5 Manfaat Dahsyat Menabung Sejak Dini - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

5 Manfaat Dahsyat Menabung Sejak Dini

Manfaat Menabung Sejak Usia Dini
Image : pixabay.com/andibreit

Kebiasaan menabung sejak usia dini, ternyata memberikan banyak manfaatnya loh. Manfaat menabung sejak dini tidak hanya bermanfaat untuk jangka pendek saja, melainkan untuk jangka panjang, bahkan hingga kita sudah dewasa dan memiliki anak. Rajin menabung sejak kecil, akan memudahkan kita dalam mengelola uang sendiri.

Orang tua kita sudah sering kali memberikan nasihat untuk menyisihkan sebagian uang jajan, agar kita punya tabungan untuk menghadapi masa depan. Meski jumlah uang yang kita sisihkan nilainya kecil, akan tetapi jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin dan konsisten, maka jumlahnya akan menjadi besar. Nasihat orang tua tentang menabung ini memang perlu diterapkan secara intens.

Apa saja Manfaat Menabung?

Sebenarnya manfaat dari menabung itu cukup bervariasi dan setiap orang bisa saja memiliki tujuan yang berbeda. Nah akubisnis.com di sini ingin berbagi manfaat secara umum dan paling dahsyat yang bisa kita rasakan saat kita disiplin menabung sejak kecil.

1. Bisa menghargai uang dengan lebih baik

Manfaat Menabung Sejak Usia Dini
Image : pixabay.com/olichel

Mulai dari kecil, sebaiknya pahami bahwa konsep dari menabung adalah menyimpan uang untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang. Selain itu juga pahami bahwa uang didapat dengan cara tidak mudah dan harus melalui kerja keras. Dengan demikian kita bisa lebih menghargai uang dan tidak lagi menghamburkannya untuk sesuatu yang tidak bermanfaat.

2. Menumbuhkan sikap lebih mandiri

Manfaat Menabung Sejak Usia Dini
Image : pixabay.com

Manfaat menabung sejak dini yang selanjutnya adalah mampu menumbuhkan sikap yang lebih mandiri dalam mengelola keuangan, terutama saat kita mulai beranjak dewasa. Kita juga cenderung akan memiliki rasa tanggung jawab yang kuat, ketika kita menyadari bahwa uang didapat melalui usaha dan kerja keras. Karena rasa tanggung jawab tersebut, muncul sikap untuk tidak membebani orangtua kita terus menerus secara finansial.

3. Lebih disiplin secara finansial

Manfaat Menabung Sejak Usia Dini
Image : pixabay.com/mohamed_hassan

Saat kita memiliki sikap yang baik untuk bisa menghargai uang, biasanya kita cenderung akan memiliki kedisiplinan yang tinggi untuk urusan finansial. Kita juga jadi enggan untuk membeli sesuatu yang dianggap kurang atau tidak penting. Selain itu, kita juga jadi terbiasa mendahulukan kebutuhan daripada keinginan.

4. Lebih rajin mencatat arus kas

Manfaat Menabung Sejak Usia Dini
Image : pixabay.com/stevepb

Manfaat selanjutnya adalah kita jadi lebih rajin mencatat setiap pemasukan maupun pengeluaran. Kebiasaan menabung, membuat kita jadi lebih dispilin dalam menjalankan kebiasaan mencatat arus kas. Kita juga jadi tahu ke mana saja dan untuk apa uang tersebut digunakan.

5. Punya dana cadangan

Manfaat Menabung Sejak Usia Dini
Image : pixabay.com/nattanan23

Menabung sejak kecil selama bertahun-tahun, lalu kita buka tabungan tersebut saat kita beranjak dewasa, maka jumlah uangnya cukup banyak bukan? Uang yang kita tabung tersebut bisa berfungsi sebagai dana darurat maupun dana cadangan di saat kita membutuhkan sesuatu. Dengan demikian, kita tidak selalu tergantung kepada orang tua.

Pada praktiknya, untuk menumbuhkan kebiasaan menabung tidaklah mudah. Karena kondisi finansial setiap orang berbeda. Apalagi bagi generasi sandwich yang harus membiayai orang tua dan juga keluarga kecilnya.

Namun sekali lagi, menabung bukan hanya soal besar kecil nominal saja, melainkan kedisplinan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan mengenai manfaat menabung sejak usia dini. Siapapun bisa melakukannya. Menabung juga tidak harus dengan nominal yang besar. Meski nominalnya kecil, yang penting adalah rutin dan konsisten.

Previous
Next Post »

56 komentar

  1. lebih aware dengan keadaan, semua sudah dipikirkan matang-matang baik jangka pendek maupun jangka panjangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mas Frans. Makasih atas kunjungannya

      Hapus
  2. Ini kebiasaan yang tdk diajarkan di sekolah ya. Meski dulu cuma dikasih tahu menabung pangkal kaya. Tapi prakteknya ga dilakukan.

    Perlu ditambahkan lagi sih utk harus melek investasi. Soalnya kalo menabung saja tdk akan cukup utk bekal masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sebaiknya ditambahkan dengan investasi, tapi untuk investasi sendiri, saya sudah membahasnya di lain artikel mas. Mungkin bisa dicek ke artikel lainnya.

      Hapus
  3. Sedikit sedikit lama-lama menjadi bukit. Setuju dengan nasihat ini. Nasihat lama yang sudah kudengar sejak kecil. Memang kalau ditelateni, menabung itu banyak manfaatnya kok. Terutama untuk kejadian tak terduga seperti masa pandemi begini. Kebayang kalau sampai tak punya tabungan, entah jadi apa dan bagaimana melewatinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mba Mon. Perlu sekali untuk menabung, agar bisa menjaga kondisi finansial sewaktu-waktu tidak menentu, contohnya ya kayak saat ini sedang pandemi, hampir semua orang terkena dampaknya, kecuali konglomerat kelas kakap, mungkin hanya terasa kecil bagi mereka.

      Hapus
  4. Setuju banget bahwa menabung itu bukan soal nominal, tapi kedisiplinan. Kalau rajin dari sedikit lama-lama jadi bukit. Aku dulu jarang nabung karena uangnya pas-pasan. Sekarang berusaha lebih rajin. Nanti kalau ada anak, mau ngajarin dia nabung sejak dini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Jiah, kalau menabung nominalnya besar, tapi nggak rutin, ya kurang afdol juga. Yang terpenting kan konsisten dan disiplin.

      Hapus
  5. Menabung itu memang penting banget. Membuat kita lebih bijak dalam membelanjakan uang serta sebagai ajang untuk lebih sabar dalam menginginkan sesuatu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat penting! Bahkan menjadi salah satu solusi untuk rencana keuangan masa depan.

      Hapus
  6. Anakq juga udah aq ajari menabung sejak kecil kak, mulai dari celengan koin aja dulu trus pindah menabung uang kertas. Kalo dibiasakan anak bakal terbiasa menyisihkan uangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip, motivasi sekali kisahnya Mba. Patut ditiru nih semangatnya.

      Hapus
  7. benar juga yaa Kak semua poinnya, apalagi yang terakhir tuh ya, kalau dari kecil menabung terus nanti besar baru tabungannya dibuka wwahh bisa jadi dana cadangan dong ya.. bisa jadi buat bayar sekolah sendiri bisa tuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar Mba Diah, kalau nggak benar, nggak bakalan saya ulas di sini, hehehe. Terima kasih ya atas kunjungannya.

      Hapus
  8. Aku dari kecil diajari menabung sih kak, tapi ketika mulai dewasa, makin males huhu. Nabung sih nabung, tapi cepet juga diambil lagi duitnya mwkwkwk. Kapan jadi bukit? Ah, kayaknya emang kudu disiplin sih yang dikuatin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan jadi bukit berbunga, wkwkwkw... Kuncinya memang kudu wajib disiplinn dan komitmen.

      Hapus
  9. Sebenarnya dr di sekolah sudah rajin menabubg di guru. Eh beranjak dewasa sy malah susah lg untuk menabung. Memang harus terus dibiasakan ya dr kecil. Karena efek dr menabung itu berguna bgt buat masa depan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kuncinya harus disiplin dan komitmen. Dah dua itu aja dulu, selebihnya bisa dipratekin langsung. Menabung bagus banget buat masa depan. Seriusan deh.

      Hapus
  10. Sebisa mungkin aku jg ngajarin anak untuk nabung meskipun ujung2nya dia lupaa terus haha. Maklum yaa masih 3 tahunan. Masih harus banyak belajar jg nih ibunya soal ngajarin anak nabung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gpp Mba, kalo terus dilatih, pasti lama-lama akan terbiasa dan nggak lupa. Apalagi baru usia 3 tahun, semakin bagus untuk dilatih menabung.

      Hapus
  11. Kebiasaan menabung lama2 akan membentuk habit anak untuk bijak dalam mengeluarkan uang. Mikir berkali-kali kalau mau jajan atau beli mainan. Biasanya aku ajak berdiskusi apakah benar-benar butuh atau hanya ingin sesaat. Setelah mampu memutuskan, si anak biasanya memilih untuk menyimpannya. Bahkan sekarang sudah mulai minta dipindah tabungannya, dari celengan menuju tabungan di bank. Semoga istiqomah sampai besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini baru keren sekali langkah yang dilakukan Mba Marita. Inspiratif sekali.

      Hapus
  12. Dulu aku udah nabung sih sejak kecil. Cuma sayangnya pasti dipakai pas ada keinginan. Padahal harusnya belajar diinvestasikan ya dikit demi dikit. Skrg aku udah nyiapin celengan jg buat anak. Jadi kita punya jadwal hari nabung gitu. Excited bgt ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya selain menabung, kita juga wajib menyisihkan sebagian uang kita untuk memenuhi kebutuhan lainnya, jadi ngga akan mengganggu isi celengan/tabungan.

      Hapus
  13. Setuju nih menabung itu emang harusnya sejak dini dan dilakukan secara terus menerus. Biarpun nominalnya sedikit yang penting menabung terus, tapi lama kelamaan bakal jadi banyak ya ya tabungannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya memang sedikit nominalnya. Namun kalo bisa sih ditingkatkan terus secara bertahap nominalnya, biar semakin banyak isi celengannya.

      Hapus
  14. Wah setuju sekali, sangat banyak manfaat dari menabung sejak dini. Belum lagi kalau dispesifikan tabungannya misal untuk biaya pedidikan atau keperluan lainnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat banyak sekali manfaat dari menabung ini.

      Hapus
  15. saya untuk menabung di masa tua nanti tidak perlu minta sama anak agar bisa hidup dari hasil menabung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly! Keren nih, saya juga maunya gitu, biar tetap mandiri saat udah masuk usia tua nanti.

      Hapus
  16. aku setuju kak
    menabung adalah kebiasaan baik yang memang harus dilatih sejak dini
    aku sendiri sudah membiasakan anak anakku menabung sejak mereka masuk PAUD, umur 3 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow patut diapresiasi nih langkah yang telah dilakukan Mba Dee ini. Keren!

      Hapus
  17. Daku setuju kak dengan menabung jadi menghargai uang. Sehingga gak semena-mena menghamburkannya begitu aja. Secara gitu, nabung kan gak gampang alias puasa buat gak belanja hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya godaan besar saat menabung biasanya sangat banyak. Namun sifat disiplin inilah yang akan menjadi bentengnya.

      Hapus
  18. Menabung sejak usia dini semakin sering digaungkan ya. Bagus nih. Aku jadi ingat ada teman yang buka pelatihan untuk literasi keuangan bagi anak-anak. Dan itu dikemas sangat menarik.
    Sehingga anak-anak bisa memahami tentang menabung dan sejenisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah idenya kreatif sekali dan bagus banget untuk meningkatkan motivasi menabung kepada anak-anak.

      Hapus
  19. Jaman dulu memang diajarin buat nabung di sekolah ya. Masih inget deh saya, buku tabungannya warna pink dan hijau :))

    BalasHapus
  20. menurutku manfaatnya itu soal kebiasaan baik, kak. kebiasaan ini an nggak bisa ujug2 terjadi saat dewasa, ya..harus dikenalkan sejak kecil gitu, dibentuk, dan dilakukan secara terus menerus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biar terbiasa menabung dan lebih menghargai uang.

      Hapus
  21. Sepakat. Menabung bukan seberapa besar namun seberapa disiplin sepanjang menjalaninya.

    Seperti sedikit sedikit lama lama menjadi bukit ya, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaa, bisa dibilang gitu sih, tapi kalo bisa sih nominalnya juga ikut meningkat, biar celengannya membengkak, ehheheh.

      Hapus
  22. memang menabung sedari dini adalah hal yang wajib diajarkan. Supaya ga kaget ketika ada uang banyak dan ketika uang ga banyak juga tetap digunakan dgn baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah jadi lebih bijak untuk menggunakan uang ya Mba.

      Hapus
  23. Betul sekali
    Makanya saya ajak anak untuk mulai menghargai uang dengan baik
    Tidak asal jajan
    Pastinya kalau ada uang sebagian harus masuk celengan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren nih Mba Rahmah, sudah membiasakan menabung sejak dini untuk anak-anaknya.

      Hapus
  24. Setuju banget Kak, semuanya penting ya poin di atas. Kadang masih yang gatel mau make tabungan hehehe ... harus mawas diri nih diingetin begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar sih kalau pengen banget ngutak ngatik isi celengan, hehehe. Itulah fungsinya belajar disiplin, biar kuat menghadapi godaan tersebut.

      Hapus
  25. Pas baca ini, iya juga ya manfaat menabung sejak dini itu banyak sekali, dan yang paling saya soroti dari 5 poin di artikel ini adalah lebih disiplin secara finansial dan terbiasa mencatat pengeluaran serta pemasukkan. nice

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang karena banyak manfaatnya, saya bagikan melalui artikel ini, hehehe. Berhubung sudah terbiasa disiplin menabung, maka biasanya jadi lebih mencatat arus kas keluar dan kas masuk.

      Hapus
  26. setuju banget, menabung itu bukan masalah nominal tapi ke-istiqomahan- nah ini yang agak berat, gampang memulainya tapi berat untuk disiplin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang namanya proses belajar itu kan pelan-pelan ya, nggak bisa sekaligus dan dipaksakan, termasuk disiplin dalam menabung. Jadi harus mulai dari yang kecil dulu perlahan, nanti lama-lama juga akan terbiasa.

      Hapus
  27. Manfaat menabung tuh emang banyak banget ya maaaas. Buat anak anak bener bener harusndidisiplinkan menabung sejak kecil yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget manfaatnya, makanya sejak kita kecil, sudah dibiasakan belajar menabung.

      Hapus
  28. manfaat terbesar adalah kita bisa menghargai uang dan menjaganya dengan baik
    pastikan juga, kalau belajar menabung, maka kita harus belajar membelanjakannya dengan baik juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kak Ros, meski hanya sebuah recehan, kalau kita kumpulin, pasti lama-lama jadi banyak juga. Sehingga kita bisa sangat menghargai uang recehan tersebut.

      Hapus


EmoticonEmoticon