Jenis Tabungan yang Wajib Dimiliki agar Keuangan Terkontrol - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Jenis Tabungan yang Wajib Dimiliki agar Keuangan Terkontrol

Mengenal Jenis Tabungan

Menabung menjadi aktivitas keuangan yang perlu dilakukan setiap orang untuk menjaga stabilitas keuangan dan mencapai target finansial jangka panjang. Menabung bukan hanya persoalan menyisihkan uang dalam jumlah tertentu secara rutin. Namun kamu perlu memiliki tujuan keuangan dalam menabung.

Apakah kamu termasuk orang yang menabung hanya ketika ingin membeli barang tertentu saja, misalkan gadget, kendaraan, paket liburan dan lainnya. Padahal idealnya ada beberapa jenis tabungan yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Sebab dalam kehidupan, kamu akan mengalami berbagai kebutuhan dan kondisi-kondisi yang tidak terduga.

Bagi kamu yang kesulitan mengatur uang dalam satu penyimpanan, sebaiknya kamu membuka beberapa rekening. Syarat buka rekening online kini juga tidak ribet. Proses pendaftarannya sangat mudah. Lantas apa saja jenis-jenis tabungan yang harus kamu siapkan?

Jenis Tabungan yang Wajib Dimiliki Tiap Orang

Supaya kondisi keuangan tetap stabil dan mengalami peningkatan di masa mendatang, kamu perlu mengalokasikan uang ke beberapa jenis tabungan. Berikut ini beberapa jenis tabungan yang perlu kamu miliki. 

1. Tabungan Dana Darurat

Jenis tabungan pertama yang wajib kamu miliki adalah tabungan untuk dana darurat. Tabungan dana darurat diperlukan ketika kamu mengalami situasi tidak terduga yang cukup memeras kantong, seperti bencana alam, kecelakaan, jatuh sakit, terkena layoff dan lainnya. 

Kamu tidak memprediksi sepenuhnya masa depan atau apa yang akan terjadi di kehidupanmu di masa mendatang. Tanpa adanya dana darurat, situasi urgent bisa menimbulkan tekanan besar pada hidupmu. Segala keadaan bisa lebih mudah diatasi berkat adanya tabungan dana darurat. 

Tabungan dana darurat bisa diibaratkan sebagai backup atau cadangan keuangan kamu. Jadi, ketika kondisi-kondisi di atas menimpa, kamu tidak perlu mengkhawatirkan masalah keuangan. Kamu bisa lebih tenang dalam menjalani hidup dari sekarang hingga di masa mendatang. 

2. Tabungan Jangka Panjang

Jenis tabungan lain yang wajib kamu miliki adalah tabungan jangka panjang. Tabungan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang atau mencapai target finansial dalam jangka waktu tertentu. Misalnya ketika ingin pergi liburan ke luar negeri bersama keluarga, membeli mobil baru, berencana ganti gadget baru, menggelar pernikahan dan lainnya.

Tabungan jangka panjang harus kamu siapkan secara matang supaya target bisa tercapai sesuai timing yang kamu harapkan. Untuk mengumpulkan tabungan ini, kamu perlu memperhitungkan berapa jumlah uang yang perlu dikumpulkan dalam jangka waktu tertentu. 

3. Tabungan untuk Kebutuhan Bulanan

Tabungan untuk kebutuhan bulanan juga jadi jenis tabungan yang perlu kamu kumpulkan. Persiapan dana untuk kebutuhan bulanan meliputi pengeluaran untuk makan, pembelian alat atau perlengkapan rumah tangga, pembayaran tagihan listrik, air, transportasi, internet dan lainnya. 

Jenis tabungan ini dikenal sebagai cadangan keuangan pokok. Kamu perlu memprioritas alokasi gaji untuk tabungan ini. Lakukan perhitungan yang cermat untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga setiap bulan. Dengan memiliki simpanan ini, kamu akan terhindar dari krisis keuangan di akhir bulan dan tidak perlu sampai berhutang.

4. Tabungan untuk Kebutuhan Berkelanjutan

Jenis tabungan yang satu ini seringkali diabaikan. Padahal tabungan untuk kebutuhan berkelanjutan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan finansial. Alokasinya biasanya ditujukan untuk pengeluaran dalam jangka menengah.

Sebagai contoh, menabung untuk membayar asuransi, cicilan kredit, hingga dana untuk perjalanan pulang kampung saat libur atau lebaran. Meskipun terdengar sepele, tetapi total nominal dari pengeluaran-pengeluaran ini bisa terbilang cukup besar. Maka dari itu kamu perlu mempersiapkannya dalam bentuk tabungan.

Metode menabung untuk kebutuhan berkelanjutan bisa dengan cara mengalokasikan 5 persen dari total pendapatan bulanan. Dengan langkah ini, kamu bisa menjaga stabilitas keuangan ketika ada kebutuhan berkelanjutan yang harus dipenuhi.

5. Tabungan Hari Tua

Tabungan Hari Tua

Bagi kamu yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil, masa tua bisa dijalani dengan sedikit tenang, karena masih mendapat dana pensiun. Sayangnya tidak semua orang berprofesi sebagai ASN dan menerima manfaat pensiun. Itulah sebabnya, menabung untuk dana pensiun perlu dilakukan sejak jauh-jauh hari. 

Tabungan hari tua harus sudah kamu kumpulkan ketika masih bekerja atau sedang dalam usia produktif. Dengan demikian, kamu dapat merayakan masa tua dengan lebih santai dan melakukan aktivitas yang disenangi. Mulailah dengan mengalokasikan sebagian pendapatan untuk masa pensiun. 

Jadi, jika nanti tiba saatnya bagi kamu untuk pensiun, beban keuangan tidak akan menjadi masalah lagi. Tentunya tidak seorang pun menginginkan masa pensiun diwarnai oleh kekhawatiran finansial.

6. Tabungan Pendidikan

Bagi orang tua, menyiapkan biaya pendidikan bagi anak merupakan hal yang wajib dilakukan. Oleh karena itu, kamu juga perlu memiliki tabungan pendidikan. Mengingat biaya pendidikan yang semakin tinggi seiring berjalannya waktu, jenis tabungan ini perlu kamu kumpulkan sejak jauh-jauh hari. 

Saat menyiapkan tabungan untuk dana pendidikan anak, kamu perlu mempertimbangkan usia anak dari sekarang dan jangka waktu dirinya mulai bersekolah. Perhitungkan setiap jenjang pendidikan yang akan dijalani anak, mulai dari TK, SD hingga menempuh perguruan tinggi atau berkuliah.  

Apabila dana pendidikan ini tidak kamu siapkan dari sekarang, nantinya kamu akan keteteran ketika tiba saatnya anak mendaftar sekolah. Dengan memiliki tabungan dana pendidikan, kamu bisa mendukung pilihan pendidikan anak tanpa mengganggu keuangan keluarga. 

Menggunakan Rekening Online untuk Menabung

Setelah mengetahui ada berbagai jenis tabungan yang wajib dimiliki, pastinya kamu semakin bijak dalam mengelola keuangan. Mengumpulkan beberapa tabungan sekaligus memang cukup membingungkan dan bisa membuat kewalahan dalam mengatur uang. Oleh karena itu, kamu perlu membuka rekening khusus untuk menyimpan tabungan. Saat ini buka rekening online bisa dilakukan secara mudah.

Jika kamu ingin buka rekening online langsung aktif, PermataME bisa jadi pilihan yang tepat. PermataME adalah tabungan online yang disediakan oleh PermataBank. Pembukaan rekening bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Syarat buka rekening ini juga sederhana dan tidak ribet.

Informasi lebih lengkap mengenai buka rekening online PermataME dan fitur-fitur yang ada di dalamnya bisa kamu baca di sini.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon