BLANTERVIO103

5 Cara Investasi untuk Biaya Pendidikan Sekolah Anak

5 Cara Investasi untuk Biaya Pendidikan Sekolah Anak
2021-09-10

Tips Mengelola Keuangan untuk Biaya Pendidikan Sekolah Anak

Sudah bukan rahasia lagi jika biaya pendidikan selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Keadaan ini memaksa para orang tua harus pandai mengelola keuangan agar bisa membiayai kebutuhan sekolah anak, mulai dari biaya pendaftaran, uang pembangunan, peralatan sekolah, baju seragam dan lainnya.

Kondisi finansial setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang mampu untuk membayar biaya sekolah anaknya, tetapi ada juga yang harus memutar otak untuk mencari dana agar bisa membayar biaya pendidikan bagi anaknya.

Cara Investasi untuk Membiayai Pendidikan Sekolah Anak

Kebutuhan sehari-hari termasuk ke dalam rencana keuangan jangka pendek. Artinya arus dana yang kamu keluarkan sifatnya harian. Sementara, kebutuhan pendidikan anak termasuk rencana keuangan jangka menengah - jangka panjang. Jadi sebaiknya kamu memiliki rencana keuangan yang matang.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan instrumen investasi yang tepat. Tujuannya nanti agar ketika anak akan mulai sekolah, kamu telah siap secara finansial, sehingga kamu tidak bingung lagi menyiapkan uang.

Berikut adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuanganmu agar bisa membiayai pendidikan anak.

1. Menabung

Belajar menabung sejak usia dini adalah suatu keharusan. Cara ini bisa membuat kamu jadi lebih disiplin dalam mengelola keuangan. Salah satunya dengan cara menabung di bank. Percaya atau tidak, menabung di bank masih menjadi pilihan favorit bagi banyak masyarakat.

Kamu bisa membuka rekening tabungan biasa atas nama anak secara langsung. Setelah punya tabungan, langkah selanjutnya adalah rajin untuk menyimpan uang. Kuncinya tentu kamu harus disiplin dan sabar, karena sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit.

2. Tabungan pendidikan

Alternatif kedua adalah membuka tabungan pendidikan. Berbeda dengan tabungan biasa, tabungan pendidikan merupakan produk tabungan berjangka yang biasanya memiliki tambahan fasilitas, misalnya saja, asuransi jiwa atau asuransi kesehatan.

Umumnya setiap bank memiliki produk tabungan pendidikan. Uang yang disetorkan diambil dari rekening pribadi di bank yang sama dengan sistem auto-debit setiap bulannya. Pertimbangan memilih tabungan pendidikan adalah karena dianggap lebih praktis, nominal tabungan terjangkau dan aman.

Contoh tabungan pendidikan adalah BNI Tapenas, Tabungan Rencana Bank Mandiri, PermataProteksi Masa Depan+, Tabungan Pendidikan Xtra CIMB Niaga, Tahapan Rencana iB BCA Syariah, BriTama Rencana BRI dan Maybank Tabungan EduPlan.

3. Deposito

Investasi untuk pendidikan sekolah yang berikutnya adalah deposito. Deposito bisa menjadi alternatif bagi para orang tua, karena deposito dianggap punya banyak kelebihan, biasanya bunganya lebih tinggi dan bisa menentukan jangka waktu yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.

Deposito cenderung lebih aman jika dibanding tabungan konvensional biasa, karena kamu tidak bisa seenaknya mengambil uang sebelum jatuh tempo. Kamu juga tidak bisa mengambil uang melalui ATM. Sehingga uang deposito akan tetap aman hingga dibutuhkan ketika anak akan sekolah.

4. Investasi emas

Salah satu investasi yang dinilai cukup baik adalah investasi emas, karena harganya yang relatif stabil dan mudah dijual kembali. Sebisa mungkin kamu menginvestasikan emas batangan dengan kadar 99 persen. Untuk membeli produk emas, kini tidak hanya tersedia di toko emas saja, tapi juga bisa membeli emas di PT Pegadaian, PT Aneka Tambang dan lainnya.

5. Investasi reksadana

Reksadana merupakan jenis investasi produk pasar modal yang dapat memberikan keuntungan jangka menengah - jangka panjang. Biasanya, untuk menikmati keuntungan hasil investasi reksadana minimal setelah 3 tahun. Bisa dibilang produk investasi reksadana ini cocok untuk persiapan sekolah anak-anak.

Sebagai pemula, kamu bisa mencoba berinvestasi dalam jumlah yang kecil. Keunggulan reksadana adalah modal investasi yang relatif terjangkau, minim risiko hingga keuntungan atau imbal yang didapat cenderung lebih tinggi dibanding tabungan bank biasa.

Menabung Sangat Baik untuk Investasi Biaya Pendidikan

Menabung dan menyusun rencana keuangan jangka menengah - jangka panjang memang suatu keharusan. Terutama bagi para orang tua yang anak-anaknya akan masuk sekolah baru. 

Yuk mulai sekarang rajin kelola keuanganmu dan persiapkan keuangan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhanmu, salah satunya membiayai pendidikan anak-anak.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

9175547286367599956