Keuntungan Menggunakan Invoice Digital untuk Bisnis yang Lebih Baik - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Keuntungan Menggunakan Invoice Digital untuk Bisnis yang Lebih Baik

Keuntungan Menggunakan Invoice untuk Bisnis

Bagi seorang pebisnis, membuat invoice adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pebisnis perlu menyajikan informasi yang jelas pada invoice, agar klien bisa memproses pembayaran secara lebih cepat, sehingga tidak ada pembayaran yang tertunda terlalu lama.

Invoice juga memiliki pengaruh yang cukup besar bagi klien dalam mengambil sebuah keputusan, apakah ingin segera membayar tagihan atau tidak. Maka dari itu, penting bagi para pebisnis untuk membuat invoice yang baik dan berisi informasi lebih detail serta memiliki desain yang lebih menarik. 

Lantas, bagaimana cara membuat invoice yang baik dan memiliki nilai tambah di mata klien? Tidak perlu repot-repot, karena sekarang para pebisnis bisa membuat invoice digital dengan lebih mudah melalui sebuah platform yang akan saya jelaskan di bawah ini. 

Manfaat Invoice Digital, Solusi Pembayaran yang Lebih Cepat dan Praktis

Saya memiliki beberapa blog yang masing-masing telah dimonetisasi untuk keperluan bisnis, mulai dari artikel review, content placement dan link placement. Selain mengelola blog, saya juga mengoptimasi Instagram untuk keperluan endorsement juga. Semuanya berada di bawah naungan Hendra Digital.

Cara Membuat Invoice

Meski masih menjalani bisnis skala kecil, tetapi setiap kerja sama dengan klien, saya selalu menggunakan invoice untuk melakukan penagihan kepada klien. Invoice ini penting banget bagi saya pribadi. Selain menunjukkan profesionalitas dalam berbisnis, invoice juga banyak membantu dalam proses rekap setiap transaksi yang terjadi.

Setiap invoice yang saya buat, saya kumpulkan dan rekap datanya. Dengan cara ini, jauh lebih mudah untuk menyusun laporan keuangan. Saya merasa keberadaan invoice ini sangat bermanfaat untuk memantau bisnis digital yang selama ini saya kelola. Mungkin kalau saya tidak menggunakan invoice, pastinya akan kesulitan untuk memantau transaksi yang telah dilakukan.

Terkadang klien pun ada yang minta dikirimkan invoice untuk bukti pembayaran ke bagian finance. Untuk klien yang tidak meminta invoice, saya tetap mengirimkannya.

Berikut ini ada beberapa manfaat invoice untuk bisnis yang telah saya rasakan selama ini :

1. Transaksi jadi lebih transparan

Invoice lazim digunakan untuk menagih pembayaran atas barang atau jasa kepada klien. Seluruh informasi terkait produk yang dijual akan tercantum di dalam invoice secara detail, salah satunya harga yang harus dibayarkan oleh klien. Dengan demikian, setiap transaksi yang dilakukan menjadi lebih transparan. Tidak ada yang ditutup-tutupi antara penjual dan pembeli.

2. Memudahkan mencatat transaksi 

Berkat invoice, saya jadi lebih mudah untuk mencatat dan melacak setiap transaksi yang terjadi. Hal ini akan mempermudah saya dalam menyusun laporan keuangan. Saya juga jadi lebih mudah dalam memantau tagihan mana saja yang sudah dibayarkan ataupun yang belum. 

3. Membantu meningkatkan branding

Seperti yang sudah saya singgung di atas, penggunaan invoice dalam bisnis akan membantu menjaga imej atau branding di mata klien. Untuk itu, saya harusmemperhatikan dengan baik dalam pembuatan invoice. Mulai dari informasi yang dicantumkan hingga desain invoice itu sendiri. Hal ini tentu akan membantu menjaga kepercayaan klien kepada bisnis yang saya jalani.

Keuntungan Menggunakan Invoice Digital untuk Bisnis 

Kehadiran invoice digital dinilai lebih baik dibandingkan invoice manual atau cetak, karena dapat memangkas waktu, biaya dan tenaga lebih optimal. Tidak ada lagi yang namanya mencari-cari arsip invoice manual untuk keperluan catatan keuangan. Semuanya telah tersimpan secara digital.

Keuntungan Menggunakan Invoice Digital untuk Bisnis

Pengarsipan invoice secara manual biasanya rentan hilang atau rusak. Jika hal buruk ini sampai terjadi, pebisnis pasti akan kehilangan data keuangan perusahaan yang penting. 

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan invoice digital untuk bisnis :

1. Menjaga efisiensi waktu

Penagihan yang dilakukan secara manual biasanya memakan waktu yang cukup lama. Hal ini tentu akan mempengaruhi efektivitas dan efisiensi bisnis. Pembayaran yang seharusnya bisa selesai cepat, malah berlarut-larut. Berbeda dengan invoice digital yang dapat dikirimkan secara instan melalui email, WhatsApp maupun SMS, misalnya yang dapat dikirim melalui platform invoice, seperti Paper.id.

Selain itu, penghitungan pajak juga dapat dilakukan secara otomatis dengan invoice digital. Efisiensi waktu yang juga didapatkan pebisnis adalah pengingat otomatis yang bisa digunakan untuk mengingatkan klien perihal invoice yang jatuh tempo, sehingga invoice bisa dibayar lebih cepat.

2. Mengurangi kesalahan dalam input data

Invoice digital mampu menekan kesalahan-kesalahan kecil, seperti kesalahan pengetikan, perhitungan yang keliru atau kesalahan informasi lainnya. Jika pun ada kekeliruan dalam input data, setidaknya dapat dilakukan revisi dengan lebih cepat. 

Dengan begitu, pebisnis dapat memastikan bahwa invoice yang dikirimkan ke klien sudah akurat, lengkap dan sesuai dengan data. Cara ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan klien, tetapi juga mampu mengoptimalkan proses penagihan.

3. Memantau data keuangan lebih akurat

Dengan invoice digital, pebisnis dapat melacak sekaligus memantau status pembayaran secara real-time. Jadi, tidak ada lagi yang namanya mengecek data invoice secara manual, mulai dari proses follow up ke klien dan memeriksa tanggal jatuh tempo invoice satu per satu.

Tidak hanya itu saja, pebisnis juga bisa menerima notifikasi pembayaran serta pelacakan secara otomatis, sehingga dapat mengidentifikasi tagihan yang tertunda dengan cepat. Cara ini tentu saja mampu menjaga cash flow agar tetap lancar.

4. Menjaga hubungan baik dengan klien

Satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik oleh para pebisnis adalah selalu menjaga hubungan baik dengan setiap klien. Salah satunya dengan menggunakan invoice digital untuk bisnis. Keberadaan invoice digital mampu memberikan pengalaman transaksi bagi klien dengan lebih baik. 

Klien juga jadi lebih mudah dan nyaman dalam melakukan proses pembayaran, sehingga tidak banyak menyita waktu berharga mereka. Dengan begini, klien merasa sangat dihargai oleh pebisnis.

5. Pembayaran

Aktivitas bisnis jadi lebih efisien, karena invoice digital telah terkoneksi dengan pembayaran yang lebih praktis. Hal ini tentu sakan memudahkan klien dalam melakukan transaksi. Dengan demikian bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Terdapat beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih oleh klien, yaitu kartu kredit, virtual account dan juga menggunakan QRIS.

Konklusi

Dengan menerapkan invoice digital, proses penagihan menjadi lebih efisien, akurat dan transparan bagi seluruh pihak yang terlibat. Pebisnis juga dapat meminimalisir adanya tagihan yang terlewat atau kesalahan dalam pembayaran. Sementara di lain pihak, klien dapat merasakan pengalaman transaksi yang lebih nyaman dan mudah.

Invoice digital juga mampu menjaga aliran cash flow perusahaan dengan baik, sehingga menciptakan bisnis yang sehat dan lancar. Bagi pebisnis yang ingin menggunakan atau membuat invoice digital, dapat mengunjungi website: paper.id. Paper.id bisa digunakan gratis dan cocok untuk berbagai jenis kalangan pebisnis.

Membuat Invoice Digital Online di Paper.id

Demikian informasi yang bisa saya bagikan mengenai keuntungan menggunakan invoice digital untuk bisnis yang jauh lebih baik. Semoga dapat bermanfaat, terutama bagi para pebisnis.

Previous
Next Post »

31 komentar

  1. Wah bisa nanti ini pakai invoice digital. Apalagi kan produk-produk yang aku tawarkan juga berbentuk jasa digital. Jadi lebih memudahkan jika ada invoice digital karena transaksinya jarak jauh hanya menggunakan aplikasi perpesanan untuk berhubungan dengan klien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaaaaaah cocok banget dah itu. Ayo buruan bikin invoice digital lewat paper.id

      Hapus
  2. Baru tahu nih ada invoice digital. Kayaknya saya harus coba biar lebih efisien lagi kerjanya.

    BalasHapus
  3. mbaaa thanks infonya, ada ternyata invoice digital ya jadi praktis kalau ada kerjasama dengan klien yaaa

    BalasHapus
  4. Saya juga sering diminta invoice, Mas. Dan ini kalau misalnya ada pembelian naskah cerita. Begitu juga sesekali ada yang minta Invoice CP dan penulisan blog. Dan saya sesuaikan saja. Terus nanti saya catat juga di excel untuk pembukuan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah gini kan lebih rapi dan teratur pembukuannya ya Mas Bambang. nanti bikin invoicenya di paper.id aja ya, hehehehe

      Hapus
  5. Kalau sekarang invoice konvensional udah jarang dipake ya (bagi freelancer) karena kebanyakan klien mintanya invoice digital. Lalu invoice digital lebih cakep bentukannya karena bisa di-custom, dikasih warna yg bagus, logo blog, dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena memang mungkin sekarang zamannya digital, jadi serba ingin cepat dan praktis, termasuk urusan membuat invoice untuk klien

      Hapus
  6. Efisiensi waktu nah ini nih memang asiknya pencatatan dengan digital.
    Karena dengan kecepatan dan ketepatan, urusan berbisnis jadi lebih praktis. Coba deh kalau lama, beuuh bisa berabe urusan sama klien ye kak

    BalasHapus
  7. Jaman sekarang mau ngapain aja gampang yah. Salah satunya kirim-kirim invoice digital, biar bisnis makin lancar plus nggak ketinggalan jaman,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang kirim invoice jadi lebih mudah bukan? Cukup lewat website paper.id ini, urusan membuat invoice jadi cepat berees

      Hapus
  8. Wahh makasihh kak sarannya, emang invoice nih hal yang krusial buat kita yang jual jasa maupun barangg, pasti butuh banget invoice kek gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo binis mau kelihatan lebih profesional, bikin invoicenya juga mesti yang keren dong. Ya gak?! Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini ya

      Hapus
  9. Pebisnis perlui banget sih bikin invoice buat proses pembayaran. Dan kalao bikin manual asli rempong banget. Untung banget sekarang udah ada invoice digital yang gampang buat nyatet transaksi. Lebih efisien waktu juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget sih, pebisnis perlu bikin invoice digital agar kerjaan jadi lebih lancar dan binis berkembang lebih baik.

      Hapus
  10. Aku udah pake nih Paper.id. Awalnya iseng2 cari di google. Eh ktmu website ini. Cobain utk krm invoice ke klien dan aku set hrs bayar dlm 2 hari kemudian. Dan alhamdulillah dibayar loh.

    Mslhnya ada fee sih buat narik invoicenya. Ga gede kok. Cukup 5000 aja buat saldo di bawah 1jt. Itung2 buat bayar jasanya dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren mas Didik sudah lebih dulu pakai. Ngebantu banget ya paper.id ini, kerjaan jadi lebih mudah. Invoice juga bisa dikirim cepat ke klien

      Hapus
  11. Jadi lebih praktis dan efisien ya kalau menggunakan invoice sigital dan tentunya catatan keuangan oun jadi lebih rapi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget loh. Sekarang zamannya serba praktis, bukan yang masih ribet

      Hapus
  12. Aku udah lama pakai paper.id ini, cuma kadang yang bikin kesal itu pas perlu mengugnakan e-materai. Cukup sering penggunaan e-materai yang error soalnya. Tapi selain itu, ya memang jadi lebih mudah sih untuk urusan invoicing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Mba Monica ternyata sudah lama pakai paper.id untuk bikin invoice ya, keren ih. Saya belum cobain sih fitur e-materai ini.

      Hapus
  13. waah benar nih, bukan cuma bisnis (barang) tapi jasa seperti seorang Blogger seperti kita ini kerap menggunakan invoice untuk menagih ke client, selama ini pakai invoice manual aja, padahal lebih simple kalau langsung buat invoice digital di Paper.id ya? Hmm, next boleh dicoba nih. Thanks ya Mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih simpel dan bisa memilih template yang diinginkan atau sesuai dengan kebutuhan bisnis. Jadi, masih pakai manual atau mau beralih ke digital nih?

      Hapus
  14. Bener banget. Invoice digital lebih praktis dan menguntungkan. Cepat lagi. Jadi bisa hemat banyak waktu dan tenaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly, sudah saya jelaskan di atas toh

      Hapus
  15. Invoice ini meski tampak sepele, namun sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan dari sebuah kerjasama dan profesionalitas. Dengan adanya Invoice Digital, maka bisa menyampaikan secara tertulis dan tetap paperless.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya betul banget. Invoice digital juga bagus untuk menjaga profesionalitas dengan klien. Selain itu juga paperless

      Hapus
  16. sekarang makin canggih ya, jadi semua urusan bisnis kayaya makin mudah karena kecanggihan era digital

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kita memang kudu memanfaatkan teknologi untuk memudahkan berbagai aktivitas, termasuk dalam berbisnis

      Hapus


EmoticonEmoticon