Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa. Modal Kecil, tapi Hasilnya Menjanjikan! - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa. Modal Kecil, tapi Hasilnya Menjanjikan!

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, tentu kamu juga harus belajar hidup mandiri, agar tidak selalu bergantung kepada orang tua. Jika kamu bisa hidup secara mandiri, maka kamu akan lebih siap untuk menjalani kehidupan yang sebenarnya setelah kamu lulus nanti. Salah satu bentuk kemandirian adalah dengan menjalani bisnis atau usaha sampingan, agar kamu bisa mapan secara finansial. 

Menentukan jenis bisnis yang cocok untuk mahasiswa tidaklah mudah. Apalagi bagi kamu yang belum pernah berbisnis sebelumnya, pasti akan kesulitan untuk menentukan langkah awal. Namun kamu tidak perlu risau dulu, karena akubisnis.com ingin berbagi beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba terapkan. 

1. Jasa Pengetikan dan Print

Kamu tinggal atau ngekos di sekitar kampus? Kenapa kamu tidak membuka usaha jasa pengetikan dan print saja. Kamu hanya membutuhkan laptop, printer, tinta dan kertas, maka kamu sudah bisa membuka usaha ini. Biasanya saat kuliah akan ada banyak tugas yang diberikan. Tidak sedikit mahasiswa yang menggunakan jasa pengetikan, karena beberapa alasan, seperti misalnya sibuk.

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Kamu perlu meningkatkan kemampuan dalam mengetik agar hasilnya bisa memuaskan pelanggan. Bekerjalah secara profesional, meski yang menjadi pelanggannya adalah kawanmu sendiri. Kamu juga harus pandai membagi waktu antara pekerjaan dan tugas kuliah. Jangan sampai tugas-tugasmu malah terbengkalai.

Lakukan perawatan pada printer sebaik mungkin seperti kamu merawat pasangan kamu. Sehingga kinerja printer tetap optimal. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan :

  • Gunakan tinta yang tepat, agar printer berumur panjang
  • Bersihkan printer dari debu, agar komponennya tidak cepat rusak
  • Rutin menggunakan printer, agar semua komponen dapat bekerja dengan baik
  • Ketika kamu ngeprint dalam jumlah banyak, beri printer jeda sebentar 

2. Membuka Bimbingan Belajar (Bimbel)

Tidak sedikit mahasiswa yang membutuhkan bantuan orang lain untuk bisa menguasai mata kuliah tertentu agar nilai indeks prestasi (IP) nya bisa tinggi. Sebaiknya manfaatkan peluang ini untuk membuka jasa bimbel. Kamu bisa menjalani bisnis ini sendirian atau bisa juga membentuk team bersama teman-teman lainnya yang berkompeten di bidang tertentu.

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Ada baiknya kamu tidak membuka jasa bimbel untuk bidang akademis saja. Namun kamu bisa mempertimbangkan membuka jasa bimbel untuk bidang non akademis lainnya, seperti olah vokal, berenang, main piano, mengemudi, bermain gitar, melukis dan lain sebagainya. Jika modal kamu terbatas, kamu bisa memberikan les secara door to door, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat.

Adapun benefit yang akan kamu dapatkan dari usaha bimbel ini adalah sebagai berikut :

  • Mendapatkan penghasilan
  • Meningkatkan skill atau kemampuan
  • Bisa berbagi ilmu dengan orang lain
  • Bisa memperluas bisnismu dengan membuka bimbel di cabang lainnya
  • Menjadi pebisnis yang andal

3. Jualan Online

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya adalah berjualan secara online. Apalagi di era digital seperti saat ini, kamu bisa memanfaatkan teknologi modern untuk mendukung bisnis jualan online yang kamu rintis. Kamu bisa menjual berbagai macam produk yang diminati anak-anak muda, mulai dari baju, celana/rok, gamis, sepatu/sandal, aksesoris/pernak-pernik, tas, topi dan sweater

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Jika kamu punya produk fisik, maka kamu bisa menjualnya di situs e-commerce (Tokopedia, Shopee dan lainnya), media sosial, berbagai forum jual beli online atau membuat website sendiri. Namun jika kamu tidak punya produk fisiknya, maka kamu bisa menjual produk dari perusahaan reseller maupun dropshiper. Untuk opsi yang kedua, modalnya relatif kecil, akan tetapi hasilnya juga lumayan lho.

4. Jualan Makanan Ringan (Snack)

Bisnis yang bisa kamu coba selanjutnya adalah berjualan makanan ringan. Kamu bisa memanfaatkan waktu kosong untuk menjual makanan ringan, seperti jajanan dan air mineral, sangat membantu mengganjal perut yang sedang lapar. Jika kamu memiliki produk makanan sendiri, akan lebih bagus lagi. Kamu juga bisa meningkatkan branding produk kepada orang lain, sehingga produk kamu semakin dikenal luas.

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Pilihlah jenis camilan yang digemari anak-anak muda, seperti keripik pedas, basreng, seblak pedas, keripik pisang, jajanan pasar, kue bolu dan lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk makananmu.

5. Jualan Pulsa Elektrik

Jualan pulsa elektrik cenderung membutuhkan modal yang sedikit dan mudah dilakukan. Apalagi pulsa selalu dibutuhkan oleh banyak orang untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pulsa internet, pulsa telepon dan pulsa listrik. Pulsa juga dibutuhkan kapan saja. Keuntungan dari sekali berjualan pulsa antara 500 - 2.000. Jika kamu rajin menabung keuntungan yang kamu dapatkan, lama kelamaan akan menjadi banyak.

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Meski modalnya terbilang kecil, jualan pulsa bukan berarti tanpa risiko. Kamu harus siap jika ada yang berutang pulsa. Langkah antisipasinya adalah kamu perlu menyiapkan dana cadangan untuk menutup tunggakan tersebut. Maka sebaiknya kamu pertimbangkan kemungkinan buruk ini sebelum memutuskan berjualan pulsa.

Nah, jika kamu tertarik untuk berbisnis sambil kuliah, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menjalani salah satu bisnis di atas. Selain cocok untuk para mahasiswa, kelimanya juga dianggap sebagai bisnis yang cocok di kalangan anak muda. Apalagi modal yang dibutuhkan juga relatif kecil.

Yuk manfaatkan peluang yang ada untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Selain bisa belajar berbisnis, kamu juga berpeluang untuk menjadi pengusaha besar. Rezeki kan tidak ada yang tahu. Siapa tahu dari bisnis kecil ini bisa menjadi bisnis yang lebih besar lagi.

Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Jadi ingat sama teman-teman adik saya. Selama menjalani kuliah online mereka banyak banget yang buka usaha kecil-kecilan di rumah. Mulai dari jualan snack sampai minuman kekinian yang diracik sendiri. Idenya ini cocok banget nih buat yang masih bingung mau mulai gimana. Apalagi PPKM darurat gini jadi bikin galau bakalan kuliah offline atau ngga. Aku izin share yaa kak. Siapa tau ada teman yang butuh info ini juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya atas kunjungannya. Silakan dibagikan Kak.

      Hapus


EmoticonEmoticon