Ingin Miliki Campervan Nyaman? Intip 8 Kiat Konversi Ini! - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Ingin Miliki Campervan Nyaman? Intip 8 Kiat Konversi Ini!

Tips Membeli Campervan untuk Traveling

Campervan adalah kendaraan yang sering digunakan untuk berpetualang di masa kini. Agar semakin nyaman, biasanya para pemilik merenovasinya semaksimal mungkin dengan pinjaman KTA

Tertarik dengan hal ini? Kamu pun bisa melakukan hal yang sama. Namun sebelum itu, kamu perlu memperhatikan berbagai kiat dalam melakukan konversi campervan. Jadi, lebih baik jangan lewatkan pembahasan berikut.

Tips Mengubah Campervan agar Semakin Nyaman

Campervan merupakan kendaraan yang cukup nyaman untuk digunakan berpetualang dalam waktu yang lama. Dengan kendaraan ini, kamu seakan bisa membawa rumah dan seisinya selama perjalanan. Hal ini seperti yang dikutip dari buku Ransel Mini Keliling Dunia, Ade Kumalasari, dkk (2016: 5).

Supaya perjalananmu dengan campervan semakin nyaman, kamu tidak hanya butuh bermodalkan pinjaman KTA saja. Namun, sebaiknya terapkan pula berbagai tips di bawah ini : 

Memiliki Van

Sebelum melakukan konversi, sudah jelas jika kamu harus memiliki mobil van-mu sendiri. Tidak hanya sekedar memiliki, kamu pun wajib paham betul tentang mobil tersebut. Dengan begini, kamu bisa menciptakan gambaran kasar terkait konversi yang hendak dilakukan.

Saat ini, ada berbagai merek mobil van yang dapat dikonversi. Misalnya yakni Volkswagen Transporter, Fiat Ducato dan Mercedes Benz Sprinter. Nah, dari sekian nama yang disebutkan, manakah merek mobil van milikmu?

Membuat Denah

Jika sudah paham betul tentang mobil van-mu, maka kamu bisa memulai tahap renovasi. Tahap ini bisa kamu mulai dengan menggambar denah sesuai keinginanmu. Biasanya, suatu campervan akan memerlukan kasur, bagian dapur, kamar mandi, tempat makan, sofa, TV dan lain-lain.

Kamu bisa melihat berbagai referensi denah campervan di internet. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan orang yang telah berpengalaman dengan campervan atau membayar jasa orang lain untuk membuatkanmu denah yang cocok.

Modifikasi Campervan

Membeli Peralatan dan Perlengkapan

Kini saatnya kamu mewujudkan denah campervan impianmu. Kamu bisa mulai membeli berbagai peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk konversi campervan milikmu bersama pinjaman KTA. Lebih baik kamu membuat daftar terlebih dahulu sebelum membelinya agar tidak lupa.

Kamu tidak harus selalu membelinya di toko, apalagi kalau kamu memerlukan barang khusus untuk campervan-mu. 

Cobalah untuk mengunjungi para pengrajin lokal untuk membuatkanmu beberapa barang yang diperlukan. Selain itu, kamu juga bisa mencari berbagai barang di marketplace baik dalam negeri maupun luar negeri.

Mulai Merenovasi

Nah sekarang waktunya kamu merenovasi campervan-mu. Lihatlah denahmu sekali lagi untuk menentukan apa saja yang perlu kamu lakukan. Misalnya, kamu bisa mengubah beberapa bagian pada body campervan-mu agar bisa diberi jendela sesuai seleramu.

Lalu, kamu juga perlu memasang berbagai hal yang berkaitan dengan listrik maupun air di campervan-mu agar perjalananmu tetap nyaman meskipun di malam hari. Misalnya, kamu bisa memasang panel surya untuk menambah daya listrik agar bisa dimanfaatkan oleh berbagai peralatan di campervan-mu.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan bagian lantai dari campervan-mu. Banyak orang akan menggunakan papan kayu di atas lantai mobil van. Lalu, mereka menutupnya dengan kayu lapis. Setelah itu, karpet bisa ditambahkan agar kamu bisa bergerak dengan lebih nyaman.

Proses renovasi ini bisa saja tidak sesuai dengan denah yang kamu buat, karena adanya berbagai perubahan saat proses sedang berlangsung. Hal tersebut sah-sah saja selama bisa membuat campervan-mu menjadi lebih nyaman.

Finishing

Setelah selesai merenovasi, maka kamu akan memerlukan sentuhan akhir agar campervan milikmu semakin nyaman. Misalnya, kamu bisa mengganti cat body campervan-mu baik bagian luar maupun dalam agar lebih sesuai dengan kepribadianmu.

Selain itu, kamu juga bisa menambah ornamen-ornamen untuk mempercantik campervan-mu. Misalnya, menambahkan lukisan kecil, kelambu dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mulai meletakkan peralatan dapur, tidur dan lain sebagainya setelah campervan-mu jadi.

Mencobanya Terlebih Dahulu

Sebelum menggunakannya untuk perjalanan jauh, kamu perlu mencobanya terlebih dahulu dalam jarak dekat. Dengan mencobanya, kamu bisa mengetahui apa saja yang kurang dari campervan-mu.

Hal-hal yang kurang ini bisa terdiri dari beragam hal, seperti mesin hingga peralatan di dalam campervan. Jika kamu sudah menemukan beragam kekurangan tersebut, kamu bisa segera memperbaiki atau menambahnya.

Percobaan ini bisa dilakukan lebih dari sekali. Dengan demikian, kamu bisa benar-benar mengetahui hal apa saja yang kurang dari mobilmu sebelum kamu menggunakannya dalam perjalanan jauh.

Mendaftarkan ke Asuransi

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan dengan campervan adalah mendaftarkannya ke asuransi. Dengan demikian, keamananmu selama perjalanan dapat lebih terjaga.

Ada berbagai produk asuransi yang bisa kamu daftar untuk mobilmu ini. Produk-produk ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu dan mobilmu.

Tidak hanya mobil saja, kamu juga perlu mendaftarkan dirimu sendiri ke asuransi. Dengan demikian, kamu bisa mengantisipasi terlebih dahulu jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Menetapkan Dana

Setelah melihat berbagai tips di atas, kini kamu perlu menetapkan dana yang kamu butuhkan untuk mengubah campervan impianmu. Kamu bisa melihat dulu berapa tabungan atau dana yang kamu miliki untuk melakukan hobi yang satu ini.

Jika kamu memerlukan tambahan dana, maka kamu bisa mencari dana pinjaman online. Ada berbagai produk yang bisa memberikanmu sejumlah dana dengan cepat dan mudah untuk mengembangkan hobimu. Terlebih lagi syarat-syaratnya cukup mudah.

Salah satu produk pinjaman KTA paling recommended adalah DBS KTA yang memiliki limit pinjaman hingga Rp300 juta. Kamu tidak perlu khawatir, karena DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Klik di sini untuk memperoleh informasi selengkapnya.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Ini sebenernya impianku bangettt, bisa keliling pakai campervan 😍. Tapi rasanya ga mungkin kalo punya sendiri, mengingat kerjaan kantor suami ga mungkin ditinggal 😂.

    Tapi kami punya target mau cobain campervan kalo nanti ke New Zealand mas. Kliling dari south island ke north island, berhenti di titik2 yg banyak parkiran campervan. Beli bahan masakan trus masak 😄. Duuuh ngebayangin ya aja seruu ih. Semoga bisa terwujud dalam 2 tahun ini . Apalagi New zealand terkenal dengan wisata campervan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaaaah keren banget impiannya. Semoga terwujud ya. Kalo saya sih, masih terkubur jauh-jauh banget untuk punya Campervan, apalagi bisa sampai liburan ke New Zealand. Hehehehe 😂

      Hapus


EmoticonEmoticon