5 Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

5 Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda

Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda
Image : pixabay.com/geralt

Selain bekerja, tidak sedikit generasi milenial yang tertarik untuk berwiraswasta. Jenis usaha yang dirintis biasanya disesuaikan dengan tren yang sedang berkembang. Apalagi karakter milenial biasanya lebih cenderung menyukai tantangan, tidak suka dikekang, gemar berekspresi dan lebih kreatif, sehingga sering muncul ide bisnis yang baru.

Ada sebagian anak-anak muda yang sudah memiliki pengalaman untuk membuka usaha, akan tetapi masih banyak juga yang tidak memiliki pengalaman dalam berbisnis, bahkan cenderung kebingungan di saat ingin memilih jenis bisnis yang akan dijalaninya.

Kamu tidak perlu risau lagi guys, melalui artikel ini, Akubisnis.com ingin membagikan setidaknya lima jenis bisnis yang cocok untuk anak muda. Mungkin kamu penasaran dong, bisnis apa sajakah itu? Yuk kita baca artikel ini hingga selesai.

1. Bisnis Fotografi

Kamu punya passion di dunia fotografi? Daripada hasil foto kamu hanya memenuhi harddisk laptop saja, lebih baik kamu jadikan cuan saja. Bagaimana caranya? Kamu bisa menjual hasil karya foto-foto terbaikmu di website jual beli foto online. Ada beberapa online platform yang bisa kamu lirik loh :

  • Adobe Stock (Fotolia)
  • Shutterstock
  • Alamy
  • 123rf
  • 500px
  • iStockphoto
  • Etsy

Tidak bisa dipungkiri guys, jika bisnis fotografi saat ini cukup diminati. Selain menjualnya secara online, dengan keahlianmu sebagai fotografer, kamu juga bisa membuka jasa foto untuk berbagai acara penting, seperti wisuda, pre wedding, pernikahan dan momen penting lainnya. 

Jika hasil karyamu telah dikenal banyak orang, bukan tidak mungkin suatu saat kamu bisa mewujudkan impian untuk memiliki studio foto sendiri. Hayooo, di sini siapa yang hobi fotografi?

2. Bisnis Coffee Shop

Bisnis yang cocok bagi anak muda berikutnya adalah membuka usaha cafe atau coffee shop. Saat ini kopi semakin digemari oleh berbagai kalangan, tidak hanya untuk orang tua saja, tapi juga anak-anak muda. 

Peluang ini lantas dimanfaatkan oleh orang-orang kreatif untuk mengolah kopi menjadi sajian minuman yang lezat, lengkap dengan varian topping yang menggoda, sehingga menghadirkan rasa kopi yang lebih bervariasi.

Bisnis coffee shop dianggap sebagai salah satu bisnis yang cukup menjanjikan di kemudian hari. Apalagi saat ini banyak milenial yang memanfaatkan keberadaan coffee shop untuk digunakan sebagai tempat hangout, meeting hingga tempat untuk bekerja.

3. Bisnis Startup

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, banyak perusahaan startup baru mulai bermunculan. Sektor bisnis startup pun kian menjadi tren, dan dianggap sebagai bisnis yang cukup menjanjikan. Beberapa perusahaan startup yang telah lebih dulu hadir, biasanya berangkat dari kreativitas yang tinggi.

Contoh perusahaan startup yang telah sukses di dalam negeri adalah Bukalapak, Traveloka, Tokopedia, Gojek dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebelum menjelma menjadi perusahaan besar seperti sekarang, mereka berasal dari bawah terlebih dulu.

Jadi kamu jangan berkecil hati dulu ketika ingin memulai bisnis startup, kamu bisa memulainya dari tempat tinggal kamu tanpa harus mengeluarkan uang untuk menyewa tempat. Bahkan perusahaan raksasa sekelas Amazon dan Google saja, pada masa awal merintis, kantornya saja berawal dari garasi rumah.

4. Bisnis Makanan

Salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati adalah bisnis makanan, karena merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia. Bisnis makanan sangat cocok dijalani oleh para milenial, apalagi berkat dukungan teknologi yang maju, semakin memberikan kemudahan untuk bisnis kamu. 

Kamu bisa menjual makanan yang disesuaikan dengan keahlian kamu, atau kamu juga bisa menjual makanan yang sedang ngetren, membuat kue hingga membuat makanan ringan, lalu kamu bisa menjualnya ke teman-teman kamu, tetangga hingga menawarkan melalui sosial media. 

Jika bisnis makanan kamu sudah dikenal banyak orang, kamu bisa memutuskan untuk bekerja sama dengan vendor pengiriman online untuk mengirimkan pesanan makanan kepada pelanggan.

5. Bisnis Dropshipper

Tidak sedikit yang tertarik untuk menjalani bisnis dropshipper, karena dinilai cukup menjanjikan. Untuk menjalani bisnis ini, kamu tidak memerlukan modal dan tidak perlu repot memikirkan stok barang yang kamu butuhkan. Kamu hanya perlu mencari supplier yang profesional serta mencari produk yang sedang tren di saat ini.

Selanjutnya, kamu bisa mempromosikan bisnis kamu melalui sosial media, berjualan di marketplace hingga melalui platform WhatsApp, sehingga bisnis kamu semakin dikenal banyak orang dan semakin digemari.

Gimana guys, apakah kamu berminat untuk mencoba salah satunya? Jika memang demikian, kamu bisa mencobanya terlebih dulu salah satu bisnis yang tidak banyak mengeluarkan modal, sebagai langkah awal memulai bisnis kamu.

Semoga artikel tentang bisnis yang cocok untuk anak muda ini bisa menambah wawasan sekaligus inspirasi baru, terutama bagi kamu yang masih bingung ingin menjalani bisnis.

Previous
Next Post »

22 komentar

  1. Yang nomor 1 bikin saya kepincut, hehe. Sambil mikir juga, bener sih sering foto-foto objek benda buat blog dan medsos kalau bisa sekalian dijual fotonya kan juga bagus ya, dapat penghasilan tambahan. Paling tinggal rajin-rajin aja latihan teknik fotografi biar skill motret makin kece

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaaah, ini tinggal dilanjut saja hobinya, biar bisa jadi cuan. Toh tidak ada salahnya mencoba dulu bukan? Kuylah digaskeeun Mba Fenni

      Hapus
  2. Setuju banget kalau anak-anak muda cenderung buka bisnis makanan dan kopi kekinian. Karena kuliner emang gak ada matinya ya?

    Kalau bisnis Start up juga sesuai dengan jiwa muda yang selalu kreatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly, jiwa muda biasanya suka hangout di resto atau cafe, jadi bisa dibilang bisnis kopi kekinian cukup menjanjikan ya Mba

      Hapus
  3. Pilihan bisnis yang cocok untuk anak muda sekarang lebih beragam ya. Dan bisnis nggak melulu harus yang wah gitu, bisa dimulai dari yang sederhana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul sekali, semakin kreatif, maka semakin bervariasi jenis bisnis yang dipilih. Bisnis paling baik, ya modal kecil, tapi penghasilan besar, hehehe...

      Hapus
  4. Aku pernah baca, Kang, ada anak Bandung yang menekuni bisnis fotografi yaitu jual foto di situs berbagi dengan royalti, konon bisa meraup 6-10 juta per bulan. Luar biasa kan, mengalahkan penghasilan bulanan superviser menengah? Namun makanan juga selalu menggiurkan sih, asal enak dan lokasinya strategis, didukung promosi digital yang bagus, bakalan sukses--insyaallah. Aku belakangan tertarik buat reseller aja Kang, tapi tunggu modal yang cukup karena amesti beli dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun bidangnya, kalau ditekuni dengan baik, maka hasilnya pun akan baik. Semoga sukses dengan usaha reseller nya Mas Rudi

      Hapus
  5. Benar sekali, Mas. Anak-anak milenial sekarang betebaran membuka bisnis. Dan hasilnya juga luar biasa. Ini bagus karena membuka lapangan kerja sendiri, plus bisa tarik saudara atau temannya untuk bekerja sama juga.
    Intinya zaman now, kesempatan dan peluang lebih banyak dan terbuka. Kalau dulu kan, kita tujuannya bekerja di kantoran atau perusahan hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semenjak teknologi semakin maju, peluang untuk berbisnis semakin terbuka lebar ya Pak.

      Hapus
  6. Kalau saya sekarang lagi seneng bisnis dropshiper, alhamdulillah bisa jualan tanpa harus modal besar dulu, zaman sekarang memang banyak peluang bisnis asal kita mau ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul banget, asal cermat memanfaatkan peluang yang ada, maka insha Allah bisa menjalani bisnis kok

      Hapus
  7. Anak muda emang hype banget ya Mas Hendra bikin bisnis coffe shop, soalnya zaman now kopdarnya itu pasti di Coffe Shop deh apalagi kl desain interior ruangannya itu cozy dan instagramable, hmm pastilah para pengopi berdatangan duduk sambil kerja di sana hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah makanya coffee shop kekinian selalu dilengkapi fasilitas yang memadai serta desain interior yang cozy banget...

      Hapus
  8. Mau coba turun bisnis foto namun tidak memiliki keahlian skill foto apalagi kamera mungkinkah ada yang mau donasi kamera ke saya haha Becanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat lagi belajar terus. Pakai hape pun masih bisa mendapatkan hasil gambar yang tidak jelek juga loh...

      Hapus
  9. Saya sebenarnya suka potografi sejak kuliah mas. Suka juga sama mata kuliahnya. Sayangnya megang slr suka gagap. Jadinya cuma bisa Poto pake hp doank.
    Hiksss meski banyak aplikasi edit foto, tapi rasanya lebih mantap kalo jago pegang slr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat belajar fotografi lagi Kak, biar makin bagus hasilnya

      Hapus
  10. waaah betul banget sekarang bisnis itu yang lagi menjamur. dan andai ku diberi kesempatan, aku juga pingin banget bisa ada di bisnis coffee shop. Seruuuu pasti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisnis coffee shop selain seru, pasti cukup menjanjikan ya, pintar-pintar kitanya aja yang mengelolanya...

      Hapus
  11. benar banget ini kak, banyak ya peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh anak muda. klo murid muridku yang barusan masuk kuliah, uda punya bisnis juga. kebanyakan sih bisnis makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya bisnis makanan tetap menjadi primadona ya Kak

      Hapus


EmoticonEmoticon