Berapa Sih Biaya Naik Haji Tahun 2022? Simak Rinciannya di Sini! - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Berapa Sih Biaya Naik Haji Tahun 2022? Simak Rinciannya di Sini!

Biaya Naik Haji Tahun 2022 Lengkap

Kamu pasti penasaran banget kan, kira-kira berapa sih biaya naik haji di tahun 2022 ini? Sobat akubisnis, info ini sengaja admin sajikan, agar kita semua mengetahui perkiraan biayanya. Terutama bagi kamu yang masih penasaran dan terus bertanya-tanya.

Yah mungkin saja, setelah tau biayanya, kamu bisa langsung mengumpulkan uang untuk berangkat ke sana, bukan? Siapa tahu saja keinginanmu terkabul.

Seperti kita ketahui bersama, ibadah haji termasuk rukun Islam yang ke-5 dan merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Muslim, terutama bagi mereka yang mampu dan memiliki biaya yang cukup untuk menunaikannya.

Biaya naik haji selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Misalnya saja tahun 2020 lalu, biaya haji mengalami kenaikan mencapai Rp 35.2 juta. Sementara di tahun 2022 ini mencapai Rp 39.886.009 per jamaah.

Rincian Lengkap Biaya Naik Haji Tahun 2022

Besaran biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun 2022 sebesar Rp 39.886.009. Biaya ini sudah termasuk biaya penerbangan, biaya hidup (living cost), biaya akomodasi di Mekah dan Madinah serta biaya protokol kesehatan yang besarannya mencapai Rp 808.618.80 per jamaah pada tahun ini.

Volume makan yang awalnya hanya dua kali saja, sekarang dinaikkan menjadi tiga kali per hari selama jamaah berada di Mekah dan Madinah. Faktor inilah yang menyebabkan biaya haji 2022 mengalami kenaikan.

Namun, kenaikan ini disebut-sebut sebagai bentuk komitmen pemerintah dan DPR dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada para jamaah haji Indonesia.

Eit, masih ada tambahan biaya lainnya lho, yaitu sebesar Rp 41.053.216.24 per jamaah. Biaya ini terdiri dari nilai manfaat keuangan haji. 

Jika ditotal secara keseluruhan, maka jumlah biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) seluruhnya sebesar Rp 81.747.844.04 per jamaah.

Jumlahnya lumayan besar ya. Namun jika kamu memiliki kemauan yang kuat untuk menabung agar bisa naik haji, Insha Allah akan diberikan jalan kemudahan. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, selama Tuhan berkehendak. 

Semoga artikel mengenai biaya naik haji 2022 ini bisa bermanfaat, terutama bagi kamu yang memang merasa terpanggil dan ingin segera memenuhi rukun Islam yang ke-5 tersebut.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon