Cari Tahu Yuk, Perbedaan Kartu Kredit VISA dan Mastercard - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Cari Tahu Yuk, Perbedaan Kartu Kredit VISA dan Mastercard

Perbedaan Kartu Kredit VISA dan Mastercard

Mungkin kamu sering melihat logo VISA atau Mastercard yang ada pada kartu kredit. Kedua logo ini pada umumnya terpampang di bagian kanan bawah. Baik VISA maupun Mastercard merupakan provider yang memungkinkan bank untuk menerbitkan kartu kredit yang berlaku di setiap merchant berlogo VISA atau Mastercard. Namun, tahukah kamu perbedaan kartu kredit Visa dan Mastercard?

Sebagai provider yang bekerja sama dengan bank, logo VISA dan Mastercard sudah hampir pasti terpampang pada kartu kredit. Meski keduanya berbeda, akan tetapi VISA dan juga Mastercard sama-sama menawarkan kemudahan dalam bertransaksi di mana saja dan kapan saja.

Selanjutnya, mari kita cari tahu apa saja perbedaan kartu kredit VISA dan Mastercard

Perbedaan VISA dan Mastercard

Mungkin saja kamu sering bertransaksi menggunakan kartu kredit. Namun, kamu sendiri justru belum mengetahui secara detail perbedaan kartu kredit berlogo VISA maupun Mastercard. Nah, tidak ada salahnya jika kamu membaca artikel ini hingga selesai ya, agar bisa menambah wawasan baru dalam dunia perbankan.

1. Perusahaan provider

Yang membedakan antara VISA dan Mastercard adalah perusahaan induk. VISA merupakan produk dari VISA International Service Association (VISA.INC) yang berlokasi di Foster City, California. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1955.

Sementara Mastercard merupakan produk dari Mastercard Worldwide yang telah berdiri sejak tahun 1966. Perusahaan ini berlokasi di Purchase, New York, USA dan merupakan saingan dari VISA. Keduanya merupakan provider kartu kredit terbesar di dunia.

2. Popularitas dan Jangkauan

Perbedaan VISA dan Mastercard selanjutnya adalah jangkauannya. Kartu kredit VISA dan Mastercard berlaku di merchant yang telah bekerja sama dengan provider tersebut. Misalnya saja, kamu belanja di toko baju yang bekerja sama dengan Mastercard, maka jenis kartu kredit yang bisa digunakan adalah berlogo Mastercard, sementara kartu kredit berlogo VISA jtidak bisa digunakan.

Pada umumnya, Mastercard lebih banyak digunakan negara-negara di Amerika dan Eropa. Sementara VISA lebih banyak digunakan di negara-negara Asia. Hal ini juga dipengaruhi oleh jumlah merchant yang bekerja sama dengan provider tersebut.

3. Perlindungan nasabah

Baik VISA maupun Mastercard sama-sama memberikan perlindungan kepada nasabahnya. Apalagi penggunaan kartu kredit sangatlah tinggi risikonya. Maka dari itu keduanya menawarkan jenis proteksi yang cukup mirip. VISA menawarkan pengamanan berupa kode PIN statis atau OTP (One Time Password) ke dalam jendela verified by VISA.

Bagi pengguna Mastercard, nasabah perlu memasukkan kode tambahan (SecureCode) ketika ingin bertransaksi secara online. Sistemnya mirip seperti OTP yang pada umumnya dikirimkan melalui SMS.

4. Biaya transaksi

Jika kamu bertransaksi dengan kartu kredit berlogo VISA di luar negeri, ada tambahan biaya sebesar 1 persen yang harus dibayarkan dari total transaksi. Sementara pengguna Mastercard memiliki biaya yang berbeda-beda tergantung dari merchant, berkisar antara 0,2 hingga 1 persen.

Demikian informasi mengenai perbedaan kartu kredit VISA dan Mastercard. Masing-masing memang memiliki keuntungan dan fasilitas yang beragam. Dengan mengetahui perbedaannya, bisa membantu kamu untuk menentukan yang sesuai dengan kebutuhanmu sebelum membuat kartu kredit.

Jika kamu sudah apply kartu kredit, gunakan dengan bijak ya. Hindari penggunaan yang tidak penting atau cenderung mengarah konsumtif, karena hanya akan merugikan diri sendiri. 

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

36 komentar

  1. Setuju sekali dengan penggunaan kartu kredit yang harus sangat bijak.
    Beli sesuai kebutuhan, bukan hanya keinginan. Kalau hanya membeli berdasar keinginan semata, takutnya akan menjadi besar pasak dari pada tiang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas harus bijak biar nggak keteteran punya kartu kredit. Pengeluaran terkontrol dengan baik

      Hapus
  2. Saya baru tahu perbedaan kartu kredit Visa dan Kartu Kredit Mastercard, Mas. Kebetulan saya belum punya kartu kredit hehehe. Ternyata beda penerbitnya ya, Mas.
    Dan info dari Mas Hendra bermanfaat sekali. Setidaknya saya sudah paham perbedaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya Mas Bambang sudah berkunjung ke blog ini. Semoga bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan

      Hapus
  3. Nah jadi paham akunya
    Kukira sama aja plek ketiplek
    Ternyata tetap ada perbedaannya
    Habis gini berharap bisa keluar negeri jadi bisa aplikasikan untuk cari tahu kenyamanannya langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda dong, masa sama aja. Beda perusahaan. Beda kebijakan dan beda segala-galanya.

      Hapus
  4. Wah saya gak punya CC nih, ternyata kartu kredit yg VISA beda ya ama Mastercard. Tapi sama2 bisa digunakan di luar negeri kan? Jadi kalau traveling aman, gak ribet kudu nukar uang dulu ke mata uang di negara tersebut.
    Kalau black card CC bagusnya yg mana y? Ituu yg kayak punya mamanya Nagita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pada dasanya bisa digunakan di mana saja, termasuk di luar negeri sekalipun. Yang penting merchantnya sediain VISA dan atau Mastercard, biar bisa transaksi. Bagusnya yang saldonya unlimited alias tidak terbatas, hehehe...

      Hapus
  5. Ternyata rasa penasaranku dari lama antara bedanya visa dan mastercard sudah teratasi hehe.. thanks infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you suhu sudah berkunjung dan komen di artikel ini

      Hapus
  6. Lumayan juga ya biaya transaksinya jika di luar negeri. Jatuhnya malah harga barang makin mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mungkin saja setiap transaksi memang seperti itu dan tergantung dari harganya juga dan negaranya juga

      Hapus
  7. Wah iya sih baru tahu kalau VISA ini kebanyakan berlaku di negara Asia sementara mastercard di Amerika dan Eropa, Kak. Baru kemarin ngrasakan juga manfaat kartu bertanda visa pas umroh, Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu sudah pernah merasakan manfaatnya ya. Selamat ya

      Hapus
  8. aku paham dikit2 keduanya sih.. tapi yang penting akupun pakai keduanya hehe soalnya beda bank penyedia ya, jadi ya udah sekalian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih mantap kali Bunda. Memang sih masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Nothing is perfect in this world

      Hapus
  9. Visa dan Mastercard ini ya.. dari dulu menjadi provider andalan dunia dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan kita, biasanya memiliki salah satunya juga, bahkan dua-duanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung permintaan customer juga sih, mau pakai yang VISA atau Mastercard. Atau bisa juga minta kedua-duanya sama bank penerbit

      Hapus
  10. Pantas ya acap kali daku melihat kartu Visa ini baik di kartu kredit maupun kartu debit, ternyata memang pangsa pasarnya untuk Asia.
    Walaupun ada perbedaan yang cukup signifikan, tentunya dalam penggunaan bisa disesuaikan apa yang menjadi kebutuhan

    BalasHapus
  11. noted. karena aku pakai mastercard, kadang bingung duluuu apa sih bedanya emang, ternyata charging ketika bayar pun juga beda yah kak.. wah makasiih banget ini edukatif banget infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga sudah berkunjung dan komen di artikel saya ya Mba Jihan

      Hapus
  12. Dulu buat kartu atm mesti pilih yg ada logo visa atau mastercard nya, soalnya buat kebutuhan belajar fd ads. Kelebihan keduanya bisa untuk transaksi di luar negeri ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantap nih. Iya betul, VISA dan Mastercard juga tersedia untuk debit

      Hapus
  13. Aku baru tahu perbedaan VISA dan Mastercard, soalnya aku belum punya kartu kredit sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan ya Mba Witri

      Hapus
  14. Memiliki kartu kredit ini banyak kegunaannya.
    Namun tetap harus ada catatan untuk selalu bijak dalam mengelola keuangan. Dan melalui artikel ini, aku jadi tau mengenai CC Visa dan Mastercard.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski banyak fungsi dan manfaatnya, tetap harus bijak dong ya. Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  15. saya kira visa dan mastercard itu sama, ternyata beda ya. terus saya kira juga yang mengeluarkan bank lokal, eh bukan ya? hehehe. jadi tahu sekarang. btw saya belum ngeh nih kak, fungsi visa dan mastercard ini apa ya? legalitas kredit kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan dong, yang ngeluarin ya company di Amerika sana. Fungsinya sebagai provider alat pembayaran di seluruh dunia.

      Hapus
  16. Pengetahuan baru nih. Baru tahu saya kalau mastercard sama visa itu bedanya banyak. Kirain sama aja. Thanks infonya Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda Mba, meski fungsinya sama sebagai provider kartu kredit

      Hapus
  17. Selama ini beneran gak tahu PISA dan Mastercard itu apaan, oh ternyata kartu kredit ya. Saya belum pernah pake kartu kredit juga soalnya. Baca penjelasan di atas baru ngeh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menara kali ah, PISA. VISA kali Mba, hehehe... Semoga bermanfaat ya

      Hapus
  18. CC VISA belum tentu juga bisa diterima jadi alat pembayaran di LN yaa, tergantung kebijakan banget tuh, klo mau ke LN mesti perhatiin banget alat2 pembayaran yg diterima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya semua tergantung merchantnya Mba, apakah nerima VISA atau tidak. Kalau terima, ya berarti harusnya bisa. Yang penting ada saldonya, hehehe

      Hapus


EmoticonEmoticon