Mengenal Cabai Hiyung, Resep Rahasia Kelezatan Sambal Asli Keluarga Indonesia - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Mengenal Cabai Hiyung, Resep Rahasia Kelezatan Sambal Asli Keluarga Indonesia

Orang Indonesia memang terkenal hobi mengonsumsi sambal. Momen bersantap terasa kurang afdol jika di atas meja tidak tersedia sambal. Dengan menambahkan sambal pada berbagai menu makanan, akan memberikan kenikmatan dan kepuasan tersendiri, sekaligus menambah cita rasa dengan sensasi pedasnya yang nendang.


Cabai merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat sambal. Di Indonesia sendiri, cabai menjadi komoditas penting sudah sejak masa Jawa Kuno dan semakin digemari masyarakat hingga saat ini. Perlu kamu ketahui, ada salah satu jenis cabai berkualitas di Indonesia yang sering diolah menjadi sambal.

Mengenal Cabai Hiyung

Jenis cabai yang dimaksud adalah Cabai Hiyung yang merupakan salah satu cabai dengan kualitas terbaik, karena dirawat dan dipetik langsung oleh petani di Kalimantan. Mari kita simak fakta unik dari Cabai Hiyung ini! 


Cabai Hiyung berasal dari Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan. Cabai yang satu ini dikenal memiliki cita rasa pedas yang begitu unik dan sangat khas, sehingga menjadikannya primadona di antara cabai yang lainnya.  


Awalnya Cabai Hiyung berasal dari Desa Linuh dan ditanam di area yang kecil. Namun seorang petani bernama M. Khalilurrahman atau biasa dipanggil Pak Barjo menanamnya di area yang lebih luas di Desa Hiyung. Terobosan yang dilakukan Pak Barjo, membuat masyarakat setempat tertarik untuk ikut menanam Cabai Hiyung.


Berbeda dengan penanaman cabai rawit pada umumnya, ada yang istimewa dari

proses penanaman Cabai Hiyung ini, yakni menggunakan mulsa. 


Mulsa adalah material penutup tanaman budidaya yang dimaksudkan untuk menjaga kelembaban tanah serta menekan pertumbuhan gulma dan penyakit, sehingga membuat tanaman tumbuh dengan baik.


Selain itu, Cabai Hiyung juga ditanam di lahan rawa yang cukup luas dan memiliki tingkat keasaman tanah yang tinggi. Oleh karena itu, Cabai Hiyung memiliki tingkat kepedasan yang lebih tinggi pula.

Cabai Hiyung, Menjadi Salah Satu Rahasia Kelezatan Sambal ABC


Cabai Hiyung menjadi salah satu resep rahasia pedas dan lezatnya Sambal ABC yang membuat momen bersantap menjadi terasa lebih nikmat. Tidak heran jika Sambal ABC menjadi sambal favorit bagi para penikmat kuliner di seluruh Indonesia. 

Sepengalaman keluargaku, mereka senang sekali cocol Sambal ABC saat momen nyemil, mau pakai Tempe Mendoan, Bakwan Pontianak, dan masih banyak lagi.


Sebagai penambah cita rasa pada makanan, Sambal ABC hadir dengan lima varian yang berbeda, ada varian Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Bawang Pedas, Sambal Manis Pedas, dan Sambal Ayam Goreng. Kalau penasaran lebih lengkapnya tentang Sambal ABC, cek link ini yuk!


Kamu bisa menemukan beragam produk Sambal ABC di Official Store ABC Heinz Indonesia yang tersedia di berbagai e-commerce populer, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan Blibli. Sambal ABC juga bisa dibeli di toko terdekat, selain online lho!


Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon