Jangan Keliru! Ini Perbedaan BSD, Serpong dan Gading Serpong - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Jangan Keliru! Ini Perbedaan BSD, Serpong dan Gading Serpong

Bedanya BSD, Serpong dan Gading Serpong

Sebagai warga yang tinggal di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel), perkembangan kawasan Serpong terbilang sangat pesat. Banyak sekali muncul perumahan baru di kawasan ini. Bahkan perkembangan infrastruktur jalan raya juga semakin baik. Namun ya imbasnya kemacetan terkadang tidak bisa dihindari lagi, terutama pada jam-jam tertentu. Hal ini disebabkan semakin tingginya penduduk di kawasan Serpong.

Saya pernah melintasi kawasan Serpong maupun BSD, tetapi belum pernah ke wilayah Gading Serpong. Eh, ternyata ketiga wilayah ini berbeda loh, meski sama-sama menggunakan nama Serpong. Mungkin kamu juga banyak mengira jika wilayah ini merupakan tempat yang sama bukan?

Perbedaan BSD, Serpong dan Gading Serpong

Padahal anggapan tersebut kurang tepat, karena baik BSD, Serpong ataupun Gading Serpong merupakan tiga kawasan yang berbeda. Simak yuk penjelasannya di bawah ini :

1. Mengenal wilayah BSD

Bumi Serpong Damai atau biasa disebut BSD merupakan kota mandiri yang berlokasi di Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Hingga saat ini, kawasan ini dikenal juga dengan nama BSD City. BSD City mulai diresmikan sejak tanggal 16 Januari 1989 oleh Mendagri Rudini saat itu.

Pada awalnya, pengembangan kawasan ini diinisiasikan oleh raksasa properti Ciputra. Ciputra sendiri membangun sebuah kawasan BSD dengan memegang izin lokasi seluas 6.000 hektare. Seiring perkembangan waktu, akses masuk ke kawasan ini menjadi lebih mudah. Hingga kawasan ini dibangun juga sebuah jalan tol Kebon Jeruk-Tangerang-Merak.

Selama proses pembangunan BSD, Ciputra tidak bergerak sendiri. Kawasan ini juga dibangun oleh konsorsium OT BSD yang meliputi dari 11 perusahaan swasta dengan total investasi hingga Rp 3,2 triliun. Adapun ke-11 perusahaan tersebut terdiri dari perusahaan gabungan, mulai dari kelompok usaha Sinar Mas, Metropolitan, Salim hingga Pembangunan Jaya.

Memasuki tahun 2003-2004, kepemilikan BSD mengalami peralihan dan diambil alih oleh grup Sinar Mas. Maka dari itu, hingga saat ini wilayah tersebut masih dikelola oleh Sinar Mas Land.

2. Mengenal wilayah Serpong

Kawasan Serpong termasuk ke dalam Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten dengan luas wilayah mencakup 25,60 km per segi. Kecamatan Serpong terdiri dari sembilan kelurahan, yaitu Buaran, Ciater, Cilenggang, Lengkong Gudang, Lengkong Gudang Timur, Lengkong Wetan, Rawabuntu, Rawa Mekar Jaya dan Serpong.

Kelurahan yang memiliki wilayah paling luas adalah Kelurahan Ciater dengan luas 4,26 km per segi. Sementara Kelurahan Serpong merupakan kelurahan paling kecil, yakni seluas 1,99 km per segi.

Jumlah penduduk diperkirakan sekitar 154.188 jiwa dengan 119 RW dan 503 RT. Wilayah Serpong diprediksi akan menjadi pusat perkembangan ekonomi yang potensial, karena hampir sebagian kelurahan yang masuk ke Kecamatan Serpong merupakan sentral bisnis dan perumahan elit. Misalnya saja BSD City, Summarecon Serpong dan Alam Sutera.

3. Mengenal Gading Serpong

Gading Serpong tidak masuk kawasan Kecamatan Serpong, melainkan masuk ke wilayah administrasi Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Seperti dikutip dari laman propertirumah, nama "Serpong" disematkan, karena letak kawasan terpadu ini bersebelahan langsung dengan Kecamatan Serpong Utara. Wilayah ini hanya dipisahkan oleh Sungai Cisadane di sebelah timur.

Penyematan nama "Serpong" dinilai sebagai hunian yang sudah mapan yang lengkap dengan fasilitas, sehingga wilayah Gading Serpong bisa dengan mudah dikenali oleh masyarakat luas. Berhubung lokasinya dekat dengan Tangerang Selatan dan Kota Tangerang, pertumbuhan harga properti di kawasan ini juga lebih terpengaruh oleh kedua kota tersebut, dibanding pertumbuhan di Kabupaten Tangerang, tempat kawasan ini berada.

Beberapa fasilitas umum penunjang aktivitas pun turut dihadirkan, seperti lapangan golf, rumah sakit, pusat perbelanjaan, perguruan tinggi, hotel dan pertokoan. Hal ini membuat laju perekonomian di kawasan ini semakin berkembang pesat.

Menurut situs beliproperti, kawasan Gading Serpong ternyata dikembangkan dan dikelola oleh dua developer ternama, yaitu Paramount Land dan Summarecon Serpong. Dikabarkan jika setiap pengembang menguasai lahan 750 hektar untuk masing-masing developer dari total luas lahan kawasan Gading Serpong berkisar 1.500 hektar.

Nah, demikian bedanya BSD, Serpong dan Gading Serpong.. Sehingga bisa disimpulkan bahwa BSD City merupakan suatu kota mandiri yang terletak di wilayah Kec. Serpong. Sementara Serpong adalah salah satu nama kecamatan di wilayah Tangerang Selatan. Lalu Gading Serpong berada di wilayah Kabupaten Tangerang.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon