Keuntungan Membagikan Sampel Gratis dalam Bisnis - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Keuntungan Membagikan Sampel Gratis dalam Bisnis

Keuntungan Membagikan Sampel Gratis

Seorang rekan kerja menjalani bisnis kuliner saat menjelang lebaran. Ia memanfaatkan momen ini, karena banyak orang membeli kue lebaran untuk disajikan di rumah masing-masing atau sebagai hampers lebaran. Omset penjualan kue lebaran biasanya akan meningkat, sehingga banyak orang tertarik untuk mencoba menjalani bisnis kue lebaran, salah satunya adalah teman saya tersebut.

Agar kami tidak penasaran dengan rasa kue yang dijualnya, ia pun membagikan sampel kue secara cuma-cuma. Hal ini memang kerap dianggap lumrah sebagai bagian dari promosi. Jika rasa kue enak, maka peluang untuk "closing" pun terbuka lebar, sehingga kue bisa laris di pasaran, dan tentunya ini sangat baik untuk bisnis.

Meski cara ini memang bukanlah suatu keharusan dan tidak ada paksaan bagi pebisnis untuk melakukannya. Namun, memberikan sampel produk gratis, ternyata bisa memberikan keuntunga tersendiri. Apalagi jika sampel tersebut dibagikan kepada orang yang tepat, biasanya mereka akan tertarik untuk membelinya. Terutama jika rasa kuenya memang benar-benar enak.

6 Keuntungan Membagikan Sampel Gratis dalam Berbisnis

Tidak hanya makanan saja, sampel produk lainnya pun bisa dicoba terlebih dulu, misalnya saja parfum. Calon konsumen pastinya akan lebih yakin jika mencoba lebih dulu wangi parfumnya sebelum membeli. Jika wanginya cocok, maka mereka akan tertarik untuk membelinya. 

Begitu juga dengan produk-produk lainnya. Jika ada sampelnya dulu, bisa jadi mereka akan lebih tertarik untuk membeli dan merekomendasikan kepada orang-orang di sekitarnya.

Dalam dunia bisnis, membagikan sampel gratis merupakan bagian dari pemasaran. Makanya terkadang kita juga sering melihat ada SPG atau SPB di pusat perbelanjaan yang membagi-bagikan sampel untuk dicoba oleh pengunjung mall.

Daripada penasaran, simak aja yuk beberapa alasan mengapa bagi-bagi sampel produk gratis cukup penting untuk bisnis, berikut ulasannya :

1. Meningkatkan brand awareness

Ada beberapa cara untuk membantu meningkatkan brand awareness, salah satunya adalah membagikan sampel produk secara gratis. Brand awareness merupakan istilah pemasaran yang menggambarkan tingkat pengakuan konsumen terhadap suatu produk atau jasa dari nama brand tersebut.

Membangun brand awareness ini sangat penting, apalagi bagi kamu yang baru memulai bisnis. Dengan membagikan sampel gratis, produk tersebut akan mudah dikenal oleh publik. Selanjutnya, mereka akan memberikan penilaian dan akan membuat keputusan, apakah ingin membeli atau tidak.

2. Menciptakan rasa timbal balik

Membagikan sampel gratis mampu membantu tingkatkan penjualan dan bukan hal yang sia-sia dalam bisnis. Ketika kamu membagikan sampel produk gratis kepada calon konsumen, hal ini biasanya akan menciptakan timbal balik.

Walaupun konsumen merasa kurang cocok, tetapi tertarik dengan value produk tersebut, mereka bisa saja merekomendasikannya kepada orang-orang di sekitarnya. Dengan demikian, produk atau bisnis kamu akan mulai dikenal dan mendapatkan pelanggan baru.

3. Mendapatkan review dan feedback

Sampel produk gratis yang kamu bagikan, akan menghasilkan feedback positif untuk keberlangsungan bisnis yang kamu jalankan. Para konsumen dengan sukarela akan memberikan feedback atau masukan terkait produk tersebut. Hal ini tentunya sangat baik untuk perkembangan bisnis kamu bukan

Bahkan tidak tertutup kemungkinan produk yang kamu jual akan mendapatkan testimoni terkait penggunaan produk tersebut, yang nantinya bisa ditampilkan di dalam sebuah website bisnis. Apalagi jika calon konsumen yang diberikan sampel adalah seorang influencer, vlogger, blogger atau youtuber.

4. Mengetahui apakah produk yang dijual layak dibeli atau tidak

Salah satu cara ampuh untuk mengetahui apakah produk tersebut laris manis atau tidak, yakni dengan cara membagikan sampel kepada publik. Dengan cara ini, akan memudahkanmu untuk mengetahui produk mana yang paling disukai oleh konsumen. 

Dengan begitu, kamu bisa memprediksi produk mana saja yang nantinya berpotensi laris manis di pasaran. Cara ini akan mengurangi risiko kerugian akibat banyaknya produk yang kurang diminati di pasaran.

5. Mengoptimalkan penggunaan media sosial

Pemberian sampel gratis, secara tidak langsung akan berimbas pada meningkatnya penggunaan media sosial. Biasanya yang namanya gratisan pasti banyak peminatnya dan infomarsinya juga akan dengan cepat menyebar. Bisa saja mereka akan membagikan informasinya di media sosial. 

Hal ini karena, penggunaan media sosial mampu menjangkau audiens yang ditargetkan bisnis secara lebih optimal. Pebisnis juga bisa mempertimbangkan menggunakan layanan iklan berbayar untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial.

6. Membantu tingkatkan penjualan

Ketika kamu memberikan sampel produk terbaik, pastinya akan mendapatkan beragam respon dari konsumen. Mereka yang telah mencoba sampel gratis tersebut, bisa saja akan menyebarkan informasi kepada orang-orang di sekitarnya. Mirip seperti pemasaran Word of Mouth Marketing atau promosi dari mulut ke mulut, yang mana pemasaran ini termasuk cukup ampuh untuk mendongkrak penjualan.

Respon hangat tersebut, pastinya mampu membangun positive impact terhadap bisnis. Maka dari itu, jangan anggap remeh membagikan sampel gratis kepada orang-orang. Apalagi jika kamu mulai membangun bisnis, hal ini penting dilakukan untuk mengenalkan produk kepada orang lain.

Konklusi

Meski terkesan sepele, akan tetapi membagikan sampel gratis ternyata memberikan impact yang sangat baik bagi bisnis. Membuat atau membagikan sampel produk gratis merupakan bagian dari strategi pemasaran. Semakin baik kualitas sampel yang kamu bagikan, tentunya semakin baik respon dari calon konsumen.

Jadi, jangan ragu ya untuk memberikan sampel gratis. Keluar modal di awal tidak apa-apa, karena langkah ini merupakan bagian dari bisnis, karena yang namanya bisnis pasti membutuhkan modal, walaupun jumlahnya sedikit. Nah demikian artikel mengenai keuntungan membagikan sampel gratis

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon