5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Jenis-jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula
Image : pixabay.com

Kamu tertarik ingin berinvestasi, tapi masih bingung memilih jenis investasi yang cocok untuk pemula? Apalagi saat ini ada begitu banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih. Hal ini tentu membuat kamu bingung untuk memilih investasi yang cocok. Ditambah dengan minimnya pengalaman dalam berinvestasi, tentu kamu harus memulainya dengan belajar investasi terlebih dulu, sebelum memutuskan investasi yang tepat.

Anak-anak muda di zaman milenial sekarang ini, banyak yang tertarik untuk melakukan investasi. Fenomena ini disebabkan karena beberapa alasan, di antaranya adalah untuk menjaga inflasi di masa depan, membiayai kebutuhan sehari-hari, mengembangkan kekayaan dan pastinya mendapatkan penghasilan.

Pada umumnya, setiap investasi memiliki risiko yang berbeda, tergantung dari jenis investasi yang dipilih. Namun hal ini dianggap jauh lebih baik, daripada kamu hanya mendiamkan uangmu saja. Risikonya jauh lebih besar, karena uangmu akan habis secara perlahan. Berbeda ketika kamu berinvestasi, maka uangmu akan semakin berkembang.

Menemukan investasi yang menguntungkan di era digital sebenarnya tidaklah terlalu sulit, karena kamu banyak pilihan jenis investasi yang cocok dan sesuai dengan keinginanmu. Jika kamu ingin berinvestasi, tapi masih bingung memilih investasinya, berikut adalah jenis investasi yang cocok untuk pemula yang bisa Akubisnis.com rekomendasikan :

1. Investasi Emas Batangan

Jenis-jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula
Image : pixabay.com

Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi yang cocok bagi pemula. Untuk memulai investasi ini terbilang cukup mudah. Namun kamu juga harus mengetahui triknya, agar nilai investasimu bisa semakin meningkat. Kamu juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memulai investasi emas hingga memilih tempat penyimpanan emas yang aman.

Kamu bisa membeli emas mulai dari yang termurah. Selanjutnya amati perkembangan harga pasar untuk mengetahui harga emas di pasaran. Dengan demikian, kamu bisa mengambil keputusan untuk membeli emas atau menjualnya. Gunakan strategi yang tepat untuk meningkatkan keuntungan.

Keuntungan investasi emas tidaklah sebesar jenis investasi lainnya, seperti jenis investasi properti. Namun investasi emas dinilai cukup aman, sebab emas cenderung akan selalu mengalami kenaikan harga. Selain itu, emas juga lebih mudah untuk dijual kembali.

2. Investasi Saham

Jenis-jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula
Image : pixabay.com

Saham adalah surat bukti kepemilikan penyertaan modal sebuah perusahaan terbuka (Tbk). Kamu bisa ikut andil menanamkan modal dengan cara membeli saham yang dijual oleh peusahaan terbuka di pasar modal. Pemilik saham akan mendapatkan dividen (keuntungan) sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Setiap harga per lembar saham berbeda-beda, tapi harga relatif terjangkau. Maka siapapun bisa membelinya. Semakin banyak jumlah saham yang dibeli, maka semakin besar keuntungan yang akan didapatkannya.

Untuk memulai berinvestasi saham, kamu tidak perlu menguarkan modal yang besar. Kamu juga bisa menjual kembali saham dengan mudah serta berpeluang mendapatkan keuntungan yang tidak terbatas.

3. Investasi Reksa Dana

Jenis-jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula
Image : pixabay.com/Stevepb

Jenis investasi yang juga cocok untuk pemula adalah reksa dana. Berbeda dengan saham, ketika kamu ingin berinvestasi di reksa dana, maka dana yang kamu investasikan akan dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman dan profesional. Kamu hanya perlu menunggu saja selama dana kamu dikelola.

Kamu bisa berinvestasi di reksa dana mulai dari Rp. 100 ribu saja. Sehingga sangat cocok dilakukan bagi yang memiliki modal yang minim. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang menawarkan investasi reksa dana dengan sangat mudah. Bahkan investasi bisa dilakukan hanya melalui aplikasi di ponsel.

4. Investasi Keahlian (Skill)

Jenis-jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula
Image : pixabay.com

Investasi yang tidak kalah pentingnya adalah memanfaatkan keahlian yang kamu miliki untuk mendulang banyak penghasilan. Pilih keahlian kamu, lalu asah kemampuanmu dengan mengikuti pendidikan tambahan atau kursus. Misalnya kamu menyukai bahasa Inggris, maka kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris atau mengikuti workshop atau seminar yang masih relevan.

Ketika keahlianmu telah matang dan kamu memiliki sertifikat, maka kamu berpeluang untuk membuka kursus bahasa Inggris atau mengajar di lembaga-lembaga yang membutuhkan tenaga pengajar bahasa Inggris.

Kamu bisa memilih salah satu keahlian yang saat ini banyak dibutuhkan, di antaranya pengajar bahasa Inggris, web desainer, desain interior, web developer, desain grafis dan lain sebagainya.

5. Investasi Properti

Jenis-jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula
Image : pixabay.com

Jika kamu memiliki uang lebih, kamu bisa memilih berinvestasi di bidang properti. Ada begitu banyak jenis investasi properti yang bisa kamu pilih, mulai dari kontrakan, ruko, rumah, tanah (lahan kosong) hingga kostan. Meski membutuhkan modal yang tidak sedikit, akan tetapi investasi di bidang properti sangat menjanjikan, karena nilainya terus bertambah setiap tahunnya.

Investasi ini juga terbilang cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mengelola properti yang kamu miliki dengan baik, agar value-nya tidak mengalami penurunan, yakni dengan cara memilih bahan bangunan berkualitas baik, merawat properti dengan tepat hingga mengganti bagian dari properti yang sudah mulai rusak .

Demikian artikel tentang beberapa investasi yang bisa kamu pilih yang bisa kamu lakukan meski minim pengamalan. Untuk mewujudkan impianmu, memang tidaklah mudah. Kamu perlu bekerja keras dan menyusun strategi yang tepat agar nilai investasimu terus meningkat. 

Maka dari itu, kamu perlu banget membaca artikel 5 Tips Investasi untuk Pemula agar kamu siap melakukan investasi dan meraih penghasilan atau keuntungan yang besar.

Previous
Next Post »

22 komentar

  1. Saya sekarang baru investasi di reksadana, apalagi yang syariah. Saya pakai platform online yang diawasi OJK. Sempat membeli beberapa produk, juga sempat menjualnya juga. Ternyata uang saya bisa diterima lagi. Berarti bukan investasi yang abal-abal ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good Pak. Semoga cocok dan sukses dengan investasi pilihannya ya

      Hapus
  2. Sekarang lagi booming investasi jenis saham dan reksadana ya, tetapi aku pribadi masih memilih investasi kovensional seperti emas, tanah dan tentunya skill.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebas Mba Dyah, yang penting bisa berkembang sesuai ekspektasi

      Hapus
  3. Baru dua dari kelima investasi di atas yang saya (dan suami) lakukan. sebagai angkatan jadoel kadang yang terlalu berisiko itu masih maju mundur kwkw. Padahal sebaiknya memang sebar investasi di berbagai instrumen dengan berbagai tingkat risiko sehingga risiko kerugian bisa terkelola dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya better than nothing Mba. Semoga bisa lanjut pilih investasi lainnya ya...

      Hapus
  4. Saham aku belum berani, karena engga punya ilmunya. Takut salah invest. Reksadana juga yg aman-aman. Hehe...Properti musti pilih-pilih lokasi juga sih...
    Setuju ama investasi skill, biar bisa investasi ke sumber lain lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sih, kalau kita mau investasi harus berani nanggung risiko yang akan muncul. Namun kalau kita nggak mencobanya, maka kita nggak akan dapat ilmunya. Kalau bisa sih dimulai dari yang kecil saja dulu untuk investasi saham dan reksadana atau bisa juga bareng teman yang sudah lebih dulu pengalaman di kedua investasi tersebut.

      Hapus
  5. Menarik nich..tapi belum berani nyoba juga sich..selain belum cukup ilmunya dan modalnya masih nyari2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga ngajak teman yang sudah punya pengalaman di bidang investasi tersebut Mas, biar kita dapat pengalaman dan ilmunya juga.

      Hapus
  6. Saya masih pemula banget ini mas. Yang paling saya mengerti cuma emas doank..
    Kalo saham masih belum bisa nentuin mana yang produktif mana yang gak. Mana yang berisiko mana yang gak. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, memang harus punya pengalaman dan ilmunya, biar invetasinya nggak merugikan. Jadi kalau bisa sih belajar dari teman yang sudah lebih dulu investasi di saham atau reksadana, jadi kita dapat ilmunya sekaligus pengalamannya juga.

      Hapus
  7. Bener nih, aku termasuk investasi yang pertamaa. Meskipun bukan emas batangan sih, hehehe, tapi emang logam mulia punya potensi lebih menguntungkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren nih udah investasi emas, semoga lancar dan berkembang ya.

      Hapus
  8. lagi belajar nabung emas. tapi ya baru kecil2an aja drpd ga nabung 😃 saham mah blm berani. properti blm ada duitnya hihi.. tp sapa tau nanti ada rejeki ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski kecil, ya lebih baik, daripada nggak sama sekali kan.

      Hapus
  9. dari semua daftar investasi itu, saya baru bisa investasi keahlian. Yah, mudah-mudahan dengan keahlian itu bisa dapat harta yang bisa dipakai untuk investasi lainnya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu udah bagus banget Uda, dengan keahlian bisa mendatangkan penghasilan kan. Apalagi Uda sering menang lomba blog, sekali menang bisa meraup banyak uang. Ini top banget investasi skill

      Hapus
  10. Lagi belajar investasi dalam bentuk emas batangan, tapi batangnya kecil-kecil alias koin hihi Sama investasi skill juga, kali aja kapan2 dibutuhkan di zaman digital yang berubahnya cepat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koin emas juga kalau jumlahnya segunung, pasti hasilnya gede dong

      Hapus
  11. Aku masih investasi emas sama properti nih, pengen banget belajar saham sama Reksadana. Mudah-mudahan tahun ini mulai belajar dan bisa praktik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sih udah keren banget, patut ditiru ini.

      Hapus


EmoticonEmoticon