Pebisnis Wajib Tahu! Inilah 10 Penyebab Bisnis Tidak Berkembang - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Pebisnis Wajib Tahu! Inilah 10 Penyebab Bisnis Tidak Berkembang

Penyebab Bisnis Tidak Berkembang

Tidak sedikit pebisnis yang terlalu fokus pada keuntungan dan melupakan perkembangan bisnis yang sedang dijalaninya. Alhasil tanpa disadari, secara perlahan bisnis mengalami penurunan. Oleh sebab itu, penting bagi pebisnis untuk mengetahui penyebab bisnis tidak berkembang.

Pebisnis perlu memastikan apakah bisnis yang dijalaninya sedang baik-baik saja atau malah sebaliknya. Langkah ini penting dilakukan agar Anda dapat mengambil langkah preventif jika memang bisnis sedang mengalami penurunan.

Penyebab Mengapa Bisnis Tidak Berkembang

Tidak sedikit pebisnis yang mengalami kendala akibat bisnisnya tidak berkembang. Maka dari itu, simak beberapa poin penting di bawah ini untuk menemukan penyebab hambatan pada bisnis yang dijalani.

1. Perencanaan awal yang kurang matang

Salah satu modal utama dari sebuah bisnis adalah perencanaan awal yang telah disusun. Jika perencanaannya kurang matang, akan berimbas pada lambatnya bisnis untuk berkembang. Banyak pebisnis yang menjalani bisnis tanpa perencanaan dasar yang matang, sehingga bisnis gagal di tengah jalan.

2. Penerapan modal yang kurang baik

Kesulitan dalam mengelola modal menjadi salah satu penyebab bisnis tidak berkembang. Hal ini tentu pernah dialami oleh banyak pebisnis. Sangat penting bagi Anda untuk mengelola modal dengan baik dan terencana. Jika memang kurang modal, Anda bisa mengajukan pinjaman ke lembaga peminjam yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

3. Kurang disiplin dan aturan

Disiplin dan taat pada aturan yang ada merupakan langkah terbaik agar bisnis tetap berjalan dengan lancar. Disiplin dimulai dari si pemilik bisnis hingga karyawan yang menjalani operasional suatu usaha. Contohnya menerapkan aturan jam masuk dan jam pulang bagi karyawan.

4. SDM kurang mumpuni

Kemampuan SDM yang mumpuni menjadi salah satu kunci sukses suatu perusahaan. Sebaliknya, SDM yang kurang memadai hanya akan menghambat jalannya bisnis. Maka, pebisnis perlu untuk mengevaluasi serta memperbaharui SDM secara rutin dalam periode waktu tertentu.

5. Marketing berjalan sangat lambat

Marketing atau pemasaran merupakan jantung dari suatu bisnis, sekaligus menjadi kunci sukses suatu perusahaan. Tanpa marketing yang baik, Anda akan tertinggal oleh kompetitor. Tidak sedikit pebisnis yang bisnisnya mengalami penurunan, karena tidak mendapatkan konsumen baru atau kemampuan untuk mempertahankannya.

6. Inovasi yang lamban

Masih ingat dengan perusahaan sekelas NOKIA yang kalah bersaing dengan kompetitor dan harus ditinggalkan oleh konsumennya hanya gara-gara inovasi yang lamban. Jangan pernah menganggap remeh inovasi, apalagi jika banyak kompetitor di luar sana yang getol berinovasi. Kurangnya inovasi dalam bisnis, menjadi penyebab mengapa bisnis tidak berkembang dengan baik.

7. Target yang tidak optimal

Penyebab bisnis tidak berkembang selanjutnya adalah target yang ditentukan tidak optimal atau bahkan lebih parahnya lagi tidak ada target. Dalam menjalani suatu bisnis, sebaiknya Anda harus memiliki target setidaknya untuk lima tahun ke depan, agar dapat bersaing dengan kompetitor.

8. Kurang memahami kondisi pasar

Seiring berjalannya waktu, kondisi pasar akan selalu mengalami perubahan. Agar bisnis Anda tidak ditinggalkan oleh konsumen atau kalah bersaing dengan kompetitor, penting bagi Anda untuk mempelajari hal baru atau inovasi yang update di pasaran. 

9. Kurang mempelajari kompetitor

Agar bisnis dapat berkembang, Anda perlu memahami dan mempelajari kompetitor, mulai dari melakukan market research hingga langkah strategi yang diterapkan. Bentuk tim riset yang berpengalaman akan memberikan peluang besar untuk membantu memajukan perusahaan dengan secara cepat.

10. Merasa puas dengan pencapaian

Merasa cepat puas juga menjagi penyebab bisnis kalah saing dengan kompetitor lainnya. Perasaan puas dalam hal pencapaian bisnis memang wajar dirasakan oleh setiap pebisnis. Namun jangan sampai terlena terlalu lama. Ingat, persaingan di luar sana selalu ada dan mengalami perubahan yang cepat.

Demikian 10 poin penting penyebab bisnis tidak berkembang yang sebaiknya cepat diantisipasi para pebisnis agar bisnis tidak bangkrut. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon