BLANTERVIO103

5 Tips Mengatur Keuangan Agar Tetap Aman Saat Work From Home

5 Tips Mengatur Keuangan Agar Tetap Aman Saat Work From Home
2021-08-20

Tips Mengatur Keuangan Tetap Aman Saat WFH

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH), kini menjadi rutinitas bagi sebagian besar orang di tengah pandemi corona. WFH, sangat dianjurkan agar dapat mengurangi penyebaran virus covid-19. WFH kelihatannya jauh lebih hemat dibanding bekerja di kantor. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, biaya makan dan berbagai pengeluaran lainnya.

Faktanya, tidak selamanya WFH itu bisa bikin hemat. Mungkin kamu tidak mengeluarkan ongkos atau membeli bensin untuk kendaraanmu. Namun kamu harus mengeluarkan uang untuk membayar biaya tagihan listrik, membeli kuota internet, air, gas hingga menyetok camilan di rumah.

Nah agar keuanganmu bisa tetap aman dan tidak boros saat kamu WFH, maka kamu bisa mencoba menerapkan tips mengatur keuangan saat WFH berikut ini :

1. Manfaatkan Promo dan Point Reward

Agar lebih hemat ketika kamu ingin belanja kebutuhan sehari-hari selama WFH, kamu bisa memanfaatkan promo maupun point reward. Misalnya, kamu bisa menukarkan point reward kartu kredit untuk membeli kebutuhan selama WFH. Kamu juga bisa membayar tagihan air dan listrik melalui dompet digital, agar bisa mendapatkan cashback.

Tips Mengatur Keuangan Agar Tetap Aman Saat WFH

Namun jika kamu memang ingin berbelanja barang elektronik, kecantikan dan kebutuhan rumah tangga lainnya, kamu bisa memilih rekomendasi produk di BestRekomendasi.id. Dengan cara ini pengeluaranmu menjadi lebih hemat, karena kamu akan mendapatkan barang yang benar-benar berkualitas yang telah direkomendasikan oleh website bestrekomendasi.id.

2. Cara Hemat Pesan Makanan Online

Tidak ada salahnya kamu memesan makanan online, ketika kamu tidak sempat masak di rumah. Mau makan di luar, tapi situasi tidak mendukung karena pandemi. Maka solusinya kamu bisa memesan makanan atau minuman secara online. Kamu tinggal duduk manis menunggu pesananmu datang.

Saat WFH, Bawaannya Pengen Ngemil Saja. Atur Keuanganmu Biar Tetap Aman Saat WFH

Namun agar pengeluaranmu tidak boros, kamu perlu menerapkan trik hemat belanja online. Misalnya saja kamu bisa memanfaatkan promo yang sering ditawarkan oleh suatu platform, mulai dari gratis ongkir, buy 1 get 1, cashback, diskon, beli makanan gratis minuman dan berbagai promo menarik lainnya.

3. Membeli Paket Data yang Lebih Murah

WFH bisa bikin dompet jebol, karena harus membeli paket internet. Apalagi jika kamu tidak dapat subsidi pulsa dari kantor, maka kamu terpaksa membeli paket internet sendiri. Kuota internet merupakan kebutuhan utama untuk bekerja online dari rumah. Apalagi biasanya biayanya cukup mahal untuk durasi 30 hari.

Keuangan Tetap Aman Saat WFH dengan Cermat Memilih Internet Provider yang Lebih Murah

Agar dompet kamu tidak jebol, maka kamu bisa mencari paket kuota internet yang lebih murah. Kamu bisa mencari informasi harga paket internet sebagai bahan perbandingan. Setelah menemukan yang lebih murah, kamu bisa menggunakannya. Kamu juga bisa memanfaatkan promo yang ditawarkan operator penyedia internet langgananmu.

4. Mencari Penghasilan Tambahan

Manfaatkan momen WFH untuk mencari penghasilan tambahan di rumah. Kamu bisa 'menjual' kemampuanmu, misalnya saja menjadi penerjemah, guru les, bisnis online, jualan pulsa, konten kreator, ngeblog atau mengisi survey online. Jika kamu jalani dengan tekun, bukan tidak mungkin berpeluang mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Mencari Penghasilan Tambahan Bisa Menjaga Keuangan Tetap Aman Saat WFH

Kamu juga bisa menyewakan kendaraanmu yang sedang menganggur di rumah. Atau kamu juga bisa memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis, misalnya saja kamu sewakan untuk diolah agar bisa menghasilkan. Semenjak pandemi seperti ini, kamu perlu pandai memutar otak agar keuanganmu tidak colaps.

5. Menabung untuk Dana Darurat

Untuk mengatur keuangan agar tetap aman selama WFH, alokasikan sebagaian penghasilanmu untuk menabung dan menyiapkan dana darurat. Sisihkan minimal 10 persen dari gajimu untuk dana darurat. Kamu bisa menyimpannya di dalam celenganmu atau menabung di bank.

Menyiapkan Dana Darurat Saat WFH Bisa Membuat Keuangan Tetap Aman

Dana darurat sangat bermanfaat ketika kamu berada di situasi darurat, seperti sakit atau ketika kamu terkena PHK. Kamu bisa memanfaatkan dana darurat untuk mencukupi kebutuhanmu, agar keuanganmu tetap berjalan. Jadi, jangan sepelekan dana darurat ya guys.

Biasanya, selama WFH berlangsung ada penyesuaian jumlah gaji yang kamu terima. Bersyukurlah kamu bisa tetap gajian meski jumlahnya mungkin berkurang, karena di luar sana masih banyak pengangguran yang menginginkan posisimu. Jadi atur sebaik mungkin keuanganmu ya guys.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 14 comments:

  1. Iya nih.. Buat aku yang gak ada fix income agak ngos2an juga buat menabung. Tapi selalu diupayakan menyisihkan dana untuk menabung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya terasa banget ya perjuangan menabung bagi seorang freelancer. Tetap semangat Mba, rezeki mah pasti ada saja!!

      Hapus
  2. Kalau dipikir-pikir WFO atau WFH sama-sama punya kelebihan dan kekurangan masing-masing sih yaa, jujur sih kadang mikir enak juga dua2 dijalaninya. Kalau aku tipe yang kalau sudah bosan di rumah sekali dalam dua minggu gitu pengen juga kerja di cafe atau dimana gitu biar gak bosan.

    Etapi tetep dong, mengatur keuangan seperti ini penting dan bermanfaat agar keuangan tetap stabil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget dong mengatur keuangan, biar kondisi finansial tetap terjaga dengan baik dan lancar.

      Hapus
  3. Saya suka cari rekomendasi produk di bestrekomendasidotid juga nih. Lumayan lengkap mulai dari skincare sampai elektronik ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata ada pengunjung setia website bestrekomendasi ya.

      Hapus
  4. Hiks
    Saya saja bingung mau nabung buat pendidikan anak dengan kondisi saat ini
    Namun, sekarang tawakkal saja sama Allah
    Pasti ada solusi dan anak-anak punya rezekinya masing-masing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin, tetap semangat berusaha Mba Rahmah.

      Hapus
  5. Selain keuangan yg membengkak badan jg ikutan bengkak mas hen hahaha. Harus ngatur makan bangett lah pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin maksudnya pengeluaran membengkak ya Mba. Kalau keuangan membengkak, ya alhamdulillah banget.

      Hapus
  6. aku gak ada wfh sih, tapi semua tips di atas emang penting banget dilakuin. nah tapi itu, kadang ngelakuinnya yang sulit dan mager 😂

    BalasHapus
  7. Aku biasanya yng poin nomer satu ikut dalam mencari cashback, biar hemat dan juga pengeluaran bisa di minimalisir hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mencari cashback adalah jalan ninjaku juga Mba.

      Hapus
9175547286367599956