BLANTERVIO103

5 Ide Gokil Memanfaatkan Lahan Kosong untuk Bisnis

5 Ide Gokil Memanfaatkan Lahan Kosong untuk Bisnis
2021-04-03

Memanfaatkan Lahan Kosong untuk Bisnis

Peluang bisnis bisa datang dari mana saja, salah satunya dengan memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis. Langkah inilah yang dilakukan oleh seorang tetangga yang memiliki lahan kosong tidak jauh dari rumah saya. Daripada lahannya nganggur begitu saja, ia pun memanfaatkan lahan kosong untuk dikelola dan memanen rumput gajah mini. Kebetulan di daerah tempat tinggal saya, bisnis jual beli rumput gajah mini masih cukup diminati.

Di dekat tempat tinggal saya memang masih banyak lahan yang kosong. Para pemilik lahan pun berinisiatif untuk menanami dengan rumput gajah mini. Cara perawatan yang mudah dan durasi panen yang terbilang tidak terlalu lama, menjadikan bisnis ini laris manis.

Makanya tidak heran, ada saja pembeli yang memborong rumputnya saat sudah mencapai masa panen. Biasanya pembeli berasal dari developer perumahan, pertamanan, kantor maupun pribadi. 

Namun selain ditanami tanaman, ternyata kamu bisa memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis yang lainnya. Berikut adalah 5 ide bisnis yang bisa kamu coba :

1. Menjadikan Lahan Kosong untuk Tanaman

Memanfaatkan Lahan Kosong untuk Bisnis

Ide bisnis yang pertama adalah memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami berbagai tanaman yang bisa kamu jual kembali saat panen tiba. Perlu diingat, jenis tanaman tersebut tentu saja harus dicari oleh banyak orang dan memberikan value yang tinggi. 

1.1. Buah-buahan

Kamu bisa menanam berbagai buah-buahan di lahan kosong yang kamu miliki. Namun sebaiknya kamu menanam buah yang tidak mengenal musim, misalnya saja pisang, pepaya atau jeruk. Selain permintaan pasar yang tinggi, jenis buah-buahan ini tidak perlu menunggu musim untuk panen. 

Berbeda dengan rambutan, mangga maupun durian yang hanya berbuah saat musimnya telah tiba. Kamu juga bisa dengan mudah menjual hasil panen langsung ke pasar atau kamu bisa mengolahnya sendiri menjadi olahan makanan rumahan.

1.2. Umbi-umbian

Masyarakat Indonesia sangat menggemari mengkonsumsi umbi-umbian, mulai dari singkong, ubi, talas dan lain sebagainya. Selain menyehatkan, harga umbi-umbian pun relatif terjangkau. Makanya menanam umbi-umbian di lahan kosong dinilai cukup menjanjikan. Selain kamu bisa menjualnya langsung ke pasar, kamu juga bisa mengolah secara mandiri umbi-umbian tersebut untuk dijual kembali.

1.3. Tanaman hias dan rumput hias

Manfaatkan lahan kosong untuk bisnis dengan menanam rumput dan tanaman hias lainnya yang memiliki value yang tinggi, seperti bunga aglonema maupun bunga janda bolong. Apalagi rumput dan tanaman hias memiliki penggemarnya sendiri, maka hasilnya pun cukup menjanjikan loh.

1.4. Tanaman obat dan apotek hidup

Kamu bisa menanam berbagai tanaman herbal yang memiliki khasiat tinggi dan dicari oleh banyak orang, seperti kunyit, jahe, temulawak, lengkuas, kencur, daun kemangi, lidah buaya hingga tanaman kumis kucing. Selain menjualnya secara langsung, kamu juga bisa mengolahnya menjadi suatu produk herbal yang berizin resmi melalui badan BPOM dan lainnya.

2. Memanfaatkan Lahan Kosong untuk Budidaya Ikan

Ide bisnis lainnya yang bisa kamu coba dalam pemanfaatan lahan kosong adalah budidaya ikan. Tentu saja ikan yang dimaksud adalah yang memiliki value yang paling baik dan banyak diminati, sehingga bisnis yang kamu jalani mampu memenuhi permintaan pasar. Kamu bisa mencoba untuk budidaya ikan hias, ikan lele, ikan mas atau ikan gurame.

Jenis budidaya ikan lele adalah yang paling banyak yang saya temui di sekitar tempat tinggal saya. Seringkali saya melihat mobil membawa hasil panen lele bolak balik melewati rumah saya. Satu kali panen, hasilnya bisa sangat menggiurkan loh.

3. Lahan Kosong untuk Tempat Parkir

Jika kamu punya lahan kosong yang lokasinya strategis, kamu bisa memanfaatkannya sebagai lahan parkir. Bisnis lahan parkir yang paling laris biasanya sering ditemui di kota-kota besar, seperti Jakarta yang memang krisis lahan parkir. Kamu bisa menyewakan lahan kosong untuk parkir mobil maupun motor bagi penduduk yang tidak memiliki lahan untuk memarkirkan kendaraanya.

Di sekitar tempat tinggal saya, banyak lahan kosong yang disewakan untuk tempat parkir para penonton sepak bola saat ada kompetisi sepak bola, karena pengelola tidak punya tempat parkir sendiri.

4. Memanfaatkan Lahan untuk Industri Kecil

Manfaatkan lahan kosong untuk bisnis yang bisa kamu coba berikutnya adalah menyewakan lahan kosong untuk industri-industri kecil dalam proses produksinya. Kamu bisa menawarkan kerja sama kepada orang yang ingin membuka usaha industri kecil, seperti pembuatan cenderamata, industri pembuatan penggorengan, pengrajin kayu dan furnitur, usaha ternak ayam dan lainnya. 

Ide bisnis ini mampu mendatangkan penghasilan baru, sekaligus membantu mengembangkan industri kecil serta membuka lapangan pekerjaan baru di sekitar tempat tinggal. Namun satu hal yang perlu kamu perhatikan, tetap penuhi persyaratan mengenai AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), agar bisnis lahan kosong kamu tidak terjerat masalah baru di kemudian hari.

5. Produksi Pupuk Kompos di Lahan Kosong

Ide bisnis yang terakhir yang bisa kamu coba adalah memproduksi secara mandiri pembuatan pupuk kompos. Kamu bisa menggunakan drum bekas, pot atau media lainnya untuk membuat pupuk kompos. Untuk tutorialnya sendiri, kamu bisa melihatnya di video YouTube. 

Namun sebelum membuka bisnis ini, kamu perlu bekerja sama terlebih dulu kepada pemborong pupuk kompos, sehingga saat pupuk kompos kamu siap dijual, kamu bisa langsung memasarkannya ke pemborong tersebut. Atau kamu juga bisa menjualnya secara mandiri, baik offline maupun online.

💚💚💚

Ke-5 ide bisnis dengan memanfaatkan lahan kosong memang mendatangkan penghasilan yang sangat menggiurkan, apalagi jika dilakukan secara tekun dan serius. Selain itu, lahan kosong, seperti tanah, merupakan salah satu jenis investasi properti yang sangat menjanjikan yang nilainya terus naik. 

Maka dari itu, agar lahan kosong yang kamu miliki tidak mubazir, pandai-pandailah membaca peluang dengan mengetahui produk apa yang paling laris atau yang paling dicari di sekitar tempat tinggal kamu. Ketika kamu sudah mengetahuinya, maka kamu bisa segera memanfaatkan peluang bisnis tersebut.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 28 comments:

  1. Asal kreatif, lahan kosong pun bisa jadi profit, ya nggak kang?

    Kalau tempat saya agak susah nyari lahan kosong kang, kiri kanan depan belakang tembok rumah orang semua, wkwk.. Gimana dong solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly Kang, kreativitas dekat dengan rezeki, hehehe... Yah kalau dikelilingin tembok, cari ide lain aja Kang, hihihi.

      Hapus
  2. Nah, ini kreatif juga dalam memanfaatkan lahan kosong. Di tempat saya, ada beberapa lahan kosong seperti itu, tapi malah dibiarkan kosong. Akhirnya jadi padang ilalang saja, tidak produktif dan menghasilkan. Mungkin yang punya juga bingung atau pusing, mau dibikin apa gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang banget Mas, mendingan dibisnisin aja ya, biar dapat penghasilan tambahan. Kan lumayan untuk belajar bisnis.

      Hapus
  3. Setuju banget!! Lahan kosong jangan dibiarkan kosong! Di sekitar rumah saya yang kosong kami tanami beberapa pohon dan sayuran, mulai dari mangga, jeruk, pepaya, ubi dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini keren bisa ditanami berbagai macam pohon. kalau sudah berbuah, tinggal metik aja deh. Sebagian lagi bisa dijual.

      Hapus
  4. Sekarang lahan kosong kecil dpean rumah kami manfaatnya nanam sayuran, bawang merah, dan cabe. Alhamdulillah bermodal belajar dari youtube, banyak yang tumbuh subur. Meski ada yg aggal juga sih wkwk. Cabe udah pada gede-gede dan berbuah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enak tuh kalau sebagian hasil panennya bisa dijual.

      Hapus
  5. Saya pengen budidaya ikan dan tanaman TOGA di lahan kosong. Selama ini baru tanaman TOGA dan tanaman hias, sih. Semoga sebelum 2021 berakhir udah bisa bikin kolam ikan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat Mba, pasti bisa kok bikin kolam ikan lagi dan nambah tanaman lainnya juga.

      Hapus
  6. enak yaa kalo ada lahan kosong, sekarang lagi prospektif juga tuh bisnis tanaman hias, lagian sekarang bisa dipasarin online juga, jadi lahannya gak butuh space banyak, bisa dimanfaatin utk sambilan bisnis lain juga tuh spacenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih enak lagi kalau dimanfaatkan untuk bisnis Mba, jadi dapat penghasilan deh.

      Hapus
  7. Keren nih ide2ny...Kami yang tinggal di desa biasanya manfaatin lahan kosong buat nanam kebutuhan sehari2. Lumayan buat penghematan biaya dapur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide bisnis ini muncul karena sebagian berdasarkan pengamatan secara langsung Mba, jadinya saya sedikit tau. Langsung saja saya tulis artikelnya di sini.

      Hapus
  8. Di kampung saya, keluarga kami punya banyak sekali lahan kosong. Tapi sayangnya lahan ini berstatus tanah pusako atau tanah warisan yang dikelola oleh suku, jadi kalau seseorang di dalam keluarga menggunakannya, harus berunding dulu dengan mamak (paman) dan keluarga lainnya. Repot banget. Makanya juga pembanguan tol di Sumatera Barat itu tersendat terus karena pembebasan tanah pusako ini.

    Eh, malah jadi curhat sayanya. Tapi, saya punya keinginan untuk membeli tanah sendiri kapan-kapan. Kalaulah tidak untuk ditanami komoditas tertentu, mau jadi lahan tambak lobster air tawar atau sejenisnya. Yang penting produktif lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih sharing-nya Uda. Saya jadi tau nih permasalahan tanah pusako di sana.

      Hapus
  9. Emang nih, gatel deh lihat lahan kosong. Ibuku juga gitu, pasti deh ditanamin apa aja. yang kacang panjang lah, manisah lah, bayam lah. Jadi kalau mau panen kita tinggal ngeramban aja. hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti orangnya memang kreatif dan produktif ya Mba.

      Hapus
  10. Yang paling cepat menghasilkan pasti untuk tempat parkir bila lahan tersebut berada di lingkungan ramai dimana orang membutuhkan tempat parkir yang aman, kedua aku pilih untuk bercocok tanam karena Hobby berkebun hehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hobi bercocok tanam bisa jadi cuan lho.

      Hapus
  11. Kalau ada niat, selalu ada jalan ya. Lahan kosong pun bisa dijadikan berbagai usaha. Bisa disesuaikan dengan minat kita, apakah ke pertanian, pertenakan, perikanan atau lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly. Asal ada kemauan, pasti ada jalan untuk mendapatkan cuan.

      Hapus
  12. Di daerah rumah sya juga masih banyak lahan yang kosong, lahan itu milk sebuah PT. Tapi di lahan tsb engga dikekolah oleh pemilik PT. Tapi dengan izin PT tersebut akhirnya lahan daerah rumah di kelola oleh masyarakat sekitar. Dan hasil panennya di jual oleh pengelola lahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini bagus nih PT nya baik. Jadi sama-sama menguntungkan ya. Good job

      Hapus
  13. Kebetulan saya dan suami ada lahan kosong. Sudah ada rencana bikin peternakan. Dapet lahannya agak jauh dr kota. Mudah2an lancar. Terima kasih sharingnya bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren nih Mba untuk bisnis, semoga lancar ya usahanya, aaamiiin, terima kasih juga sudah berkunjung ke blog sederhana ini.

      Hapus
  14. Ini sejalan dengan pesan mentri keuangan ibu Sri Mulyani..jangan biarkan asset (lahan) nganggur... meskipun sedikit usahakan untuk tetap produktif... dibagian ini saya juga masih harus banyak belajar kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas, kalo ada lahan kosong, jangan dibiarkan kosong, cobalah diolah dan dijadikan lahan untuk bisnis.

      Hapus
9175547286367599956