10 Ide Bisnis Hampers Kekinian yang Bisa Dicoba - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

10 Ide Bisnis Hampers Kekinian yang Bisa Dicoba

Ide Bisnis Hampers Kekinian

Menjelang hari raya besar, seperti Idul Fitri, biasanya permintaan hampers mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini memang wajar adanya, mengingat tidak sedikit masyarakat yang ingin memberikan hadiah berupa hampers kepada rekan kerja, rekan bisnis dan juga orang-orang terdekat.

Makanya tidak heran jika penjualan hampers mengalami peningkatan pada momen-momen tertentu. Untuk menyiasati agar hampers laris manis di pasaran, para pebisnis hampers pun perlu memutar otak untuk menerapkan strategi pemasaran, sehingga mampu bersaing dengan kompetitor.

Ide Bisnis Hampers yang Unik Agar Laris Manis

Sebagai pebisnis hampers, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat ide bisnis hampers yang unik agar produk Anda berbeda dengan produk hampers yang lainnya. Konsumen mungkin sudah terlalu mainstream dengan hampers yang berisi makanan dan minuman ringan. Mungkin saja mereka ingin mencari hampers yang berisi produk-produk yang berbeda.

Nah, lantas ide unik apa saja yang bisa Anda coba agar bisnis hampers bisa laku keras di pasaran? Yuk cari tahu lebih lengkap di bawah ini :

1. Hampers kopi

Kita semua tahu jika pecinta kopi biasanya tertarik untuk mencoba berbagai jenis kopi. Tentunya mereka akan merasa sangat senang jika menerima hadiah berupa hampers berisi paket kopi, baik dalam bentuk bubuk, biji kopi, kopi dalam kemasan botol dan lain sebagainya. 

Penikmat kopi pada umumnya datang dari berbagai kalangan. Mungkin saja termasuk di dalam circle pertemanan Anda juga banyak yang menyukai kopi. Tidak ada salahnya jika Anda menjadikan kopi sebagai hampers dan mengemasnya dengan unik dan estetik.

2. Minyak esensial

Ide bisnis hampers berikutnya adalah membuat hampers yang berisi minyak esensial. Tidak sedikit masyarakat yang menggunakan diffuser di rumah untuk meningkatkan kualitas udara dan membantu mengurangi stress. Apalagi semenjak pandemi, peminat diffuser cukup banyak. Selain diffuser, minyak esensial juga mampu menenangkan dan membuat relaks. 

Minyak esensial juga bisa dijual dalam beragam bentuk, mulai dari parfum, lilin dan lain sebagainya. Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual paket lengkap minyak esensial dengan beragam aroma dan merek. Yang terpenting, lakukan penghitungan modal secara detail, mengingat produk minyak esensial ini terbilang cukup mahal.

3. Dekorasi rumah

Beberapa perlengkapan untuk dekorasi rumah juga bisa dijadikan sebagai hampers, misalnya saja selimut, sprei, bantal, handuk hingga bantal sofa. Selain itu juga tersedia hiasan atau dekorasi dinding untuk ruangan di rumah, mulai dari lukisan pemandangan alam, vas bunga gantung hingga walpaper dinding.

Mungkin saja pebisnis hampers dekorasi rumah terbilang masih sedikit. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba menjual hampers dekorasi atau hiasan rumah yang unik dan estetik. Buatlah hampers dengan kemasan semenarik mungkin.

4. Jajanan pasar

Hampers jajanan pasar mungkin masih sangat jarang di pasaran, sehingga produk makanan yang tidak terlalu mainstream ini bisa menjadi pilihan yang pas. Apalagi tidak sedikit orang yang hobi ngemil jajanan pasar yang dipadukan dengan sajian kopi. Rasanya bakalan klop!!

Namun, agar hampers tidak mudah rusak atau berantakan selama proses pengiriman, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan cara pengemasan dan pemilihan wadah kemasannya. Sebisa mungkin hampers dikirimkan pada hari yang sama, mengingat ada sebagian makanan ringan yang tidak tahan lama.

5. Perlengkapan ibadah

Ide bisnis hampers perlengkapan ibadah juga bisa Anda pilih sebagai ide yang unik lho, terutama saat momen Hari Raya Idul Fitri. Banyak masyarakat Muslim yang berburu beberapa perlengkapan ibadah, seperti mukena, sarung, tasbih, Al-Qur'an atau busana muslim.

Agar dapat memberikan kesan yang istimewa, alangkah baiknya jika hadiah perlengkapan ibadah dikemas dalam sebuah hampers yang cantik. 

6. Produk kesehatan dan vitamin

Belakangan ini, semakin banyak orang yang lebih peduli dengan kesehatan diri dan juga keluarga, apalagi setelah masa pandemi. Tidak sedikit masyarakat yang hobi berburu vitamin maupun suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh.

Momen ini, tentu bisa Anda manfaatkan untuk membuat hampers yang berisi healthy kit, misalnya saja seperti masker yang tampilannya unik dan kekinian. Atau bisa juga hampers berisi berbagai produk vitamin, suplemen dan lainnya.

7. Aneka cokelat

Banyak orang menyukai cokelat sebagai camilan ringan untuk menemani aktivitas. Pecinta cokelat juga datang dari berbagai usia dan kalangan, terutama anak-anak. Maka dari itu, hampers berisi produk cokelat juga biasanya cukup tinggi peminatnya. Cokelat juga kerap dijadikan sebagai hadiah untuk orang-orang tersayang

Agar memberikan kesan yang lebih istimewa, Anda bisa menjadikan cokelat sebagai hampers. Anda bisa memilih cokelat buatan sendiri (home made) atau cokelat dari berbagai merek yang sudah tersedia di pasaran. Kemas dan bentuk hampers cokelat semenarik mungkin, dan buat hampers dari berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga ukuran besar.

8. Mug / tumbler kustom

Mug atau tumbler (botol minum) yang diberi image, foto atau tulisan tertentu akan terlihat lebih menarik, dibanding mug atau tumbler yang biasa. Selain itu juga lebih populer dijadikan sebagai populer. 

Jika Anda ingin fokus pada bisnis hampers berisi produk mug atau tumbler kustom, mau tidak mau Anda perlu menyediakan printer untuk mencetak gambar ke produk mug atau tumbler tersebut. Anda bisa mengkustom produk sesuai pesanan. Jika tidak ingin mencetak sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan percetakan.

9. Aneka selai

Ide bisnis hampers berisi aneka selai bisa dibilang cukup unik dan anti mainstream. Apalagi varian rasa selai yang tersedia di pasaran ini cukup bervariasi, sehingga tidak begitu sulit bagi Anda untuk mengemas selai menjadi hampers yang menarik. Selai juga menjadi teman camilan roti yang cukup diminati bagi banyak orang, dari berbagai kalangan dan juga usia.

Anda bisa mengisi hampers dengan beragam rasa selai, sehingga konsumen memiliki banyak pilihan. Agar terlihat lebih menarik, Anda juga bisa mengkombinasikan berbagai ukuran kemasan selai dalam satu hampers. Tambahkan sentuhan pita berwarna-warni agar hampers terlihat lebih cantik.

10. Produk peralatan makan dan minum dari kayu

Beberapa produk peralatan makan dan minum yang terbuat dari kayu juga bisa dijadikan sebagai ide bisnis hampers yang cukup unik loh, karena rasanya masih cukup jarang ditemui di pasaran. Sehingga bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk memulai ide bisnis hampers ini.

Selain bisa digunakan sehari-hari, produk peralatan makan dan minum dari kayu ini juga bisa dijadikan sebagai pajangan di rumah. Produk hampers ini juga sangat cocok dijadikan sebagai hadiah, terutama bagi pecinta kuliner.

Demikian 10 ide bisnis hampers yang bisa Anda coba sebagai bisnis hampers kekinian. Perlu diperhatikan juga cara pengemasan yang menarik dan cantik, sehingga hampers akan terlihat lebih istimewa dan berbeda dari yang lainnya. Kira-kira, tertarik mau coba ide bisnis hampers yang mana dari ke-10 ide tersebut?

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon