5 Cara Memulai Bisnis Laundry untuk Pemula - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

5 Cara Memulai Bisnis Laundry untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Laundry untuk Pemula

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis laundry dari nol, sebaiknya kamu memahami terlebih dulu hal-hal apa saja yang harus dilakukan. Apalagi kamu tidak punya pengalaman membuka bisnis laundry sebelumnya, tentu kamu akan sedikit menemui kesulitan untuk memulainya. Maka dari itu, kamu perlu mempelajari seluk beluk tentang bisnis laundry sebelumnya.

Apa Itu Jasa Laundry?

Sebelum mulai ke tips memulai bisnis laundry, kamu pahami dulu apa itu jasa laundry. Jasa laundry merupakan sebuah usaha atau bisnis yang menawarkan jasa cuci berbagai barang, mulai dari pakaian, sepatu, selimut dan lain sebagainya. 

Harga jasa laundry di pasaran berbeda-beda, tergantung dari jenis barang yang dicuci. Misalnya saja harga jasa luandry pakaian berada di kisaran angka Rp 4 ribu hingga Rp 15 ribu. Atau jasa laundry sepatu dibanderol mulai dari Rp 15 ribu per sepatu.

Mengenal Jenis Bisnis Laundry

Kamu perlu mengetahui terlebih dulu apa saja jenis bisnis laundry yang ada di pasaran. Hal ini penting dilakukan agar kamu setidaknya punya gambaran, kira-kira ingin membuka bisnis laundry yang seperti apa. Apakah ingin fokus laundry kiloan, laundry khusus sepatu saja dan lain sebagainya.

Berikut jenis bisnis laundry yang perlu kamu ketahui :

1. Laundry ekspres

Sesuai dengan namanya, laundry ekspres memberikan pengerjaan yang cepat. Makanya jenis laundry ekspres ini harganya lebih mahal dibanding yang lainnya. Jika kamu ingin membuka jenis laundry ini, maka kamu perlu mempertimbangkan waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk mencuci dengan cepat.

2. Laundry hotel

Laundry hotel ini biasanya fokus mencuci berbagai keperluan hotel, mulai dari sprei, selimut, handuk dan lain sebagainya. Untuk bisa membuka laundry hotel, kamu harus pandai melobi agar bisa bekerja sama dengan banyak hotel. 

3. Laundry sepatu

Jenis laundry sepatu juga cukup banyak diminati. Apalagi mencuci sepatu juga tidak boleh asal-asalan, terutama sepatu-sepatu mahal, tentu membutuhkan perawatan yang ekstra. Mungkin saja prosesnya malah lebih rumit jika dibandingkan dengan mencuci pakaian biasa.

4. Laundry kiloan

Jenis usaha laundry yang satu ini adalah yang paling populer di kalangan masyarakat. Bisnis laundry kiloan menawarkan jasa mencuci pakaian dalam jumlah yang banyak sekaligus. Biasanya pengusaha laundry kiloan mencuci pakaian dalam satu mesin cuci secara bersamaan.

Keuntungan dan Kelemahan Bisnis Laundry

Langkah selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui apa saja keuntungan dan kekurangan membuka bisnis laundry, sehingga kamu telah memiliki persiapan matang dan memiliki langkah antisipasi yang baik selama menjalani bisnis laundry.

Mari kita lihat apa saja poin penting yang perlu kamu ketahui berikut ini :

Keuntungannya

  • Lebih mudah mencari pelanggan
  • Bisa membuka usaha dari rumah
  • Keuntungan yang didapatkan lumayan besar
  • Lebih mudah dijalani, karena tidak membutuhkan peralatan yang rumit dan berat
  • Jika kamu telah memiliki pelanggan tetap, peluang untuk mendapatkan keuntungan bisa lebih besar lagi

Kekurangannya 

  • Bisa dibilang tingkat persaingannya cukup tinggi, karena langkah memulai usaha laundry ini cukup mudah
  • Kamu membutuhkan banyak waktu dan juga tenaga yang besar
  • Modal yang dibutuhkan relatif besar, apalagi lebih dari satu mesin cuci dan mesin pengering
  • Jika terjadi kerusakan pada mesin cuci, membutuhkan perawatan yang lebih

Cara Memulai Bisnis Laundry untuk Pemula

Peluang untuk mendapatkan penghasilan bisnis laundry memang cukup besar. Namun kamu tetap membutuhkan strategi yang tepat untuk menjalaninya dan tidak boleh asal-asalan. Nah berikut adalah poin penting yang bisa kamu terapkan untuk memulai bisnis laundry :

Tips Mulai Bisnis Laundry

1. Pahami seluk beluk bisnis laundry

Sebelum memutuskan membuka usaha laundry, kamu perlu mengetahui seluk beluk tentang laundry. Poin penting yang bisa kamu perhatikan adalah bagaimana cara kerjanya. Peralatan apa saja yang perlu dipersiapkan. Kamu bisa membaca poin-poinnya di awal artikel.

Langkah ini penting dilakukan agar kamu tidak bingung saat bisnis telah berjalan. Kamu juga punya persiapan yang matang untuk memulainya. Dan yang terpenting kamu juga punya langkah antisipasi apa saja yang perlu dilakukan jika mengalami kendala saat bisnis telah berjalan.

2. Lokasi yang strategis

Seperti pada bisnis kebanyakan, kamu perlu mempertimbangkan lokasi bisnis yang strategis, agar bisnis kamu bisa dijangkau oleh orang banyak. Punya lokasi usaha yang strategis merupakan salah satu kunci sukses dalam berbisnis.

Lokasi yang baik untuk membuka usaha laundry biasanya di tengah pemukiman, berdekatan dengan kost atau kontrakan, berdekatan dengan kampus hingga asrama.

3. Persiapan modal awal

Untuk mulai bisnis laundry, kamu perlu menyiapkan modal untuk membeli peralatan pendukung. Jika kamu punya modal yang cukup besar, kamu bisa membeli lebih dari satu mesin cuci, mesin pengering, detergen, promosi atau menyewa sebuah ruko.

Namun jika modal kamu terbatas, kamu bisa membuka usaha laundry dari rumah saja dengan bermodalkan sebuah mesin cuci. Jika bisnis kamu telah berjalan dengan stabil, kamu bisa pertimbangkan untuk menambah mesin cuci yang baru lagi.

4. Perhatikan kompetitor

Agar kamu tidak kehilangan konsumen, kamu perlu memperhatikan berapa harga jasa laundry yang ditawarkan oleh kompetitor di sekitar kamu. Hal ini cukup penting dilakukan agar kamu bisa menghindari harga jauh di atasnya. Jika harga jasa laundry kamu lebih malah dari kompetitior, maka konsumen akan beralih ke kompetitor.

Namun jika kamu ingin harga jasa laundry yang kamu tawarkan di bawah kompetitor, pastikan harga tidak terlalu murah. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memberikan promo kepada konsumen, agar konsumen lebih tertarik.

5. Pelayanan yang memuaskan

Setelah kamu mendapatkan banyak konsumen, langkah berikutnya adalah pikirkan bagaimana konsumen tersebut bisa menjadi pelanggan yang loyal. Dengan memiliki banyak pelanggan setia, akan berpengaruh baik terhadap bisnis laundry yang kamu jalani.

Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan agar mereka tertarik ingin kembali lagi dan menjadi pelanggan setia. Ingat, service atau pelayanan adalah yang paling utama, apapun bisnis yang kamu jalani.

Agar bisnis laundry yang kamu jalani bisa berjalan lancar, kamu bisa pertimbangkan untuk menerapkan 5 cara di atas. Meski kamu menghadapi kendala di tengah-tengah usahamu, setidaknya kamu mampu meminimalisir risiko tersebut, karena telah memiliki bekal yang cukup.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon