7 Ide Bisnis yang Bisa Dilakukan di Rumah, Cocok untuk Ibu Rumah Tangga - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

7 Ide Bisnis yang Bisa Dilakukan di Rumah, Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis Pulsa dan Token Listrik di App Mitra Bukalapak

Sebagai ibu rumah tangga, kendala bisnis berupa waktu dan mobilitas memang kerap dirasakan. Mau membuka bisnis pun harus mempertimbangkan terbaginya waktu dengan sang anak. Belum lagi, ada kendala izin dari suami yang membuat ibu rumah tangga enggan membuka suatu usaha di luar rumah.

Jika kamu punya problem yang sama, jangan bersedih dulu. Saat ini sudah banyak ide bisnis yang bisa dilakukan cukup di rumah saja. Misalkan saja membuka bisnis jual pulsa dan token listrik di app mitra Bukalapak. Berbagai usaha berikut ini juga bisa dikerjakan tanpa harus menyita terlalu banyak waktu, si kecil pun tetap bisa diawasi lho.

7 Ide Bisnis yang Bisa Dilakukan di Rumah

Berikut Akubisnis.com sajikan 7 ide bisnis yang bisa kamu coba lakukan dari rumah saja :

1. Jasa laundry

Jika kamu tinggal di wilayah padat penduduk, membuka jasa laundry kiloan adalah pilihan tepat untuk menambah pundi-pundi rupiah. Modalnya pun terbilang kecil, sekitar Rp 2 juta saja untuk membeli mesin cuci bekas dan berbagai peralatan laundry lain.

Keuntungan per baju mungkin terbilang kecil, yaitu hanya Rp 1000-an saja. Namun, biasanya setiap orang akan laundry minimal 1 kg pakaian yang kira-kira berisi 7-8 potong baju. Jika ditotal, untungnya lumayan juga lho.

Kunci keberhasilan bisnis ini terletak pada service atau pelayanan. Jika hasil laundry harum dan rapi, pelanggan jelas akan melakukan repeat order atau service ke tempat bisnis laundry kamu.

2. Jualan frozen food

Bermodalkan sekitar Rp 3 juta saja, kamu sudah bisa membuka bisnis jualan frozen food atau makanan beku, seperti bakso atau otak-otak. Tanpa harus menyewa lahan, bisnis ini pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan teras rumah saja.

Biaya sebesar Rp 3 juta tersebut sudah termasuk untuk pembelian freezer sekaligus isian produk frozen food. Promosi produk usaha bisa dilakukan di kalangan jamaah pengajian, arisan atau ibu-ibu komplek di sekitar rumah.

Kamu juga bisa meramaikan usaha yang satu ini dengan mempromosikannya melalui media sosial. Atau juga bisa membayar jasa endorse ke influencer yang ada di kota tempat tinggal kamu.

3. Usaha katering

Usaha katering merupakan bisnis rumahan yang bisa dibuka hanya dari rumah saja. Modal usahanya pun terbilang minim, sekitar Rp 100 ribu hingga 150 ribuan saja. Modal bisa saja lebih besar, tergantung permintaan dari para pelanggan.

Nah, ketika jumlah pesanan lumayan banyak, mintalah customer untuk membayar DP terlebih dulu. Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan modal tambahan untuk membuat makanan yang dipesan oleh customer.

Potensi bisnis katering ini mencapai lebih dari Rp 3 juta rupiah. Ketika bisnis ini semakin ramai, kamu bisa merekrut team tambahan dari teman ataupun dari keluarga.

4. Usaha bimbel di rumah

Bimbingan belajar adalah salah satu usaha dari rumah yang bisa dijalankan dengan modal yang sangat minim. Peminatnya pun tidak akan pernah mati selama ada ibu-ibu yang memiliki anak di sekitar tempat tinggal.

Saat ini mendapatkan pembelajaran dari guru pun dirasa tidak cukup. Orang tua menginginkan putra putrinya menghabiskan waktu dengan melakukan hal-hal yang positif, seperti belajar ketimbang bermain tanpa mengenal waktu.

Potensi bisnis ini pun terbilang menguntungkan, mulai dari Rp 100 ribu per harinya. Apabila dalam sebulan kamu mengajar selama 10 hari saja, maka besar penghasilan bisa mencapai Rp 1 juta. Lumayan untuk membayar tagihan listrik bukan?

5. Ternak ikan

Siapa bilang ibu rumah tangga tidak cocok untuk beternak ikan? Justru ternak ikan adalah bisnis paling mudah yang bisa dijalankan siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Bermodalkan sekitar Rp 3 juta, bisnis ini pun bisa dijalankan asalkan kamu memiliki lahan yang cukup di samping rumah.

Ide bisnis ini bisa mendatangkan omset hingga mencapai Rp 5 juta setiap bulannya. Enaknya lagi, effort tenaga yang dikeluarkan untuk menekuni bisnis ini tidak terlalu banyak. Kamu cukup luangkan waktu 1 hingga 2 jam per hari untuk mengurusnya.

6. Jualan token listrik

Berjualan token listrik adalah pilihan terbaik untuk ditekuni oleh ibu rumah tangga. Pasang saja banner jualan token listrik di depan rumah kamu untuk menjaring pelanggan yang potensial.

Keuntungan bisnis ini mungkin sekitar Rp 1.000 saja per transaksi. Namun, jika dalam sehari kamu menerima lebih dari 30 pelanggan, maka sebulannya keuntungan hampir mencapai Rp 1 juta. Lumayan bukan?

7. Pengisian pulsa

Selain isi token listrik, jasa pengisian pulsa bisa kamu lakukan dari rumah saja. Berjualan pulsa pun tidak perlu modal yang besar. Misalnya saja ketika kamu ingin menjadi mitra Bukalapak dengan berjualan pulsa, modalnya hanya sekitar Rp 500 ribu saja.

Keuntungan per transaksinya mungkin sekitar Rp 500 hingga Rp 1.000 saja. Namun, volume permintaan pulsa biasanya sangat tinggi, mencapai 10 hingga 50 orang per hari. Jika kamu tekun melakukan promosi, maka jumlah pelanggan tentu akan naik. Apalagi jika kamu dibantu reseller yang aktif berjualan, tentu omset pun akan melejit cepat.

Ide Bisnis Rumahan

Inilah tujuh ide bisnis yang bisa kamu lakukan saat menjalani peran sebagai ibu rumah tangga. Selain tidak menyita waktu, ide bisnis yang ada di atas jelas tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Si kecil pun tetap bisa terus diawasi di rumah, sehingga hati pun tenang, dompet pun terisi!

Nah, kalau kamu ingin berjualan pulsa dengan harga jual pulsa yang bisa diatur sesuka hati, silakan bergabung mitra Bukalapak. Pembelian saldo minimal hanya Rp 500 ribu, sudah bisa dijual kembali dengan harga yang bisa kamu tentukan sendiri.

Semoga artikel tentang ide bisnis rumahan ini bisa bermanfaat sekaligus memberikan referensi bisnis yang bisa kamu pilih untuk ditekuni agar bisa mendapatkan penghasilan yang cukup menguntungkan.

Previous
Next Post »

17 komentar

  1. Alhamdulillah sekarang banyak ide bisnis rumahan. Jadi tinggal disesuaikan dengan pasion kita saja. Apalagi dengan dukungan media sosial, bisa promo dengan gratis. tidak perlu sewa tempat juga. Asalkan terus semangat jualan, Insya Allah bisnis rumahan akan berkembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin ke sini masyarakat semakin kreatif dalam mencari cuan Mas. Apalagi ide ngejalanin bisnis saat ini sudah bisa dilakukan dari rumah saja, nggak perlu banyak modal untuk membuka warung atau kios yang harganya lebih mahal. Terus semangat !!

      Hapus
  2. Bisnis jualan pulsa lumayan juga untungnya ya mas karena pulsa saat ini banyak dibutuhkan masyarakat, baik pulsa hp maupun pulsa listrik sama2 dibutuhkan bahkan dalam keadaan mendesak. Bisnis laundry pun juga menjanjikan...intinya saat ini banyak pekerjaan yang menghasilkan diluar pekerjaan kantor dan berdasi...jadi kira harus jeli melihat peluang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah jualan pulsa, memang kalo dihitung untungnya lumayan juga. Apalagi kalo beli pulsanya cuma 5ribu atau 10ribu, untungnya lebih besar ketimbang jualan pulsa yang 100ribu. Memang harus jeli melihat peluang bisnis di sekitar kita...

      Hapus
  3. Saat masih kuliah, aku berbisnis jualan pulsa. Lumayan sih hasilnya. Meski katanya sedikit. Tapi kalau dikumpulin ya banyak juga. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan loh, apalagi pulsa hape dan pulsa listrik pasti selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Kalo dikumpulin lama-lama banyak juga dong

      Hapus
  4. pas lagi nyari bahan ide untuk usaha di rumah, buat bekal klo kepengen resign jadi masih bisa produktif walaupun di rumah aja. Thanks atas idenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya dan terima kasih sudah mampir ke blog sederhana ini Kakak

      Hapus
  5. Pengisian pulsa memang ide brilian yang sangat dibutuhkan. Soalnya kan buat internetan pasti butuhnya kuota, makanya sering dicari tenant ini.

    BalasHapus
  6. aku dulu pernah jualan pulsa broncos melulu karena modalnya gak gede dan keseringan aku yg beli, wkwkwk. Kalau sekarang jualan pulsa pasti lbih +++ untungnya. Apalagi kalau kita punya reseller. Untung 250 rupiah pun bisa jadi jutaan

    BalasHapus
  7. Banyak bisnis yang bisa dibuat dirumah asalkan kita beneran mau berusaha. Sudah banyak cara dan jalan walaupun hanya dari rumah saja tetap bisa dapat cuan dong

    BalasHapus
  8. seneng banget sih sekarang makin praktis buat usaha dari rumah saja ya :) jadi para ibu rumah tangga tetap bisa mandiri dapt penghasilan sendiri

    BalasHapus
  9. Ternyata banyak juga ya kak, bisnsi yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga
    Ternak ikan cukup menarik

    BalasHapus
  10. wah frozen food bisa jadi pilihan banget emang. apalagi saat di sekitar belum ada pesaing, beuh aku yang beli aja pusing sendiri wqwq

    BalasHapus
  11. Kalau mau berusaha, ada banyak ide bisnis yang bisa direalisasikan dengan modal terbatas dan bisa dari rumah ya, Kak. Contohnya kayak 7 bisnis di atas. Sambil mengurus rumah dan anak, tetap bisa mendapatkan penghasilan tambahan

    BalasHapus
  12. Ide bisnis rumahan ini bisa ditiru untuk bisa mencoba mengahasilkan meski hanya di rumah aja. Bisa juga ide bisnis ini diwujudkan beberapa secara bersamaan yaa.. Hehhe, biar lebih banyak menangkap minat masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalo ada peluang untuk mencoba menjalani beberapa bisnis dalam waktu bersamaan, kenapa enggak??! Yang penting mampu dan konsisten aja

      Hapus


EmoticonEmoticon