Cara dan Pengalaman Membuka Rekening BRI Lewat Aplikasi BRImo - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Cara dan Pengalaman Membuka Rekening BRI Lewat Aplikasi BRImo

Cara Membuka Rekening BRI Lewat Aplikasi BRImo

Ada yang masih bingung gimana cara membuka dan membuat rekening BRI lewat aplikasi BRImo? Banyak orang yang tidak mau ribet ketika ingin buka rekening BRI di aplikasi BRImo. Padahal caranya cukup mudah. Asalkan semua persyaratan serta data yang diminta lengkap dan valid.

Melalui artikel ini, saya ingin berbagi pengalaman membuat rekening BRI baru lewat aplikasi BRImo. 

Bagi kamu yang ingin tahu langkah-langkahnya, yuk simak selengkapnya di sini ya : 

Tutorial Cara Membuat Rekening BRI Baru Lewat Aplikasi BRImo

Sebelum kamu mulai proses registrasi, pastikan kamu sudah mengunduh terlebih dulu aplikasi BRImo. Lalu persiapkan KTP, nomor hape yang aktif, email aktif serta biodata diri ya. Pastikan juga koneksi internet lancar dan stabil!

1. Persiapkan akun BRImo

Kalau kamu baru pertama kali install aplikasi BRImo dan belum pernah buat akun di sana sama sekali, maka pilih "Belum Punya Akun BRImo" untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Buka Rekening BRI Lewat Aplikasi BRImo

Lalu akan muncul notifikasi apakah kamu sudah punya rekening BRI yang sedang aktif? Kalau belum punya, ya pilih "Belum Punya", karena bisa saja orang sudah punya rekening BRI, tapi belum install aplikasi BRImo. 

2. Pilih jenis tabungan

Tahapan buka rekening BRI selanjutnya adalah persiapkan KTP, email aktif dan nomor hape aktif. Setelah itu kamu diminta untuk memilih jenis tabungan. Ada dua jenis tabungan yang tersedia, yaitu Simpedes dan BritAma. Pilih tabungan yang sesuai dengan kebutuhan saja.

Buat Tabungan BRI di Aplikasi BRImo

Tabungan Simpedes dengan biaya admin yang lebih kecil dan minimal saldonya juga lebih kecil daripada tabungan BritAma. Biaya admin BritAma sebesar 12 ribu dengan saldo minimal 50 ribu.

Sampai tahapan ini, ada baiknya kamu baca terlebih dulu syarat dan ketentuan detail tabungan biar lebih jelas ya.

3. Tentukan kantor cabang pembantu (KCP) untuk mengambil buku tabungan dan juga kartu ATM

Kamu diminta untuk memilih kantor cabang pembantu BRI untuk mengambil buku tabungan dan kartu ATM. Selama proses pembuatan rekening BRI lewat aplikasi BRImo, kamu tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang.

Buka Tabungan BRI Baru di Aplikasi BRImo

Biar lebih praktis, pilih kantor cabang yang lokasinya dekat dari rumah. Buku tabungan untuk keperluan cetak rekening koran di cabang BRI. Sementara kartu ATM untuk tarik tunai, meski sebenarnya bisa juga tarik tunai lewat aplikasi BRImo 😊.

4. Persiapkan foto KTP

Tahap berikutnya kamu siapkan KTP asli ya. Jangan fotokopian. Ikuti langkah-langkah yang diminta. Pastikan juga hasil foto tidak buram. Kamu tidak perlu foto selfie memegang KTP. Cukup foto KTPnya saja seperti ditunjukkan gambar di bawah ini. 

Buka Rekening BritAma di Aplikasi BRImo

5. Mengisi data dan verifikasi nomor hape

Proses buka rekening BRI berikutnya adalah mengisi data diri, seperti nama lengkap, tanggal lahir, nomor hape, email aktif dan nama ibu kandung. Lalu klik "Lanjutkan".

Mengapa harus nama ibu kandung, bukan ayah kandung? Baca penjelasannya di sini ya guys : Mengapa Bank Menggunakan "Nama Ibu Kandung" untuk Keamanan?? Ini Faktanya!

Pengalaman Membuat Tabungan BritAma di BRImo

Lalu, proses verifikasi nomor hape. Kode OTP akan dikirimkan lewat WhatsApp. Atau kalau belum punya WhatsApp, kode OTP akan dikirim lewat SMS. Pastikan sinyal dan koneksi internet bagus.

6. Verifikasi email

Selanjutnya kamu diminta untuk verifikasi email yang telah didaftarkan sebelumnya. Langsung cek ke kotak masuk email ya. Nanti akan ada link yang dikirim ke email tersebut. Kamu klik link-nya untuk melanjutkan proses registrasi.

Tabungan BritAma

Setelah berhasil, akan ada email masuk yang menginformasikan kalau proses verifikasi email telah berhasil. 

7. Verifikasi wajah

Lalu Kamu diminta untuk verifikasi wajah. Jadi, siapkan wajah kamu yang asli yaa 😀. Kalau kamu bermuka dua, sebaiknya pilih wajah yang aslinya saja. Wajah palsunya disingkirkan dulu, hehehe...

Buat Tabungan BritAma di Aplikasi BRImo

Sambil video selfie, kamu diminta untuk mengucapkan kata-kata yang telah disediakan (lihat gambar di bawah ini). Pastikan video tidak buram dan koneksi internet lancar dan stabil.

8. Mengisi data pribadi (lagi)

Setelah verifikasi wajah berhasil, selanjutnya kamu diminta untuk mengisi data pribadi, seperti tempat lahir, jenis kelamin, agama, pendidikan dan status perkawinan. Lalu klik "Lanjutkan".

Cara Membuat Tabungan BRI Baru

Sebenarnya ada lagi data diri berupa alamat KTP dan domisili yang perlu diisikan, tetapi saya lupa screenshot. Makanya tidak bisa saya tampilkan di artikel ini. Namun kurang lebih isinya cuma data diri saja sih.

9. Mengisi data pribadi keuangan dan pekerjaan

Kamu diminta untuk mengisi data keuangan secara jujur, mulai dari sumber pendapatan, pendapatan bulanan, transaksi normal harian dan tujuan pembukaan rekening. Saya sendiri pilih tabungan.

Pengalaman Membuka Rekening BRI Lewat Aplikasi

Selanjutnya mengisi data pekerjaan, mulai dari nama institusi, jenis pekerjaan, jabatan dan detail alamat pekerjaan.

10. Konfirmasi data isian

Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, kamu diminta untuk memastikan bahwa seluruh data pribadi telah diisi dengan benar. Maka dari itu, periksa sekali lagi apakah ada yang kurang atau tidak.

Cara Membuat Tabungan BRI

Cara Membuat Tabungan BritAma di Aplikasi

Kamu masih bisa mengedit data-data yang telah diisikan tadi. Kalau sudah yakin benar, pilih "Lanjutkan" untuk proses selanjutnya. 

11. Baca syarat dan ketentuan secara detail

Ada baiknya kamu baca terlebih dulu seluruh persyaratan dan ketentuan secara detail mengenai akun BRImo dan juga sebagai nasabah bank BRI.

Buat Rekening BritAma Baru di Aplikasi BRImo

Setelah selesai, pilih "Lanjutkan". Sampai di sini, proses pembuatan rekening BRI sudah selesai. Namun, kamu masih perlu membuat akun BRImo terlebih dulu. Pilih "Lanjutkan Buat Akun BRImo".

12. Buat username dan password

Tahapan buka rekening BRI lewat aplikasi BRImo berikutnya adalah membuat akun BRImo. Untuk alasan keamanan, pastikan terlebih dulu kamu buat username dan password untuk proses login ke aplikasi BRImo.

Tabungan BritAma Baru di Aplikasi BRImo

Lalu pilih "Lanjutkan" untuk mendapatkan kode OTP yang nantinya akan dikirimkan lewat SMS atau email. 

13. Proses pembukaan tabungan BRI telah selesai

Yeaaaayy, akhirnya selesai juga proses pembukaan rekening BritAma lewat aplikasi BRImo. Pilih "Lanjutkan" untuk tahap akhir. Sampai di sini kamu sudah punya rekening BRI baru dan sudah bisa mulai menjelajahi semua fitur di aplikasi BRImo.

Tutorial Membuat Tabungan BritAma

Selanjutnya kamu perlu segera isi saldo minimal 100 ribu dalam waktu 14 hari, agar rekening tetap aktif.

Beberapa Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Selama Proses Pembukaan tabungan BritAma

Agar proses pembuatan rekening BRI berjalan lancar, sebaiknya kamu perhatikan hal-hal berikut ini :

  • Pastikan KTP valid
  • Pastikan data pribadi lengkap dan valid
  • Pastikan sinyal serta koneksi internet lancar dan stabil
  • Pilihlah cabang terdekat untuk mengambil buku tabungan dan kartu ATM
  • Segera isi saldo minimal 100 ribu dalam waktu 14 hari, agar tabungan tetap aktif
  • Atur waktu terbaik untuk proses pembuatan rekening BRI lewat aplikasi BRImo, agar tidak terganggu

Proses membuat rekening BRI lewat aplikasi BRImo sekitar 40-50 menit saja. Bisa saja kurang dari itu, tergantung dari sinyal dan koneksi internet. Pastikan kamu fokus mengisi data sampai benar-benar selesai semuanya.

Konklusi

Zaman serba digital seperti sekarang ini, membuka tabungan BritAma jadi lebih mudah dan cepat lewat aplikasi BRImo. Tidak perlu repot-repot datang dan mengantri ke kantor cabang terdekat.

Hal ini disebabkan BRI telah bertransformasi menuju digitalisasi masyarakat Indonesia, sehingga memudahkan masyarakat untuk mengakses perbankan cukup lewat ponsel saja.

Nah demikian pengalaman saya membuat rekening baru BRI lewat aplikasi BRImo. Overall caranya mudah dan prosesnya cepat. Asalkan semua data yang diminta lengkap dan valid, serta sinyal dan koneksi internet lancar dan stabil.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

11 komentar

  1. Alhamdulillah Sekarang membuka rekening tabungan semakin dipermudah ya Mas. Tidak perlu antre lama dan bisa dilakukan di rumah.

    BalasHapus
  2. Lewat cara online alias by aplikasi aja bikin praktis nih
    Jadinya gak lama antre di bagian CS.
    Udah gitu tinggal ambil aja kartu ATM dan fisiknya, lebih hemat waktu ya

    BalasHapus
  3. Ternyata gampang sekali ya kak cara membuka rekening BRI lewat aplikasi Brimo. Aku jg dulu bikin rekening BRI dari Brimo. Praktis dan cepat.

    Asyiknya aku ga perlu ATN krn ama tellernya disarankan ga masalah ga pake ATm krn bisa ambil dan setor uang via aplikasi Brimo. Mantaaap.

    BalasHapus
  4. Praktis banget ya bikim rekening BRI tapi gak usah secara manual/datang langsung ke bank. Cukup pakai aplikasi Brimo dan semua beress.

    BalasHapus
  5. Wuaaaa kalau BRImo bisa bantu buka rekening tabungan baru, jadinya nggak harus ngantre lama di KCP sih ya. Ke KCP tinggal datang untuk ambil buku tabungan dan ATM. Bikin urusan buka rekening BRI jadi sat set deh.

    BalasHapus
  6. Wah praktis ya lewat Brimo. Ibuku juga punya Brimo, cuma saat itu belum bisa buka rekening, jadi harus tetap ke cabang BRI terdekat

    BalasHapus
  7. Sekarang pengalaman perbankan makin mudah ya
    Contohnya ya kemudahan membuka rekening BRI lewat brimo ini ya

    BalasHapus
  8. Wah lengkap sekali mbak. Makasih banyak. Aku biasanya menyerahkan soal beginian ke petugas BRI nya. Pusing soalnya. Hehe. Jadi minta tolong orang lain

    BalasHapus
  9. Wah, mantap nih kemudahan buka tabungan BritAma lewat aplikasi BRImo! Hemat waktu dan tenaga banget ya. Semakin memudahkan aja BRI dengan transformasi digitalnya.

    BalasHapus
  10. Aku juga nasabah BRI dan sudah instal apps BRImo.
    Aku salut sama BRI yang kini menjangkau banyak pihak, tidak hanya kalangan dari desa, tapi juga anak muda perkotaan serta terus mendukung perkembangan UMKM Indonesia.

    BalasHapus
  11. Lengkap banget nih tutorialnya, buat yang mau tahu cara daftar BRImo pasti akan terbantu sekali. Btw saya waktu itu juga daftar BRImo - lewat hp. Praktis banget ya, nggak perlu antri lagi di bank

    BalasHapus


EmoticonEmoticon