Review Aplikasi blu. Urusan Perbankan Jadi Lebih Mudah! - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Review Aplikasi blu. Urusan Perbankan Jadi Lebih Mudah!

blu by BCA digital

Punya aplikasi bank digital itu sangat menyenangkan dan bisa bikin hidup jadi lebih praktis. Salah satunya yang sudah cukup lama saya
install di hape adalah aplikasi blu by BCA Digital. Semenjak punya blu, saya jadi lebih semangat untuk menabung. Nah berikut, adalah review aplikasi blu dan pengalaman menggunakan aplikasi blu.

Sebelum menggunakan blu, saya hanya punya satu tabungan saja. Sementara saya harus melakukan banyak transaksi dari rekening tersebut, mulai dari transfer, bayar listrik, beli pulsa dan kebutuhan lainnya. Belum lagi saya juga sering transaksi digital lewat aplikasi keuangan digital di hape.

Kebutuhan yang sangat kompleks tersebut, pastinya akan mengancam saldo tabungan saya. Jika saya tidak segera membuka tabungan baru, lama kelamaan uang di tabungan akan habis terpakai. Ujung-ujungnya saya tidak punya uang sama sekali. Makanya saya pengen segera punya aplikasi keuangan terbaik untuk mempermudah urusan perbankan.

Kenalan Lebih Dekat Dengan blu

Melalui blog Akubisnis.com saya ingin review aplikasi blu, sebagai salah satu aplikasi bank digital terbaik. Kebetulan di blog ini memang membahas berbagai masalah bisnis dan keuangan, jadi saya rasa akan sangat relevan sekali.

Perlu kamu ketahui, blu merupakan produk mobile banking yang dikeluarkan oleh BCA Digital, anak perusahaan dari BCA Group. Aplikasi blu secara resmi diluncurkan pada 2 Juni 2021. Aplikasi blu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan keuangan nasabah dengan lebih baik, lebih mudah dan lebih modern.

Aplikasi Android blu

Sebagai platform perbankan next generation, blu akan menyuguhkan pengalaman perbankan yang jauh lebih optimal. Tampilannya juga lebih fresh dan colorful yang disesuaikan dengan generasi muda yang gemar bertransaksi secara digital.

Berbeda dengan bank konvensional lainnya, blu tidak punya kantor cabang (branch-less), meskipun infrastrukturnya tetap terintegrasi dengan BCA, seperti call center dan jaringan ATM. Seluruh aktivitas layanan perbankan dilakukan melalui hape, sehingga bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

Ada Fitur Apa Saja di blu?

Aplikasi keuangan terbaik ini punya beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh bank digital lainnya. Saya pribadi sudah mencoba beberapa fitur yang ada, dan itu sangat membantu sekali dalam mengatur keuangan sehari-hari. Saya pikir blu ini bakalan cocok dengan apa yang saya butuhkan selama ini. 

Kamu penasaran ada fitur apa saja di aplikasi blu? Yuk simak fitur-fitur keren dari blu berikut ini :

bluAccount

bluAccount ini adalah rekening utama yang akan kamu gunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi, mulai dari transfer ke sesama rekening blu atau ke bank lain, bayar/beli, tarik tunai lewat ATM, bayar pakai QRIS dan yang paling baru bisa transfer ke BCA virtual account.

Setiap nasabah blu atau biasa disebut sobatblu akan memiliki satu nomor rekening bluAccount. Untuk mengisi saldo bluAccount, kamu bisa setor melalui online banking, ATM Prima dan ATM Bersama. Asyiknya lagi, kamu bakal dibebaskan dari biaya administrasi. 

bluSaving

Dengan bluSaving, kamu bisa lebih mudah untuk membuka tabungan baru hingga maksimal 10 tabungan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Enaknya punya bluSaving, kamu bisa menentukan sendiri goal yang ingin kamu capai, misalnya kamu mau pergi liburan, mau beli laptop baru atau biaya pernikahan.

Kamu bisa menentukan sendiri jumlah setoran, memilih nama untuk tabunganmu hingga kapan goal tersebut akan selesai. Kamu bisa mengaktifkan fitur autodebit untuk mempermudah setoran ke bluSaving. Jika goal sudah tercapai, kamu bisa menutup bluSaving dengan mudah.

bluGether

Melalui fitur bluGether, kamu bisa patungan mengumpulkan dana menjadi satu tabungan. Creator adalah nasabah yang membuat rekening bluGether. Sedangkan nasabah blu yang diundang ke dalamnya disebut Member. Baik Creator maupun Member bisa ikut memonitor transaksi dan saldo rekening bluGether agar lebih transparan.

bluGether ini berguna banget bagi kamu yang ingin patungan dana untuk memberikan hadiah kepada orang tersayang. Misalnya saja kamu bisa patungan dengan adik atau kakakmu untuk belikan ibu hadiah liontin atau belikan ayah kado jam tangan.

bluDeposit

Bagi kamu yang ingin punya deposito, kamu bisa memanfaatkan fitur bluDeposit. Dana yang dibutuhkan untuk membuka deposito miniimal 1 juta. Tenor yang bisa kamu pilih mulai dari 1 hingga 12 bulan. Kamu bisa memilih tipe deposito (Non-ARO, ARO, ARO+) sesuai dengan kebutuhan.

Adapun perbedaan dari Non-ARO, ARO maupun ARO+ adalah sebagai berikut :

  • Non ARO (Non-Automatic Roll Over) : deposito akan berakhir sesuai dengan tenor yang dipilih
  • ARO (Automatic Roll Over) : deposito yang diperpanjang otomatis jika jatuh tempo. Dana yang diperpanjang hanya pokoknya saja
  • ARO+ (Automatic Roll Over Plus) : deposito yang diperpanjang otomatis jika jatuh tempo. Namun dana yang diperpanjang adalah akumulasi pokok dan bunga

Pengalaman Menggunakan Aplikasi blu by BCA Digital

Pada artikel review aplikasi blu kali ini, saya juga ingin berbagi pengalaman menggunakan aplikasi blu untuk berbagai kebutuhan. 

Aplikasi Android blu

Awal perkenalan saya dengan blu adalah setelah membaca banyak ulasan teman-teman blogger yang telah lebih dulu menggunakan blu untuk menunjang berbagai aktivitas perbankan, salah satunya adalah menabung. Apalagi nasabah blu bisa punya maksimal 10 tabungan di dalam satu aplikasi. Jadi saya tidak perlu buka rekening baru lagi di bank lain.

Berhubung fitur-fitur yang ditawarkan blu ini oke banget dan sesuai dengan kebutuhan saya, tanpa pikir panjang lagi, saya pun langsung meng-install aplikasi blu di hape.

Jujur saja, tampilan menu utama di blu ini simpel banget. Hanya ada tiga menu utama saja, yang terdiri dari menu Tracker, Home dan Simpanan.

Aplikasi bank digital terbaik ini didominasi oleh warna putih dan sedikit balutan warna biru cyan. Namun begitu kamu masuk ke menu Simpanan, kamu akan menemukan fitur-fitur blu dengan kombinasi warna yang colorful, sehingga memberikan kesan ceria.

Manfaatkan tracker sebagai bahan evaluasi

Saya selalu memanfaatkan menu Tracker untuk melihat arus kas masuk dan kas keluar. Laporan cash-flow akan ditampilkan bulanan. Dari sini, saya bisa lebih mudah untuk mengevaluasi keuangan, sehingga lebih mudah untuk menyusun rencanan keuangan bulan berikutnya.

Review Aplikasi blu

Fitur tracker ini penting banget untuk mengetahui kondisi keuanganmu setiap bulannya. Kamu bisa dengan mudah melihat transaksi mana saja yang penting atau tidak, sehingga kamu bisa mengambil kesimpulan finansial dengan lebih mudah. 

Membuka tabungan pendidikan

Rencananya, saya mau buka tabungan pendidikan untuk kedua anak saya. Apalagi mereka akan mendaftar ke sekolah di waktu yang bersamaan tahun 2022 nanti. Si sulung akan masuk ke SMP. Sementara si bungsu akan masuk ke SD.

Review Aplikasi blu

Beruntung banget saya sudah menjadi nasabah blu, sehingga lebih mudah untuk membuka tabungan pendidikan lewat fitur bluSaving. Saya bisa lebih aman menabung lewat fitur bluSaving, karena uangnya tidak mudah untuk diambil.

blu bertabur promo

Nah bagi kamu yang belum punya aplikasi blu, buruan segera install dan buka rekening baru, agar kamu bisa mendapatkan banyak promonya. Kabar baiknya, hingga tulisan ini dibuat, blu mengadakan kerja sama dengan marketplace blibli lho.

Aplikasi Bank Digital Terbaik

Aplikasi Keuangan Terbaik

Kamu bisa dapetin potongan harga saat berbelanja di blibli pakai blu. Tidak hanya itu saja, blu juga kerja sama dengan banyak merchant lainnya. Promo ini tentu saja bisa lebih menghemat pengeluaranmu, terutama bagi kamu anak kost. Promo dari blu bakalan cocok sekali.

Alasan Menggunakan Aplikasi blu 

Aplikasi blu sudah mengobati rasa galau saya dalam menemukan aplikasi keuangan digital yang membantu saya memudahkan urusan perbankan. Saya tidak perlu pusing mikirin saldo tabungan lagi, karena saya sudah bisa mengalokasikan sebagian uang ke tabungan yang lain di blu. 

Melalui review aplikasi blu ini, saya punya beberapa alasan mengapa saya tertarik menggunakan blu, berikut ini :

  • Proses registrasi cepat, mudah dan praktis. Cukup lewat hape saja
  • Bisa buka tabungan tanpa setoran awal / minimal
  • Bisa punya 10 tabungan dalam satu aplikasi
  • Fitur aplikasi cukup lengkap, meski perlu ditambah lagi 
  • Aplikasinya ringan dan mudah digunakan
  • Bisa melakukan banyak transaksi perbankan
  • Bisa transaksi kapan saja dan di mana saja
  • Bebas biaya administrasi
  • Pilihan bank lokal cukup lengkap
  • Bisa melihat riwayat transaksi
  • Cocok untuk membantu mengelola keuangan

Cara Membuka Rekening blu Lewat Aplikasi redi

Punya beberapa aplikasi perbankan di satu ponsel memang sangat praktis. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan hanya dari satu aplikasi saja. Nah kabar baiknya, kamu bisa membuka tabungan digital blu secara langsung dari aplikasi redi.

redi adalah aplikasi perbankan besutan Telkomsel yang digunakan untuk memudahkan aktivitas digital masyarakat. Dengan beragam fitur baru yang ditawarkan, aplikasi ini bisa meningkatkan pengalaman pelanggan dalam mengakses menu keuangan dari berbagai layanan perbankan di Indonesia yang lebih terintegrasi dan aman.

Hingga tulisan ini dibuat, ada lebih dari 20 institusi perbankan ternama yang telah tergabung dan terintegrasi dengan layanan Telkomsel redi, salah satunya adalah blu. Lewat aplikasi redi, kamu bisa membuka tabungan digital blu.

1. Install aplikasi blu

Langkah pertama, kamu perlu install aplikasi blu di hape. Aplikasi blu tersedia untuk pengguna Android dan iPhone. Ukuran aplikasinya juga kecil, sehingga tidak banyak makan memori hape.

2. Install aplikasi redi

Selanjutnya, install aplikasi Telkomsel redi di ponsel.

Pengguna Android install di sini : Aplikasi redi

3. Registrasi aplikasi redi

Review Aplikasi blu

Agar kamu bisa menggunakan seluruh fitur di redi, kamu wajib mendaftarkan nomor Telkomsel di aplikasi redi. Pertama-tama, klik KIRIM SMS, lalu setujui persyaratan. Nanti kode OTP akan dikirim lewat SMS. Selanjutnya kamu buat PIN aplikasi redi.

4. Daftarkan rekening utama

Aplikasi Keuangan Terbaik

Setelah proses registrasi selesai, kamu wajib mendaftarkan rekening utama di aplikasi redi. Lalu pilih bank BCA Digital, lalu klik Hubungkan dengan Rekening blu.

5. Mulai langkahmu bareng blu

Aplikasi Keuangan Digital Terbaik

Kamu akan diarahkan ke halaman blu. Lalu klik Yuk Mulai! untuk lanjut ke proses berikutnya. Baca dan pahami terlebih dulu persyaratan. Jika sudah selesai baca persyaratan dan setuju, kemudian centang dan klik Lanjut.

6. Persiapkan data

Untuk lanjut ke tahapan berikutnya, siapkan E-KTP, NPWP (opsional) dan koneksi internet yang lancar. Pastikan kamu berusia minimal 17 tahun dan sudah punya E-TKP, warga negara Indonesia dan tidak punya kewajiban perpajakan di negara lain.

Review Aplikasi blu

Kamu diminta untuk memasukkan nomor hape. Nanti kode verifikasi akan dikirim melalui SMS. Masukkan juga alamat email yang valid ya. Untuk alasan keamanan berlapis, kamu wajib membuat password blu dengan kombinasi huruf besar, angka dan tanda baca.

7. Isi data diri dan pengenalan wajah

Review Aplikasi blu

Selanjutnya isi data diri dengan benar sesuai dengan pertanyaannya. Foto KTP kamu dengan jelas, masukkan alamat dengan lengkap dan nama gadis ibu kandung sesuai dengan Kartu Keluarga. Lalu kamu diminta untuk foto selfie untuk proses pengenalan wajah.

8. Pilih nasabah BCA atau bukan

Jika kamu belum punya rekening di BCA, maka kamu pilih Saya Bukan Nasabah BCA. Namun jika kamu sudah punya rekening di BCA, siapkan Kartu ATM BCA dan pastikan nomor hape yang terdaftar di e-banking BCA aktif untuk menerima OTP.

blu by BCA Digital

Selanjutnya baca syarat dan ketentuan lebih lanjut. Jika sudah selesai membaca dan setuju, lalu centang dan klik Lanjut.

9. Verifikasi data

Masih di aplikasi redi, lalu kamu akan diarahkan untuk login ke blu. Masukkan password yang telah kamu buat tadi. Setelah itu lanjut ke verifikasi data lewat video call dengan petugas haloblu. Pastikan kamu memegang E-KTP dan koneksi internetmu stabil. 

Aplikasi Bank Digital Terbaik

Jika kamu tidak bisa terhubung dengan petugas haloblu (layar hape hitam blank), kamu bisa video call melalui aplikasi blu langsung. Seperti yang saya alami dalam proses pendaftaran di aplikasi redi. Akhirnya verifikasi data lewat aplikasi blu malah berhasil.

10. Pembukaan rekening selesai

Aplikasi Keuangan Terbaik

Setelah proses verifikasi berhasil, kamu hanya tinggal menunggu saja untuk aktivasi akun blu. Nanti akan ada notifikasi jika pembukaan rekening blu telah berhasil. Proses aktivasi akun tidak sampai 1 jam sudah selesai. Rekening blu saya sudah aktif.

Review Aplikasi redi

Selain mengulas aplikasi blu, saya juga ingin sekalian review aplikasi redi dan menjelaskan ada fitur apa saja di redi. 

Karena alasan tertentu, kamu mungkin saja punya lebih dari satu aplikasi m-banking di hape. Namun cara ini sebenarnya kurang efektif, karena bisa saja hape jadi lemot kebanyakan aplikasi atau kamu bakalan repot bolak-balik buka aplikasi m-banking.

Review Aplikasi redi

Dengan aplikasi redi, kamu tidak perlu install banyak aplikasi m-banking, cukup dari satu aplikasi redi saja. 
Selain blu, kamu juga bisa mendaftarkan bank lainnya lho.

Di redi, kamu juga bisa melakukan berbagai macam transaksi digital, mulai dari bayar pakai QRIS, transfer dan pembayaran lainnya.

Menariknya lagi, di redi juga banyak promo dan diskon menarik lho. Seperti jika kamu buka rekening blu lewat aplikasi redi, kamu akan mendapatkan kuota internet 6GB.

Alasan Menggunakan Aplikasi redi

  • Bisa punya banyak rekening bank di satu aplikasi
  • Fitur cukup lengkap untuk urusan perbankan
  • Aplikasi mudah digunakan
  • Urusan perbankan jadi lebih praktis
  • Transaksi lebih aman
  • User interface aplikasi mudah dipahami

Demikian artikel tentang review aplikasi blu dan juga review aplikasi redi yang bisa Akubisnis.com bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin kemudahan dalam bertransaksi keuangan secara online lewat hape.

Bagi kamu yang belum punya tabungan blu, yuk segera install aplikasinya, buka rekening baru dan dapatkan manfaat serta pengalaman bertransaksi yang jauh lebih menyenangkan.

Previous
Next Post »

38 komentar

  1. Jadi ingat ketika saya daftar blu by BCA Digital waktu pencocokan data saat divideo call langsung oleh petugas itu banyak dramanya. Sinyal tidak stabil bikin saya harus mengulang beberapa kali dan ganti ganti tempat. Hehehe
    Senangnya sih sekarang sudah punya rekening blu ini dengan nomor yang cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, untuk video call internetnya harus stabil, biar lancar proses verifikasinya.

      Hapus
  2. Nabung di blu itu enak karena bisa buat pos-pos sesuai pengennya kita. Terus nggak perlu ke bank juga sih. Namanya juga bank digital ya. Dan kalo ada maintenance ada notifnya jadi tapi biasanya tengah malam sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah salah satu keunggulannya blu, bisa menabung ke pos yang berbeda...

      Hapus
  3. Keren banget nih, blu digital. Urusan perbankan jadi praktis dalam genggaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya dong Mba Farida. Era digital harus serba praktis lewat hape...

      Hapus
  4. Benar sekali, Mas. Kehadiran aplikasi keuangan online membuat hidup lebih mudah dan menyenangkan. Misalnya ingin bayar atau beli apa. Tidak perlu repot transfer lewat ATM. Sambil rebahan juga bisa transfer. Enaknya lagi, bisa narik duit di ATM BCA tanpa kartu ATM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ye kaan, zaman gini gitu loh, semua harus serba cepat dan praktis biar lebih efisien.

      Hapus
  5. pake blusaving jadi lebih teratur buat ngatur keuangan n pos anggaran lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah salah satu fitur yang ngebantu banget menabung jadi lebih mudah Mas Priyo. Udah install blu belum? Yuk ah cobain fitur-fitur kerennya...

      Hapus
  6. Dengan hadirnya aplikasi Blu Digital yang didukung oleh aplikasi Redi Telkomsel, akses perbankan digital jadi lancar jaya ya. Keuntungan banyak, akses cepat, dan selalu dapat dipantau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget Mba Salma. Kolaborasi antara blu dan redi jadi kelebihan tersendiri. urusan perbankan jauh lebih mudah dan akses juga cepat.

      Hapus
  7. aku pakai aplikasi blu juga, Kak. menurutku sangat nyaman digunakan, cepat, dan gak pernah ada keluhan app eror atau semacamnya.. ga heran sih yaa kan anaknya BCA yang udah terjamin juga kualitas dan pelayanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu dong. Paling kalo ada perbaikan, biasanya ada notifikasi dan waktunya malam hari. Pastinya dong, pelayanan harus prima, kan anak dari BCA,..

      Hapus
  8. Saya juga tertarik setelah membaca review teman-teman yang sudah menggunakan blu by bca digital.. Ternyata semakin praktis lagi dengan aplikasi redi ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi Mba Nathalia. Selamat mengeksplor aplikasi blu ya, dan semoga bisa bermanfaat...

      Hapus
  9. Bener banget iniii, aku pakai blu jadi terbantu banget untuk urusan saving.mulai dari tabungan untuk blogging sampai ke pendidikan anak. happy ketemu blu

    BalasHapus
  10. aku pun udh buka rekening blu karena penasaran dan ternyata bikin akun rekeningnya emang segampang itu dan yg paling menarik ga perlu deposit uang mengendap yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh, nggak perlu minimal saldo untuk buka rekening. Udah gitu prosesnya mudah dan cepat. Pokoknya praktis banget deh...

      Hapus
  11. Aku aku aku, Mas. Baru aja buka rekening di blu lewat redi dan emang enak banget. Apalagi bisa lewat hp gak perlu dateng offline ke bank. Prosesnya mudah dan cepat juga. Jadi pilihan banget emang ini dua aplikasi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah senengnya sudah punya akun blu. Tinggal rajin nabung aja ya Mba Mita.

      Hapus
  12. Aplikasi blu ini cocok banget buat yang punya banyak rencana anggaran di masa depan. Cukup satu rekening utama tapi bisa pecah akun sampai 10 jenis tabungan. Gak ribet karena semuanya bisa dilakukan secara online saja. Beneran aplikasi cerdas dan cocok untuk yang baru memulai perencanaan keuangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya nih, bagus banget buat bikin rencana keuangan. Bagusnya lagi bisa bikin 10 tabungan di rekening yang sama.

      Hapus
  13. Akupun termasuk orang yang tertarik daftar BLU Karen baca review temen-temen blogger juga. Alhamdulillah beneran ngebantu banget deh jadi lebih bisa nyimpen uang karena rekeningnya bisa berbeda-beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, syukur deh kalo memang sangat bermanfaat...

      Hapus
  14. kebetulan banget saya juga pakai aplikasi blu, useful banget karena ada deposito, ada tabungan bersama teman atau keluarga, terus bisa buat tabungan 10 dengan cukup 1 akun saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah nyobain fitur yang mana aja Mba Mei? Saya sendiri baru nyoba fitur bluSaving. Berguna banget buat bikin tabungan berbeda-beda...

      Hapus
  15. Canggih banget sih..aplikasi blu by BCA Digital ini.
    Meski terbilang baru diluncurkan, tetapi fitur dan pengembangan aplikasinya juara. Memudahkan nasabah banget dalam urusan perbankan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sistem BCA mah pasti canggih dan aman Mba, insha Allah. Sudah seharusnya memang begitu, biar nasabah lebih mudah lagi dalam urusan perbankan...

      Hapus
  16. aku pengguna blu juga, tos! seneng banget aku pakai blu, jadi bisa pisah-pisahin tabungan. berguna banget biar gak kecampur dan asal ambil wqwqwq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu dong. Berguna banget buat misahin tabungan biar nggak mudah terpakai.

      Hapus
  17. Aku tertarik dengan aplikasi Blu ini tapi belum eksekusi. Pas banget nih buat aku buat tabungan yang berbeda-beda. Bisa bikin tabungan Qurban, tab pajak mobil, tabungan daftar ulang, tabungan traveling. Lengkap ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau ditulis tabungan apa aja terserah Mba Nunung. Asyik kan?? Buruan install...

      Hapus
  18. blu ini lengkap bener ya fiturnya, bener-bener mewadahi kebutuhan untuk mengatur keuangan. ada untuk pos-pos tabungan savings, untuk top up gopay juga ada kuota gratisnya. yang pasti ada tracker yg bisa ngasih sinyal/kode nih apakah pengeluaran bocor atau enggak, serruu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul sekali apa yang disampaikan Mba Marfa di kolom komentar ini. Superb!!!

      Hapus
  19. Mengatur keuangan itu bisa dibilang susah-susah gampang ya kak. Apalagi kalau tipe orang yang mudah tergiur promo. Wesss... Susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, harus bisa mengerem keinginan untuk belanja. jangan mudah tergiur dengan promo...

      Hapus


EmoticonEmoticon