Aplikasi InvestasiKu, Pilihan Tepat untuk Investasi Saham - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Aplikasi InvestasiKu, Pilihan Tepat untuk Investasi Saham

Aplikasi Investasi Saham, InvestasiKu

Sebagai seorang blogger yang gemar menulis segala hal tentang finansial dan investasi, saya mulai tertarik dengan dunia investasi, terutama saham. Awalnya saya hanya menulis artikelnya saja, tapi saya pikir asyik juga ya kalau bisa langsung main saham. Apalagi jika profit-nya menjanjikan, bakalan jadi peluang yang baik untuk mengumpulkan cuan.

Selama ini saya mendapatkan penghasilan dari blog-blog yang saya kelola. Jenis project yang biasanya jadi andalan adalah content placement, back link placement hingga product review. Saya pribadi belum kepikiran untuk menjalani jenis bisnis digital yang lainnya, misalnya memonetisasi YouTube atau TikTok.

Selain harus punya skill yang mumpuni untuk video editing, saya juga belum bisa fokus mengerjakan banyak project seorang diri. Mengelola blog lebih dari tujuh saja sudah kewalahan, apalagi jika ditambah harus mengelola akun YouTube, TikTok dan lainnya.

Mengatur Pendapatan Ngeblog

Bagi saya, mengatur keuangan itu sangat penting. Makanya saya selalu mencatat kas yang masuk dan kas keluar, agar ketahuan arus uang itu ke mana larinya. Setiap pendapatan dari blog, langsung saya pisahkan. Sebagian untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, sebagiannya lagi ditabung.

Membuat Pembukuan untuk Pendapatan Blogging

Sebagai jebolan anak akuntansi, saya senang mencatat setiap kas masuk dari pendapatan ngeblog, sehingga membantu memudahkan saya untuk memantau setiap income dari blog.

Kalau tidak dibuat pembukuannya, saya bakalan kewalahan memantau mana klien yang sudah bayar, dan mana yang masih belum bayar. Apalagi kalau pas job lagi ramai, pembukuan ini sangat membantu saya.

Nah agar uangnya tidak habis terpakai, saya sengaja membuka rekening baru lagi khusus untuk menabung. Awalnya saya agak malas keluar rumah untuk membuka tabungan baru. Apalagi saat pandemi gini, jumlah antrian dibatasi. Belum lagi jarak dari rumah ke bank juga cukup jauh.

Beruntung banget, saat ini tidak sedikit bank yang menerbitkan produk keuangan digital, yang mana proses pembuatan rekening baru tidak perlu datang ke cabang sama sekali. 

Konsepnya memang branch-less (tanpa bank fisik) dan juga tanpa kartu ATM. Semua transaksi dilakukan secara online. Konsep ini sangat cocok bagi mereka yang tidak punya banyak waktu atau malas keluar rumah.

Menabung Saja Tidak Cukup

Punya tabungan memang sangat menyenangkan. Saya jadi lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan. Saya juga tidak perlu repot-repot meminjam uang ke teman, tetangga, saudara atau mengajukan pinjaman online jika sewaktu-waktu kepepet butuh uang.

Namun lama-lama saya mikir juga, kalau uangnya hanya ditabung saja, tentu tidak bisa berkembang. Uangnya hanya akan mengendap di tabungan saja. Akan lebih baik lagi kalau sebagian uangnya saya putar untuk investasi.

Namun investasi itu ada banyak jenisnya. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan. Mau investasi properti, ya harus sedia modal besar. Mau investasi emas, ya sama juga, perlu modal yang cukup untuk memulainya.

Pengertian saham

Dari sekian banyak jenis investasi yang ada, saya malah kepikiran untuk main saham. Terutama setelah ada beberapa teman yang mengajak saya untuk investasi saham. Awalnya saya anggap angin lalu saja. 

Namun semenjak teman saya sering posting profit yang ia dapatkan, kok asyik juga ya muterin uang untuk bermain main saham. Apalagi saat ini main saham sepertinya mudah sekali, cukup lewat ponsel saja sudah bisa cari cuan.

Oh iya guys, saham itu adalah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal. Pemilik saham punya hak untuk mendapatkan dividen (keuntungan) sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Dengan memegang saham, maka individu atau badan bisa mengakui kepemilikan suatu perusahaan terbuka (Tbk). Berapa pun jumlah lembar saham yang dimilikinya, maka berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Investasi Saham di Aplikasi InvestasiKu

Era digital seperti sekarang ini, sangat mudah bagi kita untuk membuka tabungan maupun investasi. Semua bisa dilakukan secara online melalui ponsel saja. Bahkan sambil rebahan di rumah saja juga sudah bisa punya rekening atau investasi.

Tingginya minat masyarakat untuk investasi saham, membuat semakin banyak aplikasi investasi yang mulai bermunculan. Dengan beragam kelebihannya, aplikasi tersebut hadir menawarkan ragam fitur menarik untuk memudahkan nasabahnya dalam berinvestasi.

Salah satu aplikasi investasi saham yang menjadi andalan saya adalah aplikasi InvestasiKu.

Aplikasi InvestasiKu

InvestasiKu merupakan aplikasi investasi saham, obligasi dan reksadana serta perencanaan keuangan yang dilengkapi dengan fitur Trading Idea dan Eduvest.

InvestasiKu berada di bawah naungan PT Mega Capital Sekuritas dan telah terdaftar serta diawasi oleh OJK, sehingga data nasabah terjamin kemanannya.

Setidaknya ada empat jenis investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari saham, reksadana, obligasi dan rencana (financial planning).

Cara Daftar InvestasiKu

Nah ini yang saya suka, proses pendaftarannya mudah, cepat dan praktis. Seluruh prosesnya bisa dilakukan melalui ponsel. Jadi tidak perlu ribet datang ke kantor atau lembaga keuangan tertentu.

Lalu, bagaimana cara pendaftarannya? Simak yuk step by step cara registrasi akun di aplikasi InvestasiKu berikut ini :

1. Install aplikasi InvestasiKu

Proses Registrasi Akun di Aplikasi InvestasiKu

Pertama-tama ya install aplikasi InvestasiKu di ponsel, baik itu platform Android maupun Apple.

Setelah terpasang di ponsel, selanjutnya register untuk membuat akun. Klik 'Kamu Belum Memiliki Akun?'. Isikan nama lengkap, email aktif, nomor ponsel aktif dan password aplikasi.

Jangan lupa, centang syarat dan ketentuan InvestasiKu. Namun sebaiknya kamu baca dan pelajari dengan teliti dan seksama apa saja persyaratan yang ada di dalamnya. Lalu klik Sign Up.

2. Masukkan kode OTP

Cara Daftar Aplikasi InvestasiKu

Sebelum proses registrasi selesai, akan ada kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor ponsel yang tadi didaftarkan. Masukkan kode OTP, lalu klik Next.

Selamat! Proses pendaftaran akun baru telah berhasil. Lalu kamu klik Halaman Utama untuk kembali ke menu utama aplikasi InvestasiKu.

Sekarang, ada nama kamu telah tampil di menu utama aplikasi. Ini artinya kamu telah terdaftar dan telah memiliki akun baru.

3. Proses E-KYC

Proses Registrasi Mudah dan Cepat di Aplikasi InvestasiKu

Selanjutnya kita lakukan proses E-KYC (Electronic Know Your Customer). Prosesnya terdiri dari :

  • Validasi kTP
  • Isi formulir pembukaan rekening investasi
  • Verifikasi biometrik

Pada tahap ini, kita perlu siapkan e-KTP. Lalu foto e-KTP tersebut dan pastikan dapat terbaca dengan jelas. Klik Submit untuk proses berikutnya.

4. Verifikasi data pribadi

Proses Registrasi di Aplikasi InvestasiKu

Masuk ke tahap berikutnya adalah verifikasi data diri pribadi. Lalu klik Verifikasi untuk mengisi formulir pembukaan rekening investasi sekaligus rekening dana nasabah.

Pastikan data telah diisi dengan lengkap dan benar. Tunggu beberapa saat untuk proses verifikasi hingga berhasil. Nanti akan ada notifiaski jika proses verifikasi data telah berhasil dan akan lanjut ke tahap akhir.

5. Tahap akhir, verifikasi biometrik (link dikirim via email)

Verifikasi Biometrik di Aplikasi InvestasiKu

Link untuk proses verifikasi biometrik akan dikirimkan ke email yang telah kita daftarkan. Masuk ke email, klik link-nya, lalu lakukan tahap demi tahap. 
Siapkan foto terbaikmu dengan cara foto selfie agar proses verifikasi bisa berjalan dengan lancar.

Pastikan foto : 

  • Jelas dan terang
  • Tidak berbayang
  • Background polos
  • Rambut tidak menutupi wajah
  • Tidak memakai masker dan topi

Setelah foto berhasil, tunggu beberapa saat untuk proses verifikasi foto. Jika sudah oke, maka akan ada notifikasi bahwa kita telah berhasil menyelesaikan registrasi nasabah baru di PT Mega Capital Sekuritas.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi InvestasiKu

Meski masih awam di dunia investasi saham, tetapi lewat aplikasi InvestasiKu, saya bisa belajar sedikit demi sediki tentang saham. Soalnya team InvestasiKu rajin update info-info terbaru.

Mau baca artikelnya? Ada! Atau mau dengerin podcast-nya? Juga ada! Lebih seru lagi nonton video info saham dong.

Aplikasi Investasi Saham yang Paling Bagus

Untuk bisa membeli saham, kita harus isi saldo RDN dulu ya. Kita bisa topup saldo ke RDN milik kita lewat ALLO Pay, ALLO Points, transfer bank dan lain sebagainya.

Kalau kita mau tarik saldo ke rekening pribadi kita, minimal penarikan dana Rp 10.00. Waktu penarikan saldo RDN tidak bisa dilakukan pada pukul 22.00 - 03.00 WIB.

Dari segi tampilan, saya bilang cukup sederhana ya, tetapi fiturnya lumayan lengkap lho. Secara keseluruhan, aplikasinya mudah digunakan dan cepat loading-nya. 

Lewat aplikasi ini juga, asyiknya saya bisa memantau saham yang lagi trending. Lalu ada juga koleksi saham berdasarkan sektor, mulai dari energi, kesehatan, teknologi, keuangan, properti dan lain sebagainya.

Keunggulan InvestasiKu

Masing-masing aplikasi investasi saham memang punya fitur unggulan masing-masing. Sama halnya dengan InvestasiKu ini. Setelah ngulik aplikasinya lebih dalam lagi, ternyata ada beberapa keunggulan yang perlu kamu ketahui lho. 

Aplikasi Investasi Saham yang Bagus

Berikut poin-poin penting yang bisa saya bagikan mengenai keunggulan InvestasiKu :

1. Proses pendaftaran cepat dan tidak ribet

Secara keseluruhan proses pendaftarannya cukup mudah dan cepat. Namun pastikan lagi ya, koneksi internet harus stabil, biar proses registrasinya lebih lancar.

2. Transaksi lebih mudah

Proses untuk mengisi RDN (Rekening Data Nasabah) lebih mudah dilakukan. Cukup lewat ponsel saja, kita sudah bisa isi saldo untuk membeli saham, obligasi atau reksadana.

3. Tampilannya sederhana

Aplikasinya simpel, tetapi fitur dan menunya cukup lengkap. Dalam aplikasi, kita bisa mendapatkan informasi yang cukup lengkap seputar investasi, mulai dari artikel, podcast hingga dalam bentuk video, sehingga lebih mudah dipahami.

4. Fitur keren 

Aplikasinya saya bilang oke. Selain ketiga poin di atas, ada beberapa fitur menarik dan keren yang bisa kamu coba :

  • Rencana : Dengan fitur ini, kita bisa merencanakan masa depan dengan layanan Financial Planning di InvestasiKu. 
  • Eduvest : Eduvest akan memberikan layanan media sosial yang lebih interaktif seputar edukasi investasi.
  • 5 Trading Ideas : Kita bisa mendapatkan informasi seputar saham setiap hari pukul 08.30 WIB.
  • Coaching & Clinic : Team InvestasiKu siap membantu untuk konsultasi seputar investasi dan perencanaan keuangan.
  • Webiner : Session edukasi interaktif yang membahas seputar topik investasi.
  • Point Cashback : Bisa digunakan lagi untuk berinvestasi atau membeli produk di merchant-merchant CT Corpora.
  • Glimpse : Artikel berlangganan seputar bisnis dan keuangan.
  • Terkoneksi dengan Allo Bank, Super App yang menggabungkan seluruh unit bisnis milik CT Corpora.

Setelah mencoba aplikasi InvestasiKu, saya tidak perlu bingung mau investasi saham ke mana. Semua bisa dilakukan dari aplikasi di ponsel, sehingga saya jadi lebih mudah untuk membeli saham dari mana saja dan kapan saja.

Yuk, bagi kamu yang hobi investasi saham, kenapa tidak cobain aplikasi InvestasiKu. Masih ragu untuk install? 

Previous
Next Post »

16 komentar

  1. satu lagi nih aplikasi kekinian untuk investasi masa depan yang menjanjikan. Aku jadi penasaran dong pengen cobain, sepertinya bisa jadi sumber cuan baru nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayolah kita cari cuan yang rajin Mas, biar bisa punya penghasilan yang banyak.

      Hapus
  2. Wah, mudah banget registrasinya ya mas. Bisa dilakukan dari rumah aja. Secara kan emak-emak males banget keluar rumah, apalagi zaman pandemi gini. Ah, jadi pengen belajar investasi saham juga nih. lumayan buat pendapatan pasif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong Mba Dyah. Sekarang kan zamannya serba online. Cobain aja.

      Hapus
  3. Ini namanya kekuatan "law of attraction" Mas. Soalnya saya lagi kepo dengan saham dan pernah ikut trainingnya juga. Ehh, pas banget baca artikel ini, ternyata ada ya aplikasi yg mudah untuk memulai belajar investasi seperti saya gini. Makasih infonya, nanti mau baca-baca aplikasi InvestasiKu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya Mba Hastin. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  4. Keamanan di Investasiku ini terjamin kan ya? Maksudku, keamanan data kita nggak akan bocor ke pihak lain? Btw, itu pencatatan keuangannya rapi banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insha Allah semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Mba Tria. Apalagi telah terdaftar di OJK. Iya dong, meski sederhana, tapi catatannya perlu dibikin rapi, biar saya juga lebih mudah input datanya. Nanti kalau tidak rapi, saya sendiri yang repot input-nya.

      Hapus
  5. Cara daftarnya sederhana ya kak. Layanan keamanannya juga pasti terjamin karena menggunakan biometrik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insha Allah datanya bakalan terjamin keamanannya, karena verifikasinya juga cukup lengkap, termasuk di dalamnya verifikasi biometrik.

      Hapus
  6. Aman yah mas hen inii. Jadi pengen cobaa. Tapi blm pandai investasi jadi ambil yg low risk dluu yak hihi

    Kalau aplikasi gini jadi lebih mudah juga ngontrolnya yahh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pemula wajar dong ambil yang low risk. Boleh cobain aplikasinya Mba Jihan.

      Hapus
  7. Cakeppp. Makin gampang sekarang ya untuk regtistrasinya. Main saham moga sering profit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, ayo buruan main saham di InvestasiKu Mba.

      Hapus
  8. aku baru tau aplikasi ini, kak.. makasi yaa udah dikenalin dengan nulis review yang lengkap begini. nanti bisa aku cek lagi dan coba pakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

      Hapus


EmoticonEmoticon