5 Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil, tapi Menjanjikan! - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

5 Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil, tapi Menjanjikan!

Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil tapi Menjanjikan

Punya bisnis sampingan itu memang sangat menyenangkan guys. Selain bisa mendapatkan penghasilan, bisnis sampingan juga bisa menjadi penopang kebutuhan ekonomi keluarga. Makanya tidak heran jika saat ini banyak sekali keluarga yang memutuskan untuk menjalani bisnis sampingan dari rumah. Jenis bisnis yang dipilih pun beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Meski kelihatannya mudah, akan tetapi pada praktiknya menjalani bisnis rumahan penuh dengan tantangan. Jangan sampai bisnis rumahan yang baru saja kamu rintis, berhenti di tengah jalan, karena kamu menerapkan strategi yang salah. 

Maka dari itu, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah memilih jenis bisnsi yang diminati dan dibutuhkan oleh banyak orang, sehingga produk yang kamu jual akan laris manis

Selain itu, kamu juga harus mengetahui beberapa triknya terlebih dulu agar bisnis yang kamu jalani bisa berkembang dengan baik, sehingga bisnis tersebut mampu bersaing dan tahan lama. Lantas, usaha apa saja yang cocok dilakukan dari rumah, meski dengan modal yang relatif kecil? 

Berikut Akubisnis.com telah merangkum lima ide bisnis rumahan yang anti-mainstream dengan modal realtif kecil yang hasilnya cukup menjanjikan :

1. Bisnis kuliner

Bisnis Rumahan Modal Kecil Menjanjikan

Bisnis makanan maupun minuman memang paling diminati di kalangan masyarakat. Apalagi setiap orang pasti membutuhkan makan dan minum. Bahkan bisnis makanan bisa dibilang salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati dilekang waktu.

Jualan makanan dari rumah juga perlu tahu triknya agar bisnis kamu tetap eksis dan bisa bersaing. Apalagi saat ini banyak masyarakat yang memilih jenis bisnis yang sama. 

Berikut kami bagikan tips dan trik sukses bisnis makanan di rumah :

  • Menjaga kualitas makanan tetap enak. Jangan sekali-kali mengecewakan pelanggan.
  • Berikan harga jual yang wajar dan jangan terlalu overprice, karena pelanggan pasti akan memilih harga yang paling terjangkau.
  • Layanan delivery, agar pelanggan merasa senang dan tidak perlu repot keluar rumah. Kebanyakan orang tentu menyukai hal yang praktis bukan?
  • Jenis makanan yang bervariasi. Usahakan untuk menjual makanan dengan ragam yang lebih bervariasi, agar pelanggan punya banyak pilihan dan tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja.
  • Makanan yang fresh. Pelanggan lebih menyukai makanan yang fresh dan baru dibuat, bukan makanan yang bekas dihangatkan.
  • Sesuaikan dengan pesanan. Jual makanan yang disesuaikan dengan pesanan pelanggan saja, agar tidak ada makanan yang mubazir, karena tidak laku terjual. Selain itu juga bisa menghemat biaya produksi.
  • Jika menyediakan layanan makan di tempat, berikan fasilitas yang memadai. Pastikan tempat makan bersih dan higienis.

2. Jualan pulsa

Bisnis Rumahan Modal Kecil Menjanjikan

Kebutuhan akan internet semakin hari semakin tinggi. Hampir semua orang dari berbagai kalangan dan usia saat ini telah menggunakan internet untuk berbagai kebutuhan. Fenomena ini tentu dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menawarkan bisnis pulsa data dan internet.

Selain jualan pulsa internet, kamu juga bisa menawarkan pulsa token listrik. Bisnis pulsa juga kerap dianggap sebagai bisnis yang tidak pernah mati. Bisnis pulsa juga cukup mudah dilakukan. 

Namun kamu tetap perlu memperhatikan beberapa trik berikut agar bisnis pulsa kamu tetap awet dan mampu bersaing :

  • Pilih agen pulsa yang profesional dan terpercaya. Saat ini sudah banyak aplikasi agen pulsa yang bisa kamu unduh di Play Store. Pilih yang paling banyak digunakan masyarakat serta testimoni yang positif. Pilih juga aplikasi dengan fitur paling lengkap.
  • Tegas di awal. Ini penting banget saat kamu jualan pulsa agar tidak diutangi sama pelanggan. Kamu harus tegas bahwa pelanggan harus segera membayar pulsa. Hal ini untuk menghindari perputaran modal yang tersendat. Jualan pulsa itu susah-susah gampang. Susah jika pelanggan macet membayar pulsa. Gampang kalau tidak diutangi!
  • Fast response. Kamu harus cepat merespon saat ada pelanggan yang ingin membeli pulsa, terutama dalam keadaan urgent. Jangan sampai pelanggan terlalu lama menunggu respon kamu.
  • Buat pembukuan untuk memudahkan kamu mencatat setiap transaksi yang terjadi.

3. Bisnis sewa lahan

Bisnis Rumahan Modal Kecil Menjanjikan

Bisnis yang satu ini mungkin masih agak asing di telinga. Namun bisnis penyewaan lahan sudah mulai diminati oleh masyarakat, karena hasilnya juga cukup menjanjikan. Kamu bisa memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis yang lebih bervariasi, mulai dari sewa lahan parkir, bisnis cocok tanam, sewa lahan untuk industri dan lain sebagainya.

Adapun trik yang perlu kamu terapkan agar bisnis sewa lahan bisa lebih menguntungkan adalah sebagai berikut :

  • Cari partner bisnis yang tepat. Usahakan untuk menyewakan lahan yang kamu miliki kepada orang yang tepat. Cari tahu dulu lahan tersebut akan digunakan untuk bisnis apa. Jika perlu, buat surat perjanjian kerja sama di atas materai.
  • Bisnis yang lagi tren. Jika kamu ingin mengelola lahan milik kamu sendiri, maka pilihlah jenis bisnis yang sedang tren, misalnya lahan bisa digunakan untuk budidaya tanaman hidroponik rumahan atau budidaya tanaman aglonema maupun janda bolong.
  • Perawatan. Rawat lahan milik kamu dengan baik, agar memiliki value yang tinggi di mata calon penyewa.
  • Akses yang mudah. Berikan akses jalan yang mudah agar membuat calon penyewa lebih tertarik lagi.

4. Bisnis warung sembako

Bisnis Rumahan Modal Kecil Menjanjikan

Bisnis rumahan selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah berdagang. Pilihan paling tepat yaitu membuka warung sembako, di mana sembako merupakan kebutuhan pokok yang selalu dicari oleh masyarakat setiap harinya. Makanya tidak heran jika kamu sering banget melihat rumah yang juga membuka usaha warung sembako.

Lantas, bagaimana agar bisnis warung sembako milik kamu mampu bersaing dan menguntungkan? Berikut adalah beberapa trik yang perlu kamu perhatikan  :

  • Pelayanan yang prima. Meski kamu jualan sembako, tetap berikan pelayanan yang terbaik. Pembeli adalah raja. Jika kamu judes atau cetus saat melayani pelanggan, maka siap-siap saja pelanggan akan kapok belanja di warung kamu lagi.
  • Harga yang kompetitif. Berikan harga yang terbaik, bukan harga yang lebih mahal dari warung sebelah. Meski ada perbedaan harga, tapi masih dalam jumlah selisih harga yang masuk akal.
  • Beli dari agen langsung. Untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi, maka sebaiknya kamu membeli barang-barang langsung dari agen pertama. Selain itu, harga jualnya juga tidak terlalu tinggi dibanding warung sebelah, sehingga masyarakat menganggap warung kamu jauh lebih murah.
  • Bersih dan terawat. Jaga kebersihan warung agar enak dilihat dan disukai pelanggan. Apalagi barang-barang yang dijual tertata dengan rapi dan apik.
  • Aplikasi pengelola keuangan. Meski hanya alternatif saja, tapi sepertinya kamu tetap membutuhkan aplikasi pengelola keuangan untuk pembukuan agar lebih mudah mencatat transaksi yang terjadi setiap hari.

5. Jasa skill

Bisnis Rumahan Modal Kecil Menjanjikan

Selain menjual barang, kamu juga bisa menawarkan keahlian atau
skill yang kamu miliki kepada masyarakat. Misalnya jasa service peralatan rumah tangga (AC, mesin cuci, kompor, TV, komputer dan lainnya), bengkel motor atau mobil, pangkas rambut, jasa cuci steam motor atau mobil, jasa laundry dan lain sebagainya.

Selain memasang spanduk, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi chatting (seperti WhatsApp) untuk menawarkan keahlian yang kamu miliki, agar bisa dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat.

Trik yang bisa kamu coba terapkan agar bisnis ini bisa berjalan dengan lancar adalah sebagai berikut :

  • Promosi. Kamu bisa memberikan harga promo kepada pelanggan, agar pelanggan lebih tertarik. Misalnya 10 kali cuci motor, gratis cuci motor satu kali.
  • Harga yang kompetitif. Berikan harga yang terbaik agar bisnis kamu banyak peminatnya. Meski mungkin saja keuntungannya tidak terlalu besar, tapi kamu sudah punya cukup banyak pelanggan karena harganya dianggap lebih terjangkau.
  • Kualitas yang sebanding. Ada harga ada kualitas. Meski begitu, kamu tetap perlu mendahulukan kualitas agar pelanggan cukup puas dengan layanan jasa yang kamu berikan.

Bagaimana guys, apakah ada yang tertarik untuk mencoba salah satu bisnis tersebut? Jika iya, maka kamu bisa mencobanya sekarang juga dengan menerapkan trik-trik yang telah kami bagikan di atas. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terutama bagi kamu yang sedang bingung menentukan bisnis yang cocok dilakukan di rumah.

Previous
Next Post »

16 komentar

  1. yap... bener banget bisnis rumahan ini bisa dijalankan dari jualan kuliner, pulsa, jasa keahlian kita, warung sembako.. kalau ada lahan nganggur apalagi ini... disewakan langsung jadi uang... heheheheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, semakin kreatif, maka semakin menjanjikan,,,

      Hapus
  2. Sebenarnya ada banyak bisnis rumahan dengan modal kecil yang bisa dilakukan asal ada kemauan ya. kayak bisnis kuliner dan warung cocok sekali untuk ibu-ibu rumah tangga yang ingin punya penghasilan tambahan dari rumah.

    BalasHapus
  3. Aku juga bisnis rumahan dari rumah, kerja freelance haha. Kerja dari rumah tapi tetap menghasilkan dan gak pakai modal gede.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini yang paling enak ya Mba Indri. Termasuk ke salah satu investasi skill ini ya.

      Hapus
  4. saya dulu pernah di posisi bisnis no 2, 4, dan 5 ternyata sangat bisa di jalankan apabila tau trik dan belajar terus menerus walaupun ada yng hutang saat membayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren nih Masnya, ternyata sudah pernah praktik ke-3 bisnis rumahan ya. TInggal mencoba jenis bisnis rumahan yang lainnya dong.

      Hapus
  5. Kuliner rumahan sekarang banyak diminati kak, apalagi dengan modal sosmed aja open po jadi memasak sesuai jumlah po saja, Sayang Saya Tak pinter masak nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuliner rumahan sepertinya paling diminati Mba, selain simpel, hasilnya juga cukup lumayan.

      Hapus
  6. Bener banget, Kak.
    Alhamdulillah bisnis kuliner sama jualan pulsa bisa bantu pemasukan suami yang sejak pandemi tidak selalu menjanjikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bener lah kak, masa nggak sih, hehehe... Alhamdulillah ya, di tengah kondisi ekonomi yang carut marut ini, rasanya ngejalanin bisnis sampingan itu penting banget ya

      Hapus
  7. Zaman masih belajar daring sepertinya bisnis pulsa dan paket internet tetap stabil ya Mas.. soalnya anak-anak sekolah dan mahasiswa perlu terus kan ya agar tetap terhubung dengan guru dan sekolahnya. Nice tips ya bisnis2nya, tfs mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sepertinya cocok Mba, bisnis pulsa kan nggak pernah mati, selalu dibutuhkan oleh orang banyak.

      Hapus
  8. Setelah baca ini saya jadi pengen jualan pulsa lagi deh... Hehe tapi rasa-rasanya saat ini via aplikasi apapun sudah bisa sekalian beli pulsa sih. Mungkin jualan yang lain aja, jilbab, alat tulis or makanan. Yang pasti, tipsnya membantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo lebih semangat lagi untuk jualan pulsanya Mba. Sekarang lebih mudah bisa jualan pulsa lewat aplikasi.

      Hapus


EmoticonEmoticon