, Sinar Mas Land menjadi pelopor pembangunan livable city yang menerapkan empat pilar sebagai konsep pembangunannya, yaitu Live, Learn, Work dan Play.

Live

Kebutuhan masyarakat yang didukung oleh sarana dan prasarana, seperti hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan dan keamanan.

Learn

Sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat, seperti sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas serta universitas nasional dan internasional.

Work

Sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan tenaga kerja, seperti pusat perkantoran, green office, kota industri hingga area komersial.

Play

Mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan rekreasi masyarakat, seperti pusat olahraga, taman rekreasi, exhibition halls hingga pusat kuliner.

Mengenal Sinar Mas Land, Sang Pionir Konsep Pembangunan Livable City dan Smart City di Indonesia

Saya sependapat jika Sinar Mas Land merupakan pengembang properti terbesar di Indonesia. Seperti kita tahu, hampir sebagian besar proyeknya tersebar di seluruh Indonesia, terutama di kota-kota besar. Proyek yang dibangun pun sangat beragam, mulai dari pengembangan kota, permukiman, komersial, kawasan ritel, kawasan industri hingga proyek perhotelan.

Sinar Mas Land Group
Gedung Sinar Mas Land. (Gambar sinarmas.com)

Sinar Mas Land sendiri berdiri sejak tahun 1987 dan merupakan induk usaha dari PT Bumi Serpong Damai, Tbk, (BSDE) dan PT Duta Pertiwi, Tbk. Bahkan Bumi Serpong Damai (BSD) saat ini telah terdaftar sebagai perusahaan properti dengan nilai pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia.

Berkat dukungan manajemen yang kuat, Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City, sekaligus sebagai pengembang kota mandiri paling sukses (melalui BSD City Development) sekaligus sebagai pelopor dalam pengembang konsep perumahan klaster mulai dari Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata dan lain sebagainya.

Sinar Mas Land bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup dengan meluncurkan beberapa program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan 'The Breeze', jalur pejalan kaki yang nyaman dan pengadaan acara yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya adalah Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Kawasan BSD City, Cerminan Kota Layak Huni yang ideal

Saya ingin sedikit sharing mengenai bagaimana kawasan BSD City ini mampu menerapkan konsep livable city dengan baik. Seperti kita tahu bahwa BSD City merupakan salah satu proyek besutan Sinar Mas Land yang terbilang sangat sukses pada perkembangannya sekaligus menjadi role model kota layak huni di Indonesia.

Ruas Jalan BSD City Tangerang

BSD City diresmikan pada tanggal 16 Januari 1989 oleh Mendagri kala itu, Rudini. 
Setelah masa krisis pada tahun 1998, Sinar Mas Land membeli saham-saham yang berasal dari BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional) dan kemudian menjadi pemilik mayoritas saham tersebut. 

Lalu pada tahun 2003-2004 kepemilikan BSD diambil alih oleh grup Sinar Mas Land. Dari sini namanya berubah menjadi BSD City. Sejak 2004, pembangunan di kawasan BSD terus berlanjut hingga yang kita kenal seperti saat ini. 

Saya juga pernah membahas seputar BSD City di artikel ini : Mahal Tidak Jadi Soal. Ini Alasan Orang Beli Rumah di BSD City

Gedung perkantoran yang eco-friendly

Pada suatu kesempatan, saya menghadiri sebuah event blogger di kampus Hacktiv8 di gedung BSD Green Office Park 1. Saya pribadi sudah tidak asing lagi dengan kawasan BSD ini, karena memang lokasinya tidak jauh dari rumah saya.

BSD Green Office Park 1 di BSD City
Gedung BSD Green Office Park 1. (Gambar dokumen pribadi)

Jadi, gedung BSD Green Office Park ini merupakan perkantoran hijau pertama yang hadir di Indonesia. Kawasan seluas 25 hektar ini menyajikan suasana yang mirip seperti berada di taman hijau dan memiliki 11 bangunan berlantai lima. Termasuk kantor pusat Sinar Mas Land juga ada di situ.

Balkon Kampus Hacktiv8 di BSD City
Balkon kampus Hacktiv8 di BSD City. (Gambar dokumen pribadi)

Bahkan di kampus Hacktiv8 sendiri tersedia ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar melepas penat di sela-sela aktivitas. Ruang terbuka ini malah terlihat seperti sebuah taman yang ditanami beberapa pohon hijau. Oh iya guys, di gedung ini tidak boleh merokok sama sekali ya. Setiap perokok wajib keluar dari gedung dan merokok di tempat yang telah disediakan.

Layanan transportasi publik bus BSD Link

Satu lagi terobosan yang dikembangkan Sinar Mas Land, yaitu Bus Intermoda BSD Link yang merupakan moda transportasi publik di kawasan BSD yang bisa digunakan secara gratis oleh masyarakat. Untuk dapat menggunakan bus ini, penumpang harus menunggu di beberapa titik pemberhentian atau shelter dan juga harus mengetahui jadwalnya.

Bus BSD Link Gratis
Bus BSD Link gratis di BSD City. (Gambar Tangerangonline.id)

Bus BSD Link berwarna orange itu kerap berkeliling kawasan BSD dengan beberapa spot favorit, mulai dari AEON BSD, Stasiun Cisauk, ICE BSD, Simplicity2, Nava Park, Pasar Modern dan masih banyak lagi tujuan lainnya.

Jaringan utilitas tertata rapi

Dan yang paling buat saya takjub adalah di kawasan BSD itu tidak ada kabel-kabel listrik yang semrawut, karena semua kabel ditanam di bawah tanah. Semua jaringan utilitas tidak tampak di permukaan, sehingga lingkungan terlihat lebih rapi tanpa ada kabel semrawut di udara.

Kawasan BSD City Tanpa Kabel Listrik

Selain tertata lebih rapi dan tidak mengganggu pemandangan, pemanfaatan Sistem Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) dinilai lebih mempermudah perawatan atau juga untuk menambah jaringan baru lainnya di kemudian hari.

Keberadaan kampus Prasetiya Mulya untuk kebutuhan pendidikan tingkat lanjut

Universitas Prasetiya Mulya merupakan pelopor program MBA dan sekolah bisnis terkemuka di Indonesia. Lembaga pendidikan ini didirikan sejak tahun 1982 yang bertujuan untuk menjadi pusat pembelajaran yang baik bagi para wirausahawan, profesional dan peneliti bisnis.

Kampus Prasetiya Mulya BSD
(gambar : https://prasetiya-mulya-bsd.business.site)

Pada akhir tahun 2009, Universitas Prasetiya Mulya mendirikan kampus keduanya yang memiliki total luas 8 hektar di Kavling Edutown, Jl. BSD Raya Utama, BSD City. Kampus di BSD hadir dengan suasana belajar mengajar yang lebih menyenangkan dan didukung dengan fasilitas kampus yang lengkap serta jauh dari kemacetan Jakarta. 

ICE adalah lokasi yang sempurna untuk event Anda

ICE atau Indonesia Convention Exhibition merupakan tempat yang tepat untuk berbagi mengadakan event, baik itu pameran atau konvensi, pertemuan meeting atau acara perusahaan. ICE BSD terletak di jantung BSD City dengan luas lahan 22 hektar. Venue ini memang dirancang untuk menjadi salah satu pusat pameran dan konvensi terluas di Indonesia.

Harga Tiket Masuk ICE BSD City

Pada pameran IMOS (Indonesia Motorcycle Show) Oktober 2023 kemarin, saya menyempatkan untuk melihat-lihat koleksi motor paling baru dari berbagai merek. Kesan pertama pada kunjungan saya kali ini adalah nyaman, areanya luas dan fasilitasnya juga lengkap. Lokasinya mudah dijangkau, baik menggunakan motor, mobil ataupun KRL.

Ikut Pameran Motor di ICE BSD City

Pameran Motor IMOS 2023
Event IMOS 2023 (Dok Pribadi)

The Breeze BSD, pilihan sempurna untuk hangout bersama keluarga 

The Breeze merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang dibangun tanpa dinding sejak Juli 2013. Berbeda dengan pusat lifestyle pada umumnya, The Breeze hadir dengan konsep arsitektur ruang terbuka. Setiap pengunjung akan merasakan pengalaman yang berbeda, karena pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan alam sambil menikmati ragam kuliner yang menggugah selera.

Mall Tanpa Dinding The Breeze BSD City
(Gambar : sinarmasland.com)

Selain sebagai pusat perbelanjaan dan juga kuliner, The Breeze BSD City juga dilengkapi dengan area pedestrian yang rindang, water features, bicycle track, thematic garden, danau seluas 2,5 hektar dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

The Breeze BSD City
(Gambar : breeze.bsdcity.com)

The Breeze BSD City berlokasi di dalam kawasan BSD Green Office Park. Di dalamnya dilengkapi dengan kolam koi berukuran besar dan danau angsa yang luas, menambah suasana yang tenang dan damai. 

Aplikasi One Smile untuk menunjang kebutuhan masyarakat BSD City

Aplikasi One Smile adalah sebuah aplikasi yang dirancang khusus oleh Sinar Mas Land sebagai sarana untuk menghubungkan antara pihak pengembang dengan customer. Dengan adanya platform digital ini, diharapkan bisa mempermudah warga BSD City dalam beraktivitas, baik yang tinggal di hunian, mulai dari rumah tapak, apartemen dan ruko yang telah dibangun.

Sinar Mas Land Luncurkan Aplikasi OneSmile
(Gambar : sinarmasland.com)

One Smile memfasilitasi warga BSD City dengan fitur billing untuk melihat detail informasi tagihan, mulai dari Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) dan tagihan air. Ada juga fitur forum community bagi penghuni agar bisa saling berinteraksi dengan seluruh warga klaster BSD City. Selain itu juga ada fitur loyalty program yang bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan poin dari setiap transaksi yang dilakukan dan bisa ditukarkan dengan sejumlah merchant di BSD City.

Konklusi

Kawasan BSD City terus bertransformasi menjadi hunian yang layak bagi masyarakat dengan segala fasilitasnya. Sekaligus menjadikannya sebagai smart city yang siap menyongsong masa depan lebih baik.

Konsep pembangunan livable city di kawasan BSD City telah menjadi bukti nyata keberhasilan Sinar Mas Land dalam menata kota terpadu dengan segala fasilitas lengkap di dalamnya. Langkah ini menunjukkan bentuk kepedulian Sinar Mas Land terhadap kehidupan masyarakat yang lebih baik di masa depan pada setiap proyek yang dikelolanya.

Referensi :

https://www.bsdcity.com/news-events/sinar-mas-land-hadirkan-hyland-cluster-terbaru-harga-rp-600-jutaan-di-grand-city-balikpapan

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6569204/sejarah-bsd-dulu-hutan-karet-kini-kota-maju-mandiri

Previous
Next Post »

70 komentar

  1. Emang sih ya. Kalau kita tinggal di wilayah atau perumahan yang lengkap fasilitasnya tuh bikin kita nyaman. Jadi, nggak merasa bingung saat butuh apa-apa. Semua terasa dalam jangkauan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bikin nyaman banget. Segala fasilitas pendukung juga lengkap, makanya masuk ke kategori Kota Layak Huni seperti BSD City 🌆

      Hapus
  2. Kerreeen sampai ada aplikasi One Smile juga..bener2 BSD city tertata dengan sangat rapi dan banyak fasilitas pendukung ya. Jadi penghuninya betah dan gak usah jauh2 kalau mau butuh sesuatu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya , BSD City salah satu properti yang menyediakan berbagai fasilitas pendukung untuk penghuni atau masyarakat luas. Makanya nggak heran termasuk dalam kategori Kota Layak Huni

      Hapus
  3. Luas dan strategis dengan ragam fasilitas terdekat bersama hunian Livable City ini ya.
    Apalagi ini terjangkau juga dengan ICE BSD tempat yang sering diadakannya acara keren kayak konser musik maupun pameran otomotif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keberadaan ICE BSD atau event hall ini salah satu indikator kota layak huni dong. Jadi penghuni nggak perlu jauh-jauh nyari lokasi untuk event ya.

      Hapus
  4. Warga Sinar Mas Land benar-benar dimanjakan oleh penyedia. Tempat yang modern dan kekinian, asri, juga dilengkapi berbagai fasilitas yang banyak dibutuhkan warganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagian besar properti Sinar Mas Land memang dimanjakan dengan berbagai fasilitas pendukung yang wah, salah satunya ya BSD City ini

      Hapus
  5. Wah iya, keren banget konsep hunian yang dibangun oleh Sinar Mas Land ini ya kak

    BalasHapus
  6. Konsep livable city ini cocok untuk kebutuhan manusia di masa kini. Kalau Sinar Mas Land sudah ngga diragukan lagi kualitasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget untuk memenuhi kebutuhan manusia digital saat ini ya

      Hapus
  7. Yuhuuu, kawasan BSD City ini memang hunian yang layak bagi masyarakat karena berbagai fasilitasnya. Sekaligus menjadikannya sebagai smart city yang siap menyongsong masa depan lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuu juga. Betul banget, berkat fasilitas dan teknologi yang canggih, menjadikan BSD City ini sebagai Kota Layak Huni

      Hapus
  8. Whooah.. Livable City udah kayak di film² fiksi deh, apa aja ada di dalemnya. Konsep yg keren betul nih buat di contoh kota² lain. Keren sih Sinar Mas Land.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah bukan di film aja ya, sudah bisa dirasakan secara langsung melalui properti besutan Sinar Mas Land

      Hapus
    2. Betul. Livable City dari Sinar Mas Land gambaran masa depan canggih nih.

      Hapus
    3. Semoga aja akan bermunculan Kota Layak Huni yang lainnya, sehingga kualitas kehidupan masyarakat juga ikut meningkat

      Hapus
  9. Kondisi yang kian hari kian tak menentu kudu banget nih tinggal di komplek yang nyaman dan bikin betah. Liveable city ini bisa menjadi piliha tepat buat kita yang mencari hunian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hunian idaman bagi siapa saja ya. BSD City menjadi role model yang pas deh sebagai livable city

      Hapus
  10. Sinar Mas Land kalo bangun properti tuh emg saling terkoneksi antara kebutuhan pembeli sekaligus developer sbg pengembang propertinya plus tenant2 yg akan mengisi.

    Buntinya tuh di BSD City. Lahan hutan karet disulap jd komplek perumahan paling elit. Kita yg org bjasa udh ga mampu lagi dah beli perumahan di situ. Harganya udh selangit.

    Solusinya, setiap Sinar Mas Land mau bikon properti baru, lekas aja beli sblm dibangun. Ntr Senin harga naik, kita jd bingung deh. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap tahun harga properti naik terus. Apalagi di kawasan yang ramai, seperti di kawasan BSD City ini. Berdoa saja semoga ada rezekinya sehingga bisa merasakan tinggal di kawasan elit BSD City

      Hapus
  11. Sebagai orang yang pernah tinggal di kawasan tangerang, setuju banget kalau BSD city dengan segala benefit yang dapat dirasakan warganya menjadi beberapa dari indikator yang menjadikan Tangerang Selatan menjadi salah satu kota yang mendapat julukan livable city

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh, berarti sekarang udah nggak tinggal di Tangerang lagi tah? Tapi setidaknya pernah menjadi bagian dari Tangerang dan menjadi saksi bagaimana Tangerang Selatan menjelma menjadi Kota Layak Huni atau Livable City

      Hapus
  12. wah seru ya. andai di kotaku bisa begini, rasanya pasti nyaman banget. semoga kota serang bisa nerapin konsep liveable city juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan hanya seru, tapi lebih ke menyenangkan. Bagaimana memanusiakan manusia di dalam Kota Layak Huni. Nyaman, saling bersinergi dan menjaga lingkungan sekitar

      Hapus
  13. bener banget, BSD city tuh inceran banyak orang ga sih xD Semua ada di sana, strategis kemana2. sinar mas land ini berpengalaman sih membuat hunian liveable city.

    BalasHapus
  14. Kalo lihat ini bener2 ky kota dalam kota yang semua ada di sana. Keren sih memang developernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, makanya hampir semua kebutuhan masyarakat dan penghuni bisa terpenuhi dengan baik di livable city ini

      Hapus
    2. Mantap banget kalo gitu. Udah pasti betah dong ya kak.. btw baru lihat gedungnya sinarmas hijau gitu keren banget

      Hapus
    3. Pasti betah kalau fasilitas pendukung lengkap dan akses lancar. Apalagi banyak tersedia tempat wisata dan kuliner.

      Hapus
  15. Untuk yang tinggal di kota besar, penting banget tinggal di lingkungan dengan konsep Livable City. Karena pastinya di setiap hari yang sibuk, ada sela-sela waktu yang tetap memungkinkan untuk saling berinteraksi sosial secara sehat.

    Suka banget sama Sinar Mas Land di lokasi ICE BSD.
    Apalagi deket ama banyak fasilitas keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal di livable city, meski di sela kesibukan pun masih bisa menikmati waktu bersama keluarga, misalnya saja ke mall atau event atau taman Kota dan kulineran.

      Hapus
    2. Ah, iya.. selain entertain yang berbayar, juga ada public space yang bikin orang tetap berinteraksi dengan sehat. Seringkali orang kota menikmati olahraga di public space ini.

      Hapus
    3. Nah iya, meski tinggal di tengah kota, perlu diperhatikan taman hijau terbuka seperti ini.

      Hapus
  16. Ternyata lingkungan berpengaruh besar kpd kenyamanan hidup ya kak. Ga terkecuali soal hunian. Ga hny keasrian hingga kelengkapan fasilitas, sebuah rumah emg tempat plg nyaman utk krmbali dr rutinitas. Mknya hrs hati2 pilih beli properti. Jgn sampai faktor kenyamanan ini dianaktirikan. Soalnya akan kita tinggalin seumur hdp. Kecuali emg niat mau dijual lagi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya Kak. Lingkungan yang baik, nyaman, sehat pasti bakalan memengaruhi mood ataupun kualitas hidup seseorang. Betul itu, sebisa mungkin selektif ketika memilih rumah, bukannya hanya dari desain saja, tetapi juga kondisi lingkungan sekitar juga perlu diperhatikan. Udah paling bener kalo punya uang lebih sih sebaiknya ambil rumah di BSD City bae

      Hapus
    2. Bener mood yang bagus kualitas hidup juga bagus. Makanya asik ya ada Lingkungan rumah yang nyaman seperti konsep yang ditawarkan Livable City ini

      Hapus
    3. Rumah nyaman, lingkungan nyaman berpengaruh terhadap mood seseorang

      Hapus
  17. Cakep banget lingkungannya. Desain oke, fasilitas oke, lingkungan oke, plus ada hijau-hijau tanaman yang bikin tenang mata dan hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke semuanya kan ya?! Tinggal yang kurang-kurang ditambahkan, biar makin mantap 👍

      Hapus
  18. Wah seru banget konsep livable city ini ya, mulai dari fasilitas perkotaan, prasaran, aktivitas ekonomi sampai kesejahteraannya. Sinar Mas sebagai pelopor livable city ini bisa banget mewujudkan kepedulian pelestarian lingkungan juga. Dengan visi green di setiap proyeknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya Sinar Mas Land bisa dibilang sebagai pelopor atau pionir dalam livable city di Indonesia

      Hapus
  19. Kelengkapan dan kemudahan mengakses fasilitas adalah salah alasan yang membuat seseorang betah tinggal suatu tempat. BSD City menawarkan kemudahan itu. Worth it, sebanding sama harga pastinya 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Worth it dengan harga yang mesti dibayar. Fasilitas pendukung lengkap, prasarana memadai, akses lancar, banyak tempat wisata, kuliner dan pusat perbelanjaan.

      Hapus
  20. sekarang kota-kota satelit sudah jauh pesat banget ya pengembangannya ya salah satunya yg dikembangin sm sinar mas land gini tuh dengan konsep liveable city, jadi mau apa aja semuanya ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup mirip seperti kota di dalam kota. Segala fasilitas pendukung tersedia lengkap

      Hapus
  21. Seru juga ya kalo bisa berkesempatan tinggal di hunian yang terletak di perkotaan dengan konsep hunian yang livable. Untuk pasangan muda yang minat beli rumah bisa nih pilih di daerah yang livable agar makin betah dan nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan seru lagi, pastinya bakalan seneng banget deh

      Hapus
  22. Sering baca tentang livable city ini. Konsepnya memang pas untuk zaman ini. Apalagi ketersediaan lingkungan yang lebih memadai fasilitasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsepnya pas banget di zaman modern sekarang ini

      Hapus
  23. menurutku konsepnya terlalu keren ms, suasana nyaman, adem, lengkap dengan penghijauan juga, jadi gk mbosenin, pun para pengunjung makin nyaman ketika datang pertama kali kesana, bahkan mungkin tidak mau buru-buru pulang, haa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti bikin betah ya, nggak mau pulang, hehehe... Ya gimana ya, kalo fasilitas pendukung lengkap, prasarana memadai dan akses lancar. Siapa sih yang nggak mau tinggal di sini?!

      Hapus
  24. ternyata memang lingkungan sekitar tinggal tuh berpengaruh bangt sama kualitas hidup kita ya. Apalagi jaman sekarang, harus bijak pilih area tinggal. Kalau sudah ada yang pasti aman dan terjamin kualitasnya kaya hunian BSD City ini sih, oke aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sudah jelas tinggal di BSD City terjamin keamanan dan kenyamanannya, kenapa harus pilih yang lainnya

      Hapus
  25. Duh, pasti nyaman banget klo bisa tinggal di liveable city seperti ini
    Sinar Mas Land emang selalu pionir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, jadi pengen ngerasain gimana rasanya tinggal dan menetap di sana hehehe

      Hapus
  26. Sugianto - Sinar Mas Land dengan Livable city yang ditawarkan sangat menarik. Apalagi dengan konsep Live, Learn, Work dan Play. Ini konsep yang mengakomodir semua kebutuhan konsumen. Layak diacungi jempol

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4 pilar utama untuk menerapkan konsep pembangunan livable city ini memang sangat tepat sekali kebutuhannya

      Hapus
  27. Kereen banget memang proyek yang di kerjakan Sinar Mas tidak abal abal. Semua terkonsep dengan baik disertai fasilitas2nya (gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak hanya keren, tapi juga ramah lingkungan. Kehidupan manusia dan lingkungan sekitar jadi terjaga dengan baik kualitasnya

      Hapus
  28. Baru tahu tentang konsep Livable City pastinya nyaman banget tinggal di perumahan yang mengusung konsep tersebut seperti yang ditawarkan oleh Sinar Mas Land. Benar-benar keren dan hunian impian banget lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah, baru tau kan??! Untung aja mampir ke blog ini. Coba kalo nggak mampir, pasti masih belum tau

      Hapus
  29. Penasaran banget sama BSD ini karena terkenal banget Perumahannya. Pasti keren banget ya perumahannya dan fasilitas yang dimilikinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah menjadi satu kesatuan, perumahan keren dan fasilitas pendukung yang lengkap

      Hapus
  30. Bener mas, proyeknya Sinar Mas Land ini keren-keren deh. kebetulan 4 bulan sempet tinggal di BSD City dan seneng banget perkotaan tapi pemandangan hijaunya ada. Udah gitu gedung-gedung perkantorannya juga keliatan adem. Mana ada bsd link yg gratis pula buat transportasi umum di bsd city

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini yang dinamakan konsep kota layak huni. Meski tinggal di hunian modern, tapi lingkungan di sekitarnya tetap asri dan hijau. Lingkungan bersih, masyarakat juga sehat

      Hapus
  31. Di BSD ini banyak banget ya, hunian yang nayman. Apalagi saat dikembangkan oleh Sinar Mas Land Grup. Udah pasti hasilnya keren, nyaman dihuni dan ramah dengan lingkungan sekitarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sinar Mas Land dalam konsep livable city memang sangat memperhatikan detail hunian dan akses di sekitarnya, termasuk lingkungan.

      Hapus


EmoticonEmoticon