Sampoerna Fest: Cara Asyik Kenalkan Edukasi Finansial Lewat Festival Musik - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Sampoerna Fest: Cara Asyik Kenalkan Edukasi Finansial Lewat Festival Musik

Festival Edukasi Finansial Sampoerna Fest

Selama ini yang saya tahu jika talk show edukasi finansial itu terkesan kaku. Dari awal hingga selesai, peserta hanya disuguhkan materi seputar finansial saja, tanpa suguhan entertainment yang menarik. Kalaupun ada entertainment, mungkin hanya sebagian kecil saja. Inilah mengapa tidak sedikit orang yang enggan menghadiri talk show edukasi finansial karena dinilai cenderung membosankan.

Berbeda dengan PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) yang mengenalkan edukasi finansial dengan cara yang asyik, yaitu menggabungkan antara edukasi finansial dengan festival musik. Event yang diberi nama Sampoerna Fest ini, merupakan ajang literasi keuangan yang menawarkan pengalaman dan musik yang menarik untuk para audiens, terutama generasi milenial dan Gen Z.

Kedua kelompok generasi ini memang dikenal sangat identik dengan teknologi digital. Hampir sebagian besar aktivitas tidak lepas dari yang namanya teknologi. Bahkan termasuk urusan perbankan sekalipun sudah serba digital, misalnya saja membuka rekening baru, menabung hingga melakukan transaksi bisa dilakukan melalui ponsel.

Namun, untuk memberikan pemahaman soal edukasi keuangan kepada masyarakat, khususnya anak-anak muda, perlu menerapkan konsep yang out of the box. Tidak hanya mengedepankan sisi edukasi finansial saja, tetapi juga menyajikan sisi entertainment yang menarik. 

Dan Bank Sampoerna sangat memahami celah ini dengan menghadirkan Sampoerna Fest yang akan digelar beberapa kota besar di Indonesia.

Sampoerna Fest: Literasi Keuangan Jadi Lebih Fun

Pada Hari Jum'at, 15 Maret 2024, saya bersama puluhan rekan blogger maupun media, berkesempatan untuk menghadiri press conference Sampoerna Fest yang diadakan di Lucy Curated Compound (LCC), Kemang, Jakarta Selatan. Selain mengenalkan kegiatan Sampoerna Fest, kami juga mengikuti acara bukber dengan menikmati salah satu menu yang ada di sana.

Press Conference Sampeorna Fest 2024

Sebelum acara dimulai, seluruh peserta disuguhkan tayangan video flashback rangkaian kegiatan Bank Sampoerna dari tahun-tahun sebelumnya, salah satunya yaitu event Sultan Dadakan (tahun 2023). Saya sendiri baru pertama kali mengikuti serangkaian event dari Bank Sampoerna ini.

Melalui press conference ini, narasumber membocorkan informasi penting seputar perhelatan Sampoerna Fest nantinya, mulai dari konsep acara, tanggal dan tempat penyelenggaraan hingga hadiah apa saja yang tersedia.

Press conference ini dipandu oleh Adit Insomnia dengan menghadirkan tiga narasumber, yaitu :

  • Henky Suryaputra (Direktur Keuangan dan Perencanaan Bisnis Bank Sampoerna
  • Oktavia Laksmi Wardani (Head of Lending & Fintech Product & Partnership Division Bank Sampoerna)
  • Hafizh Abdul Rahman (Event & Fintech Partnership Manager Bank Sampoerna)

Festival Edukasi Finansial Sampeorna Fest 2024

Bapak Henky mengatakan bahwa tujuan dari Sampoerna Fest ini untuk mengenalkan edukasi keuangan dengan cara yang fun dan tidak membosankan, yakni dengan mengundang masyarakat khususnya anak-anak muda untuk menyaksikan festival musik yang  menghadirkan penyanyi populer tanah air maupun penyanyi lokal maupun seniman lokal.

Tidak hanya menghibur saja, festival ini diselenggarakan untuk memberikan pengalaman yang edukatif dan inspiratif, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya pengelolaan keuangan secara digital dengan bijak agar mencapai financial goals.

"Dalam Sampoerna Fest, ajakan untuk mencapai financial goals tersebut dilakukan melalui kolaborasi bersama mitra eksternal, serta kerja sama dengan sejumlah milenial dan Gen Z sebagai Savings Agent, ungkap Henky Suryaputra selaku Direktur Keuangan dan Perencanaan Bisnis Bank Sampoerna.

Para Savings Agent ini nantinya merupakan perpanjangan tangan dari Bank Sampoerna untuk ikut mensosialisasikan pentingnya memahami literasi keuangan bagi orang-orang di sekitarnya maupun pengunjung festival. 

"Dengan menggandeng milenial dan Gen Z yang familiar dengan literasi keuangan, terutama melalui layanan keuangan digital, kami berharap masyarakat dapat memiliki perencanaan keuangan yang bijak untuk setiap kebutuhan sekaligus menikmati hiburan yang disajikan," ucap Henky.

Sampoerna Mobile Saving: Produk Keuangan Digital dari Bank Sampoerna

Melalui Sampoerna Fest, Bank Sampoerna juga akan mengenalkan layanan keuangan digital produk tabungan Sampoerna Mobile Saving. Salah satu keunggulan dari produk tabungan ini adalah hadirnya undian sepanjang tahun dengan total hadiah milyaran rupiah dengan hadiah Grand Prize berupa 1 unit Toyota Innova Zenix.

"Setiap Sampoerna Fest, kami juga menghadirkan undian Sampoerna Mobile Saving. Jadi, masyarakat yang datang dan membuka rekening melalui Sampoerna Mobile Saving akan bisa mengikuti undian sekaligus menikmati hiburan," ucap Oktavia Laksmi Wardani.

Sampoerna Mobile Saving

Bahkan setiap peserta yang ingin ikut hadir di Sampoerna Fest juga bakal dapat perlindungan dari asuransi Chubb LIFE. Chubb LIFE merupakan divisi asuransi jiwa internasional dari Chubb. Chubb LIFE mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 2009 dengan mengakuisisi PT Asuransi Jiwa Bumi Arta Reksatama.

Hiburan dapat, perlindungan diri dapat bahkan peluang untuk membawa pulang hadiah juga terbuka lebar-lebar. Pokoknya kegembiraan panggung Sampoerna Fest ini akan menjadi milik bersama deh. Seru, menghibur, bertabur hadiah sekaligus dapat wawasan mengenai finansial.

Kapan dan di Mana Sampoerna Fest Akan Berlangsung?

Dalam kesempatan yang sama, Hafizh menjelaskan bahwa Sampoerna Fest akan digelar setiap tiga bulan sekali di kota-kota besar di Indonesia. Dimulai dari Surabaya pada 25 Mei 2024, menyusul Pontianak pada Juli 2024, Semarang pada Oktober 2024 dan Kota Sorong pada Januari 2025.

Sampoerna Fest akan dikemas dalam berbagai keseruan acara, mulai dari kehadiran artis dan band papan atas Tanah Air yang akan menghibur para pengunjung, pesta kuliner dari berbagai Food & Beverage Tenants dan berbagai games activities yang seru dan bisa diikuti oleh pengunjung di booth Sampoerna Mobile Banking.

"Dengan terselenggaranya Sampoerna Fest, kami ingin menarik minat pengunjung untuk lebih mengenal produk dan layanan dari Sampoerna Mobile Banking, sekaligus memberikan hiburan dan apresiasi kepada seluruh pengunjung, nasabah Bank Sampoerna dan masyarakat secara luas," lanjut Hafizh.

Untuk mendukung gerakan literasi keuangan, salah satu layanan digital Bank Sahabat Sampoerna, yakni PDaja.com turut berkontribusi memeriahkan acara Sampoerna Fest. PDaja.com adalah platform pinjaman digital yang memiliki visi dan misi untuk menjadi solusi pendanaan bagi masyarakat, terutama UMKM, yang menyediakan akses permodalan dengan syarat yang mudah dan fleksibel serta mendapatkan fasilitas Plafon Rekening Koran (PRK).

Konklusi

Jadi, bagi kamu yang tinggal di kota-kota tersebut atau di sekitarnya, boleh banget datang ikutan menikmati perhelatan festival musik bertabur hadiah. Eit, tapi kamu harus buka tabungan terlebih dulu di Bank Sampoerna agar bisa membawa pulang hadiahnya loh. Siapa tahu saja kamu beruntung mendapatkan Toyota Innova Zenix. Lumayan kan bisa keliling kota dengan mobil baru!

Jika kamu sudah menjadi nasabah Bank Sampoerna, kamu bakal mendapatkan banyak benefitnya loh, di antaranya gratis biaya transfer ke bank lain hingga 30 kali, bisa melakukan berbagai transaksi lewat ponsel dan masih banyak yang lainnya. Hingga tulisan ini dibuat, Bank Sampoerna telah memiliki 21 cabang di seluruh Indonesia serta telah memiliki izin dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta sebagai peserta penjaminan LPS.

Yuk, segera buka tabungannya, ikuti keseruannya dan bawa pulang hadiahnya!!

Previous
Next Post »

20 komentar

  1. seru banget acaranya. literasi keuangan nih wajib banget sih. jadi inget di SBY ada foodcourt yang disupport Bank Sampoerna dan jadinya cashless enak banget transaksi jadi lebih mudah

    BalasHapus
  2. Edukasi keuangan itu penting
    Pasti akan seru kalau edukasi keuangan sambil dengerin musik
    Jadi lebih mudah dipahami

    BalasHapus
  3. Saya sudah bisa membayangkan keseruan Sampoerna Fest 2024 ini, Mas. Selain happy nonton musik, literasi keuangan juga bertambah. kalau sudah jadi nasabah Sampoerna Mobile Saving, bisa berpeluang pulang bawa hadiah.

    BalasHapus
  4. Acaranya kayaknya seru banget nih, dan memang cocok buat generasial milenial dan z. Apalagi banyak keuntungan yang di dapat. Gratis transfer 30x ini juga penting banget nih, lumayan hemat biaya admin

    BalasHapus
  5. Sampoerna tahunya dulu bisnisnya rokok ya. Sekarang diversifikasinya udah ke pendidikan dan finansial. Bagus nih ada Sampoerna Fest, jadi literasi finansial melalui cara yang fun sehingga mudah diingat...

    BalasHapus
  6. Edukasi finansial penting banget yaa Kak terutama bagi anak muda. Jadi mereka bisa atur uang dan menabung dengan teratur. Jangan sampai keuangan boncos lalu mapah ngutang dan masuk blacklist BI gara2 galbay.

    BalasHapus
  7. Wah beruntung banget nih mereka-mereka yanga da di koya-kota besar seperti di Surabay asalah satunya, karena bisa ikutan keseruan dalam event Sampoerna Fest yang diisi dengan banyak agenda

    BalasHapus
  8. Anak muda kudu cerdas finansial ya jaman now. Dengan adanya event dari sampoerna inj ngebantu banget lho.

    BalasHapus
  9. Sepertinya seru banget nih acaranya, keren ya cara Sampoerna mengenalkan finansial melalui acara seperti ini, tidak hanya menghibur tetapi juga mengedukasi

    BalasHapus
  10. Penyelenggaraan nya yang diusung secara kekinian seperti itu membuat generasi muda suka nij, terutama urusan menabung. Karena memang menabung PR tapi punya manfaat buat masa depan sih ya

    BalasHapus
  11. Unik banget cara Sampoerna bikin literasi keuangannya. Ga melulu seminar dan webinar mulu. Tp lewat musik yg tentunya semua org pasti mau utk datang. Apalagi kalo artisnya keren dan diminati banyak org.

    Nah di antara itu bs disisipin literasi keuangan sejak dini biar masuarakat makin paham ttg keuangan. Mantap nih eventnya. Dtggu kehadirannya di Surabaya ya.

    BalasHapus
  12. Kadang emang males ikut talk show finance. Karena kesannya kaku dan serius banget. Cenderung membosankan.

    Tapi beda banget kalau acaranya juga ada suguhan musiknya. Jadi lebih asyik dan enjoy. Materi finansial yang mau dibagikan juga mudah kita serap.

    Good job, Bank Sampoerna.

    BalasHapus
  13. Inovasi baru nih edukasi literasi keuangan digabung festival musik. Jadinya menarik lebih banyak kalangan.

    BalasHapus
  14. Bagus banget nih acaranya, ngomongin finansial bisa jadi menarik banget. Sampoerna emang selalu asik program-programnya.

    BalasHapus
  15. Wah kalau gini acaranya nggak usah anak muda, emak2 seperti saya juga tertarik untuk ikut. Soalnya saya orangnya lumayan bosan kalau harus duduk mendengarkan saja

    BalasHapus
  16. Waah seru pol nih kayaknya, andai deket pengen banget dateeng. karena aku salah satu penggemar sekolahnya Sampoerna yang bikin anak2 justru betah di sekolah. bukan cuma belajar tapi juga pengembangan diri

    BalasHapus
  17. Pengen ikutan yang di Papua acara Sampoerna Festivalnya, pasti bakal seru banget bakal banyak musim dan makanan khas lokal yang bakal tampil niy, semoga bisa ikutan ke sana

    BalasHapus
  18. Keren mantul nih Sampoerna Fest, yg nggak cuma seneng² bareng GenZ, tapi juga sekaligus mengedukasi mereka tentang finansial. Etapi, Bali belum kebagian road shownya ya ini? Hehe

    BalasHapus
  19. keren banget nih ada event Sampoerna Fest kayak gini yang mengenalkan literasi keuangan lewat festival musi. jarang jarang sih ya. konsep seperti ini udah pasti bakalan di datengin banyak gen z dan milenial. apalagi kalo bintan tamu musisi nya yang cukup terkenal

    BalasHapus
  20. Cakep banget acara Sampoerna Fest 2024.
    Karena digelar di banyak tempat di sluruh Indonesia dan more fun belajar literasi keuangan untuk generasi genzi. Nongkrong seru penuh manfaat bersama Bank Sampoerna.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon