Jenis Investasi Properti yang Sangat Menjanjikan - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Jenis Investasi Properti yang Sangat Menjanjikan

Jenis Investasi Properti
Image : pixabay.com/nattanan23

Bagi kamu yang ingin berinvestasi di dunia properti, ada baiknya kamu perlu mengetahui terlebih dulu apa saja jenis investasi properti yang ada. Jadi kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar saat kamu menginvestasikan uang di jenis investasi properti ini.

Banyak orang menilai bahwa investasi di bidang properti memiliki masa depan yang cukup menjanjikan, karena harga properti selalu naik dan permintaan pasar selalu saja ada. Makanya tidak heran jika saat ini pertumbuhan properti sangat tinggi, terutama yang dianggap sangat menguntungkan, seperti bisnis kontrakan, ruko maupun kost.

Lantas, apa saja sih jenis investasi properti yang dimaksud?

1. Kontrakan

Saking menjanjikannya, banyak orang yang membangun kontrakan sebagai bentuk investasi, mulai dari masyarakat biasa hingga kalangan artis. Sebut saja Om Tukul yang saat ini punya sederet kontrakan dan kostan. Permintaan pasar untuk sektor rumah kontrakan juga sangat tinggi. Makanya tidak heran saat ini banyak sekali kontrakan yang dibangun, mulai dari yang sederhana (3 pintu) hingga yang mewah.

Nilai jual rumah kontrakan semakin lama semakin tinggi. Jadi ketika kamu memilih untuk berinvestasi membangun kontrakan, ini merupakan keputusan yang sangat tepat. Agar value kontrakan tetap tinggi, maka rawat dan jaga kontrakan dengan baik agar penyewa merasa betah untuk tinggal.

2. Kost

Kost atau banyak orang menyebutnya kosan adalah sebuah ruangan berukuran yang tidak terlalu besar untuk disewakan. Sama halnya seperti kontrakan, akan tetapi pada umumnya penyewa kosan adalah orang-orang yang belum berkeluarga atau istilahnya masih single alias jomblo. 

Semakin bertambahnya sentra industri perhotelan, pabrik dan perkantoran, maka pertumbuhan kosan juga semakin tinggi. Makanya rumah yang disewakan untuk kosan semakin mudah ditemui, terutama di kota-kota besar, seperti Kota Jakarta.

Agar value kosan tetap bernilai tinggi dan harga sewanya sebanding alias tidak terlalu murah, maka kamu perlu merawat kosan secara fisik dan harus punya manajemen yang baik, sehingga mampu memberikan income atau penghasilan yang tinggi.

3. Tanah

Jenis investasi properti berikutnya adalah tanah. Investasi tanah memang sudah sejak lama diminati oleh banyak masyarakat sejak lama. Bahkan tidak hanya tanah, mereka juga tertarik untuk investasi lainnya, seperti sawah atau ladang, karena keduanya bisa ditanami tanaman atau tumbuhan yang bisa dijual kembali.

Harga tanah terus mengalami kenaikan, sama seperti rumah kontrakan dan kosan. Nah makanya kalau kamu punya dana lebih, ada baiknya untuk segera berinvestasi pada tanah. Cari lokasi tanah yang strategis, lingkungannya aman dan memiliki surat-surat yang lengkap dan jelas keabsahannya. Menariknya, tanah juga bisa disewakan kepada orang yang membutuhkan lahan untuk bisnisnya.

4. Ruko dan Rukan

Ruko atau rumah toko dan rukan atau rumah kantor adalah jenis investasi properti yang juga banyak diincar oleh para investor, bahkan termasuk pemula. Hal ini karena ruko selain bisa disewakan, juga bisa ditempati sendiri dan harganya selalu naik setiap tahunnya.

Sama dengan ketiga investasi properti sebelumnya, memilih lokasi yang strategis, aman dan bebas banjir adalah poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan membeli atau membangun sebuah ruko atau rukan. Yuk segera menabung agar bisa investasi ruko atau rukan.

5. Apartemen

Apartemen adalah salah satu jenis investasi properti yang cukup laris manis. Meski bisnis sewa apartemen dianggap hanya dimainkan oleh investor besar saja, akan tetapi saat ini bisnis sewa apartemen juga kerap dilakukan oleh investor kecil juga.

Semakin mewah dan lengkap fasilitasnya, maka semakin tinggi harga sewa sebuah apartemen, sehingga menjadikannya sebagai bisnis di bidang properti yang sangat menjanjikan. Jika kamu punya dana yang besar luar biasa, maka kamu bisa memilih bisnis sewa apartemen, mulai dari sewa harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

Agar kelima bisnis properti yang kamu pilih bisa berjalan dengan baik, selain membenahi sistem pemasaran dan manajemennya, kamu juga harus memikirkan bagaimana mengelola pembukuannya dengan rapih, sehingga kamu bisa menghitung besar keuntungan dan melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik.

Demikian artikel yang bisa Akubisnis.com bagikan mengenai jenis investasi properti yang bisa kamu pilih. Poin penting yang sebaiknya kamu lakukan sebelum berinvestasi adalah mengetahui tips investasi untuk pemula, agar tidak salah langkah ke depannya.

Previous
Next Post »

18 komentar

  1. Nomor 1 dan 2 itu aku mupeng banget buat melakukannya. Apalagi di Surabaya dan Gresik tu kontrakan laku banget karena di sini kota industri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih kenceng bisnis kosan dan kontrakan kalo di tempat ramai

      Hapus
  2. Bener, kak. Dari tahun ke tahun harga tanah dan rumah selalu meningkat naik. Jadi memang bagus banget kalo mulai investasi di bidang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan yang tepat untuk invest di bidang properti ini Kak

      Hapus
  3. Kalau di surabaya sepertinya bisnis kost kostan paling menjanjikan. Sudah dapat pasif income dari situ aja bisa makmur hidupnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surabaya sudah seperti Jakarta Mba, sudah banyak sentra industrinya, makanya bisnis kostan atau kontrakan akan laku keras di sana.

      Hapus
  4. Investasi properti ini penting sebab nilainya yang selalu bertambah. Apalagi tanah, yang selalu naik juga harganya
    Modalnyaa juga kudu cukup. Hehe...

    BalasHapus
  5. Investasi properti ini bisa dibilang yang paling aman karena harganya relatif terus berkembang. Dan lagi, bisa dilakukan secara bertahap juga. Awalnya investasi tanah dulu. Setelah ada modal, bisa dibuat bangunan seperti kontrakan, kos dan lainnya. Apalagi jika posisinya di lokasi strategis, jadi lebih menguntungkan.

    Cuma memang harus pandai-pandai jika ingin investasi properti ini, harus dengan orang yang paham hukum untuk mengurus surat-suratnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya sih nggak bakalan merugi ya Uda, karena nilainya terus bertambah, kecuali karena memang beberapa faktor penyebabnya

      Hapus
  6. Paling tertarik sama kost kost an sih mas. Jelas bisa jadi pasif income gtu. Rumah skrg jualan juga susaaah... Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jualan apa dulu yang susah, kalau kita sudah tau target pasarnya, insha Allah sih akan lebih memudahkan kita untuk memasarkan produk yang kita jual

      Hapus
  7. Asiknya invest di properti itu bisa buat jangka pendek juga jangka panjang, Suka hati kita aja kapan mau hold atau jual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mba, kita sendiri yang menentukan apakah mau investasi properti yang jangka pendek atau menengah...

      Hapus
  8. Investasi properti seperti tanah adalah jenis investasi yang enggak akan pernah turun nilainya. Apalagi kalau lokasinya strategis di pinggir jalan. Akan semakin mahal saja harganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, hampir mustahil akan mengalami penurunan nilai, kecuali disebabkan faktor-faktor alam...

      Hapus
  9. Kontrakan dan kost adalah bisnis yg menggunakan di Balikpapan karena banyak yg nyari disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya koh, kayaknya kost dan kontrakan selalu dicari di berbagai tempat, terutama yang lokasinya strategis

      Hapus


EmoticonEmoticon