Dijamin Anti Gagal dan Sangat Mudah! Begini Cara Menabung yang Benar - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Dijamin Anti Gagal dan Sangat Mudah! Begini Cara Menabung yang Benar

Cara Menabung yang Benar

Kamu mengalami kesulitan untuk menyisihkan sebagian pendapatanmu setiap bulannya? Sementara gajimu mungkin saja jumlahnya mencukupi. Guys, berapapun besarnya gaji yang kamu terima, jika kamu boros dan malas menabung, maka kamu akan selalu dihadapkan pada situasi yang sama setiap bulannya. Gaji yang kamu terima, akan habis sebelum waktunya.

Dari sini saja, kamu sudah tahu dong apa penyebabnya? Yup! Malas menabung dan manajemen keuangan yang buruk menjadi pemicunya. Padahal tanpa disadari, para orangtua kita sejak dulu sudah mengajarkan cara menabung yang benar sejak kita kecil loh. Biasanya dengan membelikan celengan ayam dan memasukkan sisa uang saku ke dalam celengan tersebut.

Dengan uang hasil tabunganmu, kamu bisa membeli berbagai kebutuhan sekolah, mulai dari tas sekolah, sepatu, seragam atau buku.

Kelihatannya sih sepele, tapi ternyata punya dampak yang sangat besar untuk kehidupan kamu nantinya. Selain menjadi lebih disiplin mengatur keuangan, kamu juga diajarkan hidup hemat dan tidak menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak perlu.

Trik Cara Menabung yang Benar dan Anti Gagal

Sebenarnya menjalani cara menabung yang benar tidaklah terlalu sulit, asalkan kamu menjalaninya dengan konsisten dan rutin, maka keuanganmu tidak akan kacau, sehingga kamu akan punya tabungan untuk masa depanmu. Seperti dilansir dari MoneySmart.id, berikut adalah trik yang bisa kamu coba terapkan untuk menabung dengan benar dan tepat.

1. Sisihkan uang gaji di awal, bukan di akhir

Cara Menabung yang Benar

Saking senangnya menerima gaji di awal bulan, mungkin saja kamu akan lupa diri dan langsung jalan-jalan atau makan di restoran mahal hingga berbelanja di mall. Sebenarnya ini adalah hak kamu, tapi kamu juga perlu ingat, kamu juga punya hak lainnya untuk masa depan keuanganmu, yakni menabung.

Jika perilaku seperti ini tidak segera diubah, maka kamu tidak akan pernah bisa menabung dengan benar. Langkah terbaik yang bisa kamu lakukan adalah segera menyisihkan uang sebesar 1 juta saat gajian. Agar uangnya tidak terpakai, maka kamu perlu banget membuat rekening khusus untuk tabungan, sehingga tidak bisa diganggu gugat.

Cara sederhana ini lama kelamaan akan mengubah kebiasaan gaya hidupmu untuk lebih disiplin dan berhemat. Yuk mulai sekarang, jalanin cara menabung yang benar saat gajian nanti ya...

2. Kurangi nongkrong

Cara Menabung yang Benar

Nongkrong atau hangout bareng teman-teman sebenarnya sah-sah saja, asalkan tidak terlalu sering. Karena biasanya biaya untuk makan atau ngemil di cafe atau restoran tidaklah murah. Apalagi jika hal ini sering dilakukan, maka uang kamu akan habis untuk sesuatu yang tidak terlalu penting.

Namun alangkah lebih baiknya jika kamu ingin nongkrong bareng teman, maka perlu suatu tujuan yang jelas, selain sebagai ajang silaturahmi, kamu juga bisa membahas masalah bisnis atau hal penting lainnya. Agar hangout bisa lebih bermanfaat. Meski kamu mengeluarkan uang untuk jajan, tapi setidaknya kamu mendapatkan informasi penting atau menambah relasi baru.

3. Membawa bekal ke tempat kerja

Cara Menabung yang Benar

Langkah menabung yang benar berikutnya adalah dengan cara mengubah kebiasaan kamu. Salah satunya adalah dengan membawa bekal dari rumah untuk sarapan atau makan siang di tempat kerja. Cara ini dinilai jauh lebih hemat dan menyehatkan, karena makanan yang kamu konsumsi lebih sehat dan higienis.

Kalau kamu mau hitung-hitungan, misalnya uang makan siang sekitar Rp 30 ribu. Berarti dalam satu bulan, kamu harus menyiapkan anggaran Rp 30 ribu x 22 hari kerja, yakni Rp 660 ribu. Dengan membawa bekal dari rumah, berarti kamu bisa menghemat uang lebih banyak bukan?

4. Punya bisnis sampingan

Cara Menabung yang Benar

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis sampingan, karena bisnis sampingan punya potensi memberikan sumber penghasilan baru atau uang tambahan yang cukup menjanjikan. Meski bisnis sampingan bisa bermula dari rumah, tapi juga punya peluang yang sama tingginya untuk tumbuh menjadi bisnis besar dan menguntungkan di masa depan.

Kamu tidak perlu bingung mencari ide untuk menjalankan bisnis sampingan. Kamu bisa mencoba berjualan makanan, minuman, pulsa, warung sembako dan lain sebagainya.

5. Membuat pos pengeluaran sesuai dengan kebutuhan

Cara Menabung yang Benar

Cara menabung yang benar adalah dengan membuat pos pengeluaran sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa membuat pos untuk biaya transportasi, biaya internet, biaya listrik, biaya makan dan pengeluaran lainnya. Jangan lupa juga untuk membuat pos biaya darurat dan investasi.

Dengan cara begini, kamu bisa mengetahui ke mana saja uang gajian kamu digunakan. Kamu juga jadi lebih mudah dalam mengatur keuanganmu bukan?

Nah, begitulah langkah-langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menabung dengan benar, agar keuanganmu tidak kacau. Bisa dibilang, menabung itu gampang-gampang susah guys. Dibilang gampang, karena kamu mendapatkan uang dari hasil kerja. Bagian sulitnya saat kamu harus menahan diri dan keinginanmu untuk jajan, berbelanja, jalan-jalan dan gaya hidup lainnya.

Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Aku termasuk telat sbnrnya starting nabung. Baru setelah nikah. Tapiiii dari sejak msh sekolah, aku terbiasa bikin list pengeluaran dan pemasukan mas. Krn dulu papa kasih uang jajan bulanan :D. Dan dia slalu minta uangnya kepake apa aja :D.

    Jadi walopun nabungnya telat, tp aku terbiasa utk ngatur keuangan, hanya saja dulu LBH banyak borosnya :p.

    Stlah nikah sih, baru bener2 aku perbaiki pengeluaran ku. Gaji masuk, lgs tabung dulu. Apalagi Krn dulu aku kerja di bank, LBH banyak pilihan utk investasiin uang. Banyak benefit utk staff pula.

    Intinya memang disiplin, komitmen dan niat kuat. Tanpa itu, bakal susah utk start nabung. Uang masuk, hrs lebih dulu utk zakat, baru tabungan. Sisanya utk pengeluaran. Jangan kebalik :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik telat daripada nggak sama sekali kak. Memang paling awal itu kuatkan niat, disiplin dan komitmen, biar terbiasa untuk menabung. Terima kasih atas sharing pengalamannya ya Kak....

      Hapus


EmoticonEmoticon