5 Tips Cara Hidup Hemat Anak Kost. Dijamin Bikin Sejahtera! - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

5 Tips Cara Hidup Hemat Anak Kost. Dijamin Bikin Sejahtera!

Tips Hidup Hemat Anak Kost

Bagi kamu yang ngekost, biasanya selalu diliputi dengan rasa suka dan duka. Sukanya adalah kamu bisa hidup secara mandiri dan jarak ke tempat tempat kerja atau kampus jadi lebih dekat. Sementara dukanya, ya sudah pada tahu lah ya. Kamu harus lebih menghemat (hidup prihatin) dan pastinya jauh dari keluarga.

Namun demi impian dan cita-cita yang ingin kamu capai, maka semua itu (terpaksa) harus kamu lalui. Jangan mudah menyerah dengan keadaan. Justru kamulah yang harus mengendalikan keadaan, bukan malah sebaliknya.

Tantangan terbesar bagi seorang anak kost biasanya terletak pada biaya hidup. Hal ini harus diperhatikan dengan baik, agar kamu bisa mengatur keuanganmu dengan tepat, sehingga kebutuhan hidup sehari-hari bisa terpenuhi dengan baik. Kamu juga tidak pernah kekurangan uang lagi.

Tips Hidup Hemat Anak Kost

Kekurangan uang saat sedang ngekost memang sangat tidak menyenangkan. Salah satu penyebabnya mungkin saja kamu terlalu boros untuk jajan kulineran atau nongkrong, maka siap-siap saja keuanganmu bakalan berantakan. 

Nah, melalui artikel singkat ini, Akubisnis.com ingin membagikan tips hidup hemat anak kost yang bisa kamu coba praktekan ketika kamu memutuskan ingin ngekost. 

1. Susun daftar pengeluaran untuk sebulan ke depan

Hal ini penting banget kamu lakukan agar kamu bisa mengendalikan pengeluaranmu. Kamu juga akan terbiasa mengatur keuangan di masa depan. Susun semua pengeluaran rutin setiap bulannya, seperti bayar sewa kost, biaya kuliah, listrik dan belanja bulanan.

Pisahkan antara pengeluaran harian (untuk makan dan lainnya) dengan pengeluaran bulanan, sehingga tidak tercampur. Budget bulanan kamu akan tetap utuh dan tidak terpakai oleh kebutuhan sehari-hari. Jatah uang saku harian sebaiknya dipisah di dalam amplop saja.

2. Hindari kegiatan yang kurang penting

Bukan saat yang tepat bagi kamu untuk mengeluarkan uang untuk sesuatu yang kurang penting, misalnya saja nonton bioskop, hangout di cafe atau nongkrong ke mall bareng teman-teman. Aktivitas tersebut akan membuat uang saku kamu habis secara perlahan tapi pasti.

Kamu boleh saja relaksasi dengan teman-teman, tetapi jangan terlalu sering. Aktivitas ini tidak hanya menghabiskan waktumu saja, tetapi juga uang sakumu. Alangkah lebih baiknya jika kamu mulai menyusun rencana bagaimana menjalani bisnis sampingan untuk menambah penghasilanmu.

3. Rajin menabung dan belajar investasi

Selain hidup lebih hemat, kamu juga sebaiknya rajin menabung, meski hanya uang receh sekalipun, karena jika dikumpulkan, lama-lama akan bertambah banyak. Atur berapa uang yang akan kamu tabung. Kamu bisa menabung melalui bank, celengan hingga tabungan digital.

Selain menabung, cobalah untuk belajar memulai investasi. Ada beberapa opsi bagi kamu dalam memilih jenis investasi yang cocok bagi pemula, misalnya saja investasi emas, investasi saham hingga reksadana. Apalagi saat ini semakin mudah saja untuk berinvestasi melalui aplikasi di ponsel.

4. Hindari sikap boros

Sebagai anak kost, sudah semestinya kamu berhemat di berbagai aspek kehidupanmu, mulai dari hemat pemakaian pulsa. Pilihlah provider yang paling hemat dan banyak bonusnya. Lalu kamu juga harus mencuci baju sendiri, jangan menggunakan jasa laundry. 

Kamu juga perlu mengurangi membeli air mineral botolan. Sebaiknya sediakan air galon di kostan dan juga biasakan membawa tumbler saat keluar rumah atau makan di warteg. Kamu bisa meminta air putih dari warteg untuk dituang ke dalam tumbler

5. Belanja kebutuhan seperlunya saja

Tips cara hidup hemat anak kost yang terakhir adalah belanja sesuai dengan kebutuhannya saja. Agar kegiatan belanja kebutuhan jadi lebih efektif, sebaiknya kamu buat terlebih dulu daftar belanjaan yang stoknya sudah mulai sangat menipis sekali, misalnya pasta gigi yang tinggal ujungnya saja atau shampo yang tersisa beberapa tetes saja.

Utamakan terlebih dulu membeli kebutuhan yang sifatnya pokok, seperti kebutuhan untuk mandi, makan sehari-hari hingga mungkin saja camilan. Satu hal lagi, belanja kebutuhan bulanan secara sekaligus justru lebih hemat, daripada kamu harus bolak balik ke minimarket. Hal ini untuk menghindari lapar mata saat sedang berada di dalam minimarket.

Yuk mulai sekarang biasakan untuk hidup hemat tapi cerdas, agar keuanganmu tidak kacau. Kamu juga jadi lebih mudah untuk mengatur keuangan dan lebih mandiri secara finansial.

Kalau kamu, apa yang biasanya kamu lakukan agar kamu bisa tetap irit ketika ngekost? Yuk sharing pengalamanmu di komenter ya!

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon