Mengenal 5 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Paling Diminati - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Mengenal 5 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Paling Diminati

Mengenal Investasi Jangka Panjang

Mungkin masih banyak dari kamu yang belum mengetahui apa saja jenis investasi jangka panjang yang ada di pasar. Hal ini tentu akan membuat kamu sedikit bingung dalam menentukan jenis investasi jangka panjang yang tepat. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui terlebih dulu jenis-jenisnya.

Seperti kita ketahui bersama, investasi mampu menjaga aset kekayaan di masa depan dengan baik, sehingga akan mendapatkan jaminan keuangan yang sudah pasti. Selain investasi jangka pendek, sebagian orang tertarik untuk berinvestasi jangka panjang, karena memiliki beberapa keuntungan yang sangat menggiurkan. 

Melalui artikel ini, saya ingin membahas apa saja jenis investasi jangka panjang dan contoh-contohnya. Namun sebelumnya, kita cari tahu terlebih dulu pengertian dari investasi jangka panjang itu sendiri. Jadi, yuk baca artikelnya sampai selesai ya guys!

Mengenal Investasi Jangka Panjang

Seperti dilansir dari laman Investopedia.com, investasi jangka panjang merupakan penanaman aset untuk jangka waktu di atas satu tahun lebih yang bertujuan untuk menguasai perusahaan lain. Untuk mencapai keuntungan, biasanya dibutuhkan waktu yang cukup lama, minimal satu tahun atau lebih.

Berbeda dengan investasi jangka pendek yang hanya membutuhkan waktu kurang dari satu tahun untuk dapat mencairkan keuntungan yang diperoleh. Biasanya investasi jangka pendek cenderung akan dijual kembali kepada orang atau perusahaan lain.

Sementara, untuk investasi jangka panjang biasanya tidak akan dijual selama bertahun-tahun. Bahkan ada juga yang tidak pernah dijual sama sekali. 

Mengenal 5 mJenis Investasi Jangka Panjang

Setidaknya saya akan membagikan 5 jenis investasi jangka panjang yang paling diminati di masyarakat. Proses investasinya pun terbilang cukup mudah dan cenderung membutuhkan dana yang tidak terlalu besar untuk memulainya. 

1. Emas

Investasi emas cukup diminati oleh masyarakat, karena prosesnya yang tidak terlalu ribet. Untuk menjualnya kembali juga cukup mudah. Emas menjadi salah satu instrumen investasi jangka panjang yang terbukti sangat menguntungkan. Apalagi nilai emas cenderung selalu naik setiap tahunnya.

Keuntungan lainnya adalah memiliki tingkat likuiditas yang sangat tinggi. Jadi, kamu tidak perlu risau ketika ingin menukarkan emas ke uang tunai. Emas juga memiliki tingkat risiko yang minim dan tahan terhadap terjadinya inflasi. Kamu bisa berinvestasi emas dalam bentuk batangan, koin emas atau perhiasan.

2. Properti

Jenis investasi properti juga terbilang cukup populer dan diminati oleh kebanyakan orang, karena nilainya yang cenderung selalu naik dari tahun ke tahun. Kamu bisa memilih investasi properti mulai dari membeli tanah atau membeli tanah sekaligus bangunannya.

Nilai jual tanah selalu mengalami kenaikan setiap tahun, sehingga banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di bidang properti, seperti perumahan maupun ruko. Makanya tidak heran jika saat ini banyak sekali bermunculan perumahan-perumahan baru di sekitar kamu.

3. Saham

Saham juga menjadi salah satu investasi jangka panjang yang cukup diminati saat ini, bahkan kebanyakan anak muda gaul juga tertarik untuk bermain saham. Apalagi sekarang sudah semakin banyak aplikasi investasi saham yang bisa digunakan lewat ponsel. Investasi saham juga bisa dilakukan oleh pemula sekalipun.

Seperti dikutip dari laman Goodfinancialcents.com, terdapat beberapa keunggulan yang akan kamu dapatkan jika berinvestasi saham :

  • Nilai saham bisa terus naik, bahkan secara signifikan dalam jangka waktu panjang
  • Berinvestasi saham serupa dengan investasi dalam ekonomi
  • Kamu akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan berupa dividen setiap tahunnya
  • Saham memiliki tingkat likuiditas yang cukup tinggi
  • Kamu dapat meningkatkan investasi saham ke tingkat internasional
  • Diversifikasi investasi (bisa investasi lebih dari satu instrumen untuk mengurangi risiko investasi saham)

4. Obligasi

Jenis investasi jangka panjang selanjutnya adalah obligasi. Investasi obligasi tidak hanya diminati oleh pengusaha saja, tetapi investor lain pun juga memiliki minat yang sangat tinggi. Obligasi merupakan surat utang yang diserahkan oleh peminjam kepada pemberi pinjaman.. Nantinya nama kamu sebagai investor akan tercantum, sekaligus tanggal jatuh tempo pinjaman.

Tidak hanya itu saja, di dalam surat obligasi juga biasanya tertera jumlah bunga yang menjadi kewajiban pinjaman. Pada umumnya, jangka waktu investasi obligasi mulai dari 1 tahun hingga mencapai 10 tahun.

5. Reksa dana 

Reksa dana juga bisa dijadikan sebagai instrumen investasi jangka panjang dan cukup diminati oleh sebagian masyarakat. Namun jenis reksa dana yang dianggap cocok untuk investasi jangka panjang adalah reksa dana saham. Reksa dana saham merupakan reksa dana yang mengalokasikan dana investor ke pasar modal yang dalam konteks ini, yaitu saham.

Investasi reksa dana juga cocok bagi investor pemula yang belum memiliki saham, sehingga dapat mencoba untuk belajar berinvestasi terlebih dulu. Selain itu, kabarnya ada manajer investasi yang nantinya akan membantu memilihkan saham terbaik yang bisa diinvestasikan.

Tertarik untuk Investasi Jangka Panjang? Coba Terapkan Strategi Ini!

Jika kamu sudah tahu apa saja investasi jangka panjang yang sekiranya cocok, maka selanjutnya kamu juga perlu untuk menerapkan strategi investasi jangka panjang yang tepat, agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Berikut setidaknya ada tiga strategi yang dapat kamu terapkan :

1. Pahami investasinya terlebih dulu

Pahami secara detail jenis investasi yang akan kamu mulai nanti, sehingga kamu memiliki pengetahuan yang baik terhadap investasi tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal dan meminimalisir kerugian yang timbul di kemudian hari.

2. Jangan tunda lagi

Setelah memahami investasinya, selanjutnya jangan tunda lagi untuk memulai berinvestasi. Semakin lama uang yang diinvestasikan, maka nilai keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar. Strategi ini pernah diterapkan oleh orang terkaya di dunia, yakni Warren Buffet ketika berinvestasi saham. Kamu dapat memulai investasi sejak usia dini.

3. Tunggu prosesnya

Investasi jangka panjang tentu membutuhkan kesabaran yang tinggi akan dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Maka dari itu, kamu perlu bersabar dalam setiap prosesnya. 

Nah itu tadi 5 jenis investasi jangka panjang yang paling diminati oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Untuk memulai investasi jangka panjang, kamu perlu memahami terlebih dulu apa saja keuntungan hingga risikonya. Dengan demikian kamu memiliki kesiapan yang matang sebelum mulai berinvestasi jangka panjang tersebut.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Investasi jangka panjang penting banget ya kang, kita bisa mempersiapkan masa depan yang lebih terjamin dengan banyak pilihan investasi sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget Mang, untuk menyelamatkan aset di masa depan. Jadi sepertinya memang harus serius banget untuk berinvestasi, baik jangka pendek apalagi jangka panjang. Terima kasih ya sudah berkunjung

      Hapus


EmoticonEmoticon