Pilih Mana, Beli Rumah atau Sewa Dulu? Simak Penjelasannya! - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Pilih Mana, Beli Rumah atau Sewa Dulu? Simak Penjelasannya!

Alasan Mengapa Memilih Sewa Rumah

Keputusan untuk membeli rumah memang berbeda-beda. Ada yang tertarik untuk langsung membeli rumah, baik dengan cara cash atau mengajukan KPR. Lalu ada juga yang memilih untuk sewa rumah saja dulu, baru nanti beli rumah.

Kalau kamu dihadapkan pada pilihan ini, mungkin kamu akan sedikit ragu untuk memilih. Setiap keputusan memang ada risikonya. Namun kalau masih bingung juga, coba simak selengkapnya di artikel kali ini ya guys! 

Mengapa Memilih Sewa Rumah? Ini Alasannya!

Seperti dikutip dari website detik.com, seorang konsultan KPR, Andry Harianja mengungkapkan jika dirinya cenderung untuk memilih sewa rumah hingga masa pensiun kerja.

Apa alasannya? Pasti beliau punya alasan yang kuat untuk menjelaskannya.

Dengan menyewa rumah, kamu tetap bisa fokus untuk menjalani bisnis atau bekerja. Uang hasil usaha atau uang gaji, bisa kamu "putar", mungkin saja untuk mengembangkan bisnis sampingan kamu.

"Enggak masalah (sewa rumah dulu), karena kita fokus mengembangkan/memutar uang. Lebih bagus kita punya banyak uang, tapi rumahnya sewa, daripada punya rumah, tapi uangnya enggak ada," beber Andry dalam sebuah acara bernama d'Mentor detikcom, Kamis (22/12/2022).

Ada benarnya juga sih. Misalnya kamu putar uangmu untuk investasi atau bisnis sampingan, keuanganmu bakalan lebih stabil, meski rumah masih status sewa. Bukan tidak mungkin, uang hasil bisnis bisa untuk membeli rumah 🏠.

"Malah kalau kita punya bisnis lancar, kita bisa sewa gratis, kenapa? Karena bisnis kita yang biayain tempat tinggal kita, artinya penghasilan utama kita enggak terganggu," ujarnya.

Satu alasan lainnya mengapa memilih sewa rumah, kamu tidak akan terpaku hanya pada satu lokasi saja hingga usia tua nanti. Kalau kamu pilih beli rumah menjelang usia pensiun, bisa dibilang ini adalah keputusan yang baik.

Andry menjelaskan, "Justru saya lebih senang membeli rumah menjelang usia pensiun, kenapa? Karena risiko pindah biasanya akan berkurang. Hal ini disebabkan kita telah setia di satu tempat udah mau pensiun dengan tabungan besar, daripada kita beli rumah, ujung-ujungnya dijual, lalu pindah ke kampung."

Konklusi

Kalau kamu mau beli rumah secara cash, tentu kamu harus menabung terlebih dulu hingga uangnya terkumpul. Cara ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi harga rumah akan terus naik setiap tahunnya.

Kalau kamu mau beli rumah dengan mengajukan KPR, maka kamu wajib membayar angsuran setiap bulannya. Artinya kamu harus menyisihkan sebagian uang gaji untuk mencicil hingga lunas.

Kalau kamu pilih sewa rumah terlebih dulu, kamu bisa berbisnis atau berinvestasi sambil menyewa rumah. Kamu bebas memutar uang untuk mengembangkan bisnis sampingan.

Kalau kamu pilih mana, mau langsung beli rumah atau sewa rumah dulu?

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon