5 Ide Bisnis untuk yang Jago Bahasa Inggris - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

5 Ide Bisnis untuk yang Jago Bahasa Inggris

Ide Bisnis yang Jago Bahasa Inggris

Di era globalisasi seperti sekarang ini, kemampuan berbahasa Inggris dinilai semakin penting. Bahasa Inggris tidak hanya menjadi sarana komunikasi di berbagai negara saja, tetapi juga mampu untuk mengakses berbagai informasi hingga menjadi sebuah peluang untuk berbisnis.

Siapa sangka, dengan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, mampu mendatangkan cuan yang melimpah. Asalkan kamu jeli dan cermat untuk memanfaatkan peluang yang ada.

Ide Bisnis yang Cocok Bagi Kamu yang Jago Bahasa Inggris 

Mahir berbahasa Inggris menjadi salah satu kelebihan yang sebaiknya dimiliki saat ini. Apalagi jika kamu ingin mengembangkan karir di dunia kerja, tentu saja sangat dibutuhkan.

Selain untuk berkarir, seseorang yang jago bahasa Inggris bisa memanfaatkannya menjadi ladang bisnis yang hasilnya cukup menjanjikan.

Nah, kamu penasaran kan, kira-kira ide bisnis apa saja yang cocok untuk seseorang yang pandai berbahasa Inggris? Simak yuk ulasan lengkapnya berikut ini :

1. Membuat blog bahasa Inggris 

Ide bisnis yang pertama adalah membuat blog khusus bahasa Inggris. Bagi kamu yang punya hobi menulis di blog dan punya skill bahasa Inggris yang baik, kenapa tidak memanfaatkan peluang ini menjadi bisnis.

FYI, bahasa Inggris digunakan oleh sebagian besar negara di dunia, sehingga memiliki pangsa pasar dan pengunjung blog yang tentunya lebih luas. Hal ini tentunya akan memengaruhi jumlah visitor blog yang juga semakin tinggi.

Semakin tinggi pengunjung blog, maka kesempatan untuk mendapatkan penghasilan semakin terbuka lebar. Kamu bisa mendaftarkan blog ke Google Adsense atau media advertising lainnya. Dari sini, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan-iklan yang ditayangkan di blog yang kamu kelola.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti program afiliasi, endorsement atau menjual produk-produk yang relevan dengan niche blog.

Rutin update blog dengan artikel berbahasa Inggris yang berkualitas dan memiliki value di mata pengunjung blog. Jangan lupa, tentukan juga niche atau kategori blog yang sesuai dengan passion atau skill kamu.

2. Jasa penerjemah

Jika kamu jago bahasa Inggris, menjadi penerjemah profesional adalah ide yang bagus untuk mendatangkan cuan. Biasanya target konsumennya beragam, mulai dari pebisnis hingga pengusaha yang membutuhkan jasa penerjemah profesional.

Sebagai penerjemah, kamu bertugas untuk mengatasi hambatan dalam berkomunikasi dengan mengartikan kalimat dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya, sehingga pesan yang disampaikan bisa dipahami dengan baik.

Penerjemah juga perlu memperhatikan beberapa hal penting, mulai dari keakuratan terjemahan, grammar, kosa kata dan daya tangkap untuk istilah-istilah teknis. Sebagai pemula, kamu bisa menjalani profesi penerjemah mulai dari freelance terlebih dulu, lalu mulai meningkatkan karier sebagai penerjemah profesional mandiri.

Selain penerjemah langsung, ada beberapa profesi penerjemah lainnya, seperti penerjemah film atau drama hingga penerjemah buku.

3. Les bahasa Inggris

Ide bisnis untuk membuka tempat les atau kursus bahasa Inggris adalah ide yang cukup cemerlang. Apalagi kemampuan berbahasa Inggris dibutuhkan di banyak sektor, mulai dari dunia kerja hingga pendidikan. 

Maka dari itu, tidak sedikit yang ingin mempelajari dan memperdalam kemampuan bahasa Inggris. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat baik bagi kamu yang jago berbahasa Inggris.

Menjadi tenaga pengajar les bahasa Inggris, akan membantu meningkatkan skill bahasa Inggris para siswa. Selain itu juga, secara tidak langsung kamu telah membantu mereka dalam mencapai kesuksesan di dunia kerja.

Untuk menjadi seorang tenaga pengajar les bahasa Inggris, kamu bisa memulainya sebagai tenaga pengajar freelance dengan menawarkan jasa secara online maupun offline. 

Setelah bisnis dirasa sudah berkembang, kamu bisa menyewa kantor dan merekrut karyawan, serta bisa mulai membuka tempat les atau kursus bahasa Inggris secara resmi.

4. Penulis e-book atau novel bahasa Inggris

Menulis e-book berbahasa Inggris menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Kamu perlu memahami teknik menulis yang baik. Selain itu juga perlu menguasai grammar secara baik dan benar.

Ada beberapa kategori e-book yang bisa kamu pilih sesuai passion, mulai dari edukasi, hiburan, masak-masak, motivasi dan lain sebagainya. Sebelum menulis, pastikan kategori yang dipilih sudah sesuai dengan minat pembaca luar negeri.

Saat ini tersedia beberapa platform untuk menerbitkan novel secara online. Hal ini tentu akan memudahkanmu untuk memublikasikan hasil karya novel dan menghasilkan uang. Selain itu kamu juga bisa bekerja sama dengan penerbit untuk memublikasikan novel milikmu.

5. Penulis artikel berbahasa Inggris

Bagi kamu yang jago berbahasa Inggris dan juga hobi menulis, tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan dengan menjadi penulis artikel lepas. Berbeda dengan blog, di mana kamu mesti memiliki blog terlebih dulu, sementara penulis artikel lepas tidak harus memiliki blog.

Menulis Artikel Bahasa Inggris

Kamu bisa mencoba mengajukan penawaran kerja sama dengan perusahaan dan situs web untuk menjadi penulis artikel. Pasalnya saat ini begitu banyak perusahaan dan situs web yang membutuhkan konten berkualitas untuk mengisi halaman website mereka.

Pilih topik yang sedang ramai perbincangan saat ini, seperti teknologi, kesehatan, keuangan, fashion dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu bisa memutuskan untuk menjadi penulis lepas atau bekerja sama dengan agency, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan proyek penulisan.

Bagi penulis pemula, kamu bisa memulai proyek penulisan dengan memanfaatkan platform freelance, mulai dari Fastwork, Intelifluence dan lain sebagainya. Fee yang didapatkan rata-rata cukup besar, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Pasalnya, penghasilannya malah bisa lebih besar dari fee menulis artikel bahasa Indonesia. Untuk menjaga kredibilitas, rajin upgrade skill menulis artikel, sehingga kesempatan untuk mendapatkan klien baru bisa lebih besar. Penghasilan pun akan terus bertambah.

Demikian artikel mengenai ide bisnis bagi kamu yang jago berbahasa Inggris ini saya bagikan. Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu, rajin-rajin untuk mengikuti webinar dengan tema yang relevan. Selain itu kamu juga bisa berkomunikasi bahasa Inggris secara rutin.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon