Tips Mengelola Uang THR yang Bener - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Tips Mengelola Uang THR yang Bener

Tips Mengelola Uang THR

Ada begitu banyak kebutuhan yang harus dipenuhi menjelang lebaran, di antaranya membeli bahan makanan khas lebaran, biaya mudik hingga membeli pakaian baru. Bagi kamu yang mendapatkan THR, sangat penting untuk mengatur alokasi penggunaan uang THR, agar bisa memenuhi semua kebutuhan lebaran dan pastinya menghindari kamu dari berutang.

Mengelola uang THR secara bijak, akan menghindarkan kamu dari meminjam uang dari orang lain atau dari pinjaman online. Tidak jarang, euforia lebaran terkadang membuat banyak orang lupa daratan ingin menghabiskan uang secara berlebihan. Inilah pentingnya kamu mengelola uang THR secara tepat, agar tidak terjebak dengan utang atau menghabiskannya untuk pengeluaran yang bersifat impulsif.

Tips Mengelola Uang THR Secara Tepat untuk Finansial yang Lebih Sehat

Agar uang THR kamu tidak habis begitu saja, maka kamu perlu menerapkan strategi pengelolaan keuangan yang baik, sehingga uang THR yang kamu terima benar-benar mampu memenuhi kebutuhan menjelang lebaran dan pasca lebaran. Lantas, bagaimana caranya? Lakukan tips mengelola uang THR berikut ini :

1. Susun daftar pengeluaran berdasarkan prioritas

Tips mengelola THR yang pertama adalah menyusun anggaran pengeluaran secara detail, agar uang THR yang kamu terima bisa dialokasikan dengan tepat. Susun daftar pengeluaran dari yang prioritas terlebih dulu. Misalnya biaya mudik, biaya bahan makanan khas lebaran dan seterusnya. Catatlah dalam nominal yang realistis dan jangan sampai kurang.

2. Jangan lupa menabung

Jangan lupa sisihkan sebagian uang THR untuk ditabung. Sebagai patokan, kamu bisa menabung sebesar 5 persen hingga 20 persen atau kamu bisa tentukan sendiri persentasenya, sesuai dengan besaran THR yang kamu terima. Uang tabungan tersebut bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan nanti. Pilihlah produk tabungan yang tepat. Saat ini sudah banyak bank yang menawarkan produk tabungan yang fleksibel, salah satunya adalah produk dari bank BRI di Aplikasi BRImo.

3. Hindari perilaku konsumtif

Setelah menyusun anggaran dan menyisihkan sebagian uang, hindari perilaku konsumtif yang akan membuat finansialmu menjadi berantakan. Kamu juga perlu menahan keinginan untuk tidak belanja secara berlebihan (impulsive buying) menjelang lebaran. Jika kamu menemukan produk yang disukai, pertimbangkan urgensi atau kebutuhan penggunaannya terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

4. Lunasi utang

Saya pernah mendengar sebuah nasihat penting. Jika kamu memiliki utang, maka segera lunasi jika kamu punya uang. Nah, di momen lebaran ini, kamu bisa memanfaatkan uang THR untuk melunasi utang atau membayar cicilan pinjaman yang kamu miliki. Prioritaskan untuk membayar utang atau cicilan yang telah terlambat atau lewat tenggat waktu yang telah ditetapkan.

5. Pertimbangkan untuk berinvestasi

Selain menabung, kamu juga bisa menyisihkan sebagian uang untuk berinvestasi. Pilih jenis investasi yang aman dan hasilnya menjanjikan. Kamu bisa mencari-cari informasi seputar investasi yang akurat dan terpercaya, agar kamu terhindar dari investasi bodong. Sesuaikan besaran investasi dengan dana yang kamu miliki, agar kamu tidak kehabisan uang. Coba baca ini deh : Mengenal 5 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Paling Diminati

6. Jangan lupa untuk berbagi

Dalam pengelolaan uang THR, jangan lupa juga untuk berbagi dengan sanak saudara, kerabat, tetangga dan lainnya agar tetap berkah dan bertambah rezekinya. Dan yang paling penting adalah membayar zakat fitrah sebelum lebaran. Agar kamu tidak bingung, buatlah daftar beserta nominal yang akan diberikan, sehingga jadi lebih teratur. Perencanaan keuangan juga berjalan dengan baik.

7. Menyisihkan untuk dana darurat

Dana darurat sangat penting untuk meng-cover pengeluaran yang sifatnya darurat, misalnya saja kendaraan mogok saat mudik lebaran, kecelakaan atau ada anggota keluarga yang sakit. Hal-hal ini memang tidak bisa diprediksi sebelumnya, maka dari itu sangat penting bagi kamu untuk menyiapkan dana darurat. Setidaknya kamu bisa menyisihkan sebagian dana sekitar 20 hingga 30 persen dari total THR yang kamu terima. 

8. Konsisten dan disiplin 

Tips mengelola uang THR yang terakhir adalah kamu harus konsisten dan disiplin dalam merencanakan pengeluaran yang sesuai dengan anggaran, sehingga tujuan keuangan bisa kamu capai dengan baik. Tetap menjaga komitmen untuk tidak membelanjakan uang THR melebihi anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Konklusi

Pengelolaan keuangan yang tepat, akan menyelematkanmu dari finansial yang kacau. Jangan sampai uang THR kamu habis begitu saja, sementara kebutuhanmu saat lebaran malah belum terpenuhi semuanya. Mengelola uang THR yang asal-asalan, justru akan membuat keuanganmu jadi berantakan. Maka dari itu, terapkan ke-8 tips di atas untuk menyelematkan uang THR-mu.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon