Tips Memilih Apartemen untuk Investasi dan Hunian - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Tips Memilih Apartemen untuk Investasi dan Hunian

Tips Memilih Apartemen

Ketika melewati beberapa sudut ibu kota Jakarta, nampak deretan gedung-gedung menjulang tinggi. Selain gedung untuk perkantoran, di Jakarta juga sangat banyak apartemen. Bahkan kini lokasinya juga sudah menyisir pinggiran kota Jakarta. Ini artinya, pertumbuhan hunian seperti apartemen terus mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Meski bangunan apartemen di pinggiran kota Jakarta tidak semewah seperti di pusat kota, akan tetapi tetap saja laris manis diburu oleh masyarakat yang berduit. Tidak sedikit masyarakat yang lebih memilih apartemen sebagai sebuah hunian, ketimbang memilih membeli rumah. 

Tentu saja mereka memiliki alasan yang beragam, salah satunya sebagai hunian sekaligus untuk investasi properti di masa depan. Investasi apartemen merupakan investasi jangka panjang yang dapat menjaga stabilitas perekonomian.

Tips Memilih Apartemen Sebagai Hunian Sekaligus Investasi Masa Depan

Memilih dan membeli apartemen tentu bukanlah hal yang mudah. Setidaknya terdapat beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan dengan tepat, agar apartemen yang Anda beli benar-benar menguntungkan bagi Anda. Bukan malah sebaliknya, merugikan Anda dan juga finansial. 

Investasi Properti Apartemen

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tips memilih apartemen. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda terapkan sebelum membeli apartemen :

1. Lokasi apartemen

Sebenarnya tidak sulit bagi Anda untuk menilai apakah sebuah apartemen strategis atau tidak. Lokasi strategis apartemen dapat diukur dari mudahnya akses jalan, dekat dengan daerah perkantoran, kampus, rumah sakit, pusat perbelanjaan hingga dekat dengan berbagai fasilitas umum lainnya.

Pertimbangan terhadap lokasi juga memengaruhi harga jual dari apartemen tersebut. Semakin strategis apartemen, maka semakin ramai peminatnya. Maka semakin mahal pula harga jualnya. Jika Anda membeli apartemen berlokasi strategis, besar kemungkinan apartemen tersebut akan ramai, sehingga investasi akan sangat menguntungkan.

2. Kondisi lingkungan di sekitar apartemen

Setiap calon pembeli, tentu sangat mendambakan suasana dan kondisi apartemen yang aman, nyaman dan ramah lingkungan. Alasannya karena mereka ingin tinggal dan menetap di apartemen untuk waktu yang cukup lama dan tidak ingin terganggu dengan lingkungan di sekitarnya.

Maka dari tiu, Anda perlu memilih lingkungan yang dapat mendatangkan kenyamanan bagi penghuni, misalnya saja lingkungan yang jauh dari praktik premanisme, adanya ruang hijau yang dilengkapi dengan tanaman yang tumbuh di sekitar apartemen, area parkir yang luas, taman yang nyaman untuk berolahraga atau lingkungan yang aman bagi siapa saja.

3. Cari tahu reputasi pengembang (developer)

Tips memilih apartemen yang selanjutnya adalah pastikan Anda membeli apartemen hanya dari para pengembang yang terpercaya, profesional dan bertanggung jawab. Caranya bisa dengan memastikan bahwa pengembang memiliki kantor yang jelas, memiliki website yang jelas dan bisa juga melihat hasil pembangunan yang dilakukan sebelumnya.

Dengan memilih pengembang yang tepat, Anda akan lebih tenang dalam menginvestasikan apartemen, sehingga memiliki jaminan untuk menjual apartemen ketika dibutuhkan dan menaikkan nilai dari apartemen tersebut. 

4. Hitung biaya untuk pajak

Satu hal yang juga perlu Anda lakukan sebelum membeli apartemen, sebaiknya perhitungkan biaya-biaya pajak yang timbul, mulai dari biaya Pajak Pertambahan Nilai (PPN), biaya pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), biaya pengurusan Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Hak Guna Bangunan (HGB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), biaya notaris dan biaya bank (jika membeli sistem kredit) dan biaya lainnya.

Menghitung jumlah biaya yang harus dikeluarkan, tentu akan memudahkan Anda untuk menyiapkan alokasi dana terhadap biaya tersebut. Anda tidak perlu pusing lagi mencari dana untuk membayar biaya-biaya pajak tersebut. 

5. Pastikan apartemen dikelola secara profesional

Apartemen yang dikelola secara profesional dan memiliki manajemen yang baik, tentu akan membuat penghuni merasa betah dan tidak ragu lagi untuk berinvestasi. Tentu Anda tidak ingin tinggal di apartemen yang tidak mampu mengatasi berbagai keluhan dan masalah dengan baik, bukan?

Nah, agar Anda mendapatkan pengalaman hidup yang menyenangkan dan nyaman, tentu Anda harus memastikan terlebih dulu seperti apa pengelolaan apartemen tersebut. Pastikan apakah manajemen juga memiliki team yang solid untuk mengelola apartemen. Jadi, sangat penting untuk mengecek hal ini ya.

6. Memiliki lahan parkir yang memadai

Selain area parkirnya luas, pastikan lahan parkir di apartemen yang ingin Anda beli cukup memadai. Hal ini penting dilakukan mengingat area parkir akan menjadi spot penting bagi Anda untuk menyimpan kendaraan. Anda juga tidak mau kan kalau mobil Anda sampai baret karena lahan parkir yang kurang memadai.

Dengan lahan parkir yang memadai, Anda juga tidak kerepotan ketika ingin memarkirkan kendaraan. Lokasi kendaraan yang diparkir juga berdekatan dengan unit yang Anda beli. 

7. Fasilitas apartemen 

Apartemen yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, pastinya bakalan membuat Anda merasa betah dan nyaman. Apalagi Anda akan tinggal di sini dalam jangka waktu yang cukup lama. Meski Anda akan membeli apartemen dan akan disewakan lagi, pastikan calon penghuni juga merasa nyaman tinggal di apartemen tersebut.

Maka dari itu, pilihlah apartemen dengan fasilitas sosial dan umum yang lengkap. Fasilitas yang biasanya terdapat di apartemen adalah kolam renang, pusat kebugaran, restoran, minimarket, valet parking, pusat relaksasi, sarana olahraga dan kafe. 

Demikian artikel mengenai tips memilih apartemen yang bisa Anda terapkan sebelum membeli apartemen. Baik untuk ditinggali maupun disewakan lagi, tips-tips di atas cukup penting dan perlu diterapkan, karena untuk kenyamanan bersama.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon